Hello!

Hanya Blog UMY situs lain

 

BSI (Bina Sarana Informatika) sudah resmi mengganti nama mereka menjadi Universitas Bina Sarana Informatika pada tahun 2018 silam. Universitas yang satu ini bisa dikatakan sebagai salah satu universitas terbaik yang recommended dan sangat berkualitas. Walaupun kiprah mereka sebagai perguruan tinggi swasta belum terlalu lama, namun kampus BSI atau UBSI bisa dikatakan sebagai yang terfavorit.

Mengenal Lebih Dalam UBSI

UBSI merupakan salah satu perguruan tinggi terbaik di Indonesia yang berada di bawah pengaturan Yayasan Bina Sarana Informatika. Pusat kegiatan pendidikan ini memang berada di kota Jakarta, namun cabang kampus ini juga berada di beberapa kota lainnya. Seperti Pontianak, Bogor, Jogja, dan Karawang.

UBSI didirikan pada tahun 1988, dengan kampus pertamanya yang bernama kampus Fatmawati. BSI yang menjadi cikal bakal UBSI didirikan sebagai bentuk kontribusi nyata kepada rakyat dan tanah air dalam hal pendidikan dan pengabdian. Para pendiri UBSI juga berniat untuk ikut mencerdaskan anak bangsa serta memberi mereka kesempatan untuk mendapatkan tingkat pendidikan yang lebih tinggi.

 

Proses Perubahan BSI Menjadi UBSI

Lembaga pendidikan yang sangat berkualitas seperti BSI pastinya menjadi sorotan pemerintah maupun masyarakat Indonesia dalam segala gerak-geriknya. Proses perubahan nama dari BSI menjadi UBSI juga dilakukan di depan publik, dengan saksi sekitar 9000 orang mahasiswa baru tahun ajaran 2018/2019. BSI Convention Center di Bekasi menjadi tempat peresmian perubahan nama institusi swasta terbesar itu.

Penyerahan surat keputusan perubahan nama universitas diserahkan oleh Sekjen Kemenristekdikti kepada pengurus Yayasan BSI. Sebagai salah satu perguruan tinggi swasta terbesar di Indonesia dengan 25 buah kampus di seluruh Indonesia, perubahan nama tersebut dipandang patut. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan citra diri BSI di depan masyarakat serta kualitas pendidikan yang mereka selenggarakan.

 

Memiliki Banyak Prodi Dan Fakultas

UBSI terkenal sebagai kampus terbaik dengan jumlah prodinya yang melimpah. Mereka memiliki sekitar 19 program studi, dengan tiga buah fakultas yang menaunginya. Berbagai program studi tersebut diantaranya Manajemen, Akuntansi, Sistem Informasi, Rekayasa Perangkat Lunak, dan Manajemen Perpajakan.

Tak hanya itu, Teknik Elektro, Teknik Industri, Komputerisasi Akuntansi, Sastra Inggris, Sekretari, dan Periklanan juga menjadi prodi yang mereka gelar. Manajemen Administrasi, Bahasa Inggris, hUbungan Masyarakat, Ilmu Komunikasi, dan Penyiaran juga bisa Anda pertimbangkan.  Bahkan di kampus Jogja UBSI memiliki program studi D3 Perhotelan yang tentunya sangat bergengsi.

 

Spektrum Penerima Beasiswa Yang Cukup Banyak

Untuk menimba ilmu di institusi perguruan tinggi, dibutuhkan dana yang tidak sedikit. Diperlukan banyak sekali biaya untuk mencapainya, dan oleh karena itu UBSI mengadakan berbagai beasiswa untuk meringankan biaya studi. Spektrum penerima beasiswa mereka pun cukup luas, mulai dari mahasiswa yang kurang mampu, mahasiswa dengan digitalent, hingga mahasiswa berprestasi.

Bahkan untuk kategori mahasiswa baru yang masuk ke UBSI dengan tingkat lulusan fresh graduate SLTA/sederajat, ada 3 beasiswa yang tersedia. Seperti Beasiswa Talenta, Beasiswa Prestasi, dan Beasiswa Kompetensi. Termasuk dalam perguruan tinggi dengan jumlah beasiswa yang cukup banyak bagi mahasiswa yang baru saja diterima.

Beasiswa Talenta UBSI diperuntukkan bagi Anda yang memiliki talenta dengan tingkat publikasi tinggi, seperti Youtuber, Blogger, Vlogger, Hafidz Quran, dan lainnya. Beasiswa Kompetensi UBSI  diperuntukkan bagi mahasiswa yang menjadi peringkat 1 hingga 20 tryout online melalui aplikasi M-Tryout. Selain itu Beasiswa Prestasi diperuntukkan khusus bagi Anda yang memiliki track record prestasi di bidang akademik maupun non-akademik.

 

Kampus Dengan Tingkat Praktikum Tinggi

Jika banyak orang menghindari program studi S1 karena banyak teori daripada praktek, jangan memandang hal yang sama akan terjadi di UBSI. Mereka terkenal sebagai kampus yang memiliki banyak acara praktikum untuk program studi D3 maupun S1. Anda tidak akan menjadi mahasiswa yang pasif dalam perjalanan meraih gelar sarjana.

UBSI memang terkenal sebagai universitas swasta terbaik dengan prodi yang tidak terlalu banyak namun memiliki tekanan kualitas yang tinggi. Banyak alumni yang telah menyatakan puas belajar di UBSI karena mereka memiliki kegiatan praktikum yang cukup banyak. Walaupun program studi S1 terkenal akan teorinya yang cukup banyak, namun mahasiswa akan tetap diberikan jadwal praktik dengan jam terbang cukup tinggi.

Tak hanya itu, mahasiswa UBSI dididik menjadi seseorang dengan tingkat pendidikan cukup tinggi serta moralitas yang tidak main-main. Mereka memperoleh pendampingan soft skill berupa manner, attitude, disiplin, dan kerja keras. Sehingga ketika lulus dari UBSI, mereka bisa menjadi insan yang tangguh dan dapat diandalkan, serta memiliki karakter yang kuat.

Pengabdian Pada Masyarakat

UBSI adalah kampus modern yang menjunjung tinggi Tri Dharma Perguruan tinggi, dengan meningkatkan kualitas pendidikan serta pengabdian masyarakat. Mereka selalu menyelenggarakan berbagai seminar serta program pengabdian lain yang melibatkan masyarakat pada umumnya. Dan pada kondisi istimewa pandemi seperti ini, mereka aktif mengadakan webinar atau web seminar yang melibatkan banyak pihak.

Seperti contohnya webinar dengan tema Youtuber vs Entrepreneur yang telah diselenggarakan 22 Juni 2020 silam. Mereka mengangkat isu yang sangat penting, yaitu berkarya melalui media digital di saat krisi ekonomi. Dalam webinar yang satu ini mereka mengundang seorang Youtuber pemilik channel Garasi Drift serta seorang Founder Ordeture & ar.restocafe.

Tak hanya itu, prodi Ilmu Komputer UBSI juga menyelenggarakan webinar yang telah diselenggarakan pada tanggal 6 Juli kemarin. Webinar yang diadakan gratis untuk umum ini mengangkat tema “Internet of Thing (IoT) For Daily Life Hacks”. Webinar ini pun disponsori oleh berbagai pihak, seperti News BSI, Milenia News, M-Tryout, serta Bintang Sekolah Indonesia.

Untuk tanggal 11 Juli mendatang, ada juga webinar dari UBSI yang diselenggarakan oleh prodi Ilmu Komunikasi dengan tamu penting. Yaitu praktisi MNC News Channel, Dr Adjat Wiratma. Tema dari webinar ini adalah “Content Media di Era Pandemi COVID-19”.

Berbagai webinar yang diselenggarakan gratis untuk umum tersebut membuktikan bahwa UBSI benar-benar peduli terhadap masyarakat. Mereka berusaha mengajak masyarakat untuk menuntut ilmu dengan tanpa bayaran sekalipun, melalui narasumber yang terpercaya. Pantas saja jika UBSI dinobatkan sebagai perguruan tinggi swasta terbaik di Indonesia.

 

Digitalisasi Di Berbagai Aspek

Kampus UBSI sebagai kampus teknologi informasi yang ternama telah membuat beragam aplikasi untuk memudahkan koordinasi pihak kampus dengan mahasiswa. Contohnya untuk penerimaan mahasiswa baru, UBSI tidak lagi menggunakan sistem manual. Mereka menyarankan bagi calon maba yang ingin mendaftar untuk menggunakan aplikasi PMB UBSI untuk mengunggah dokumen pendaftaran.

Selain itu, bagi orang tua mahasiswa, mereka mendapat akses MyUBSI Parent untuk memantau perkembangan hasil studi anak mereka. Para staf yang bertugas juga mendapat akses ke MyUBSI Staf. Tak hanya itu, M-Repository juga menjadi salah satu fasilitas digital bagi semua civitas yang menginginkan akses literasi secara daring.

Dengan berbagai poin penjelasan di atas, sudah jelas bahwa UBSI merupakan universitas terbaik yang sangat direkomendasikan bagi anak bangsa. Jika Anda berminat, segera ajukan dokumen pendaftaran Anda melalui website bsi.ac.id atau melalui aplikasi PMB BSI. Segera bergabung dengan kampus andalan dan jadilah keluarga UBSI sekarang juga.

Categories: Info