Rhodoy R. Ediyansyah

Catatan seorang yang ingin hidup SEDERHANA

Blog UMY – Ada banyak sekali keuntungan yang bisa diambil ketika menjalankan bisnis sampingan saat masih menempuh pendidikan di universitas. Kuliah menjadi masa yang tepat untuk belajar menjalankan bisnis, awali dengan sesuatu yang kecil dan sederhana. Meski harus menghadapi masalah mengatur waktu antara berbisnis dengan waktu belajar yang awalnya terasa sulit. Jika terus dibiasakan dan bertanggung jawab terhadap keduanya maka lama kelamaan akan terasa tanpa beban.

Bisnis Sampingan

Bisnis Sampingan

Keuntungan Mencoba Bisnis saat Kuliah
Jika boleh jujur, jadwal perkuliahan memang tidak terlalu padat sehingga sebaiknya diisi dengan kegiatan yang bermanfaat. Jangan sampai hanya menghabiskan masa kuliah sekedar untuk membaca buku, presentasi, dan menerima ijazah saja. Manfaatkan waktu luang untuk mencoba beragam bisnis yang bisa dijalankan sembari kuliah berjalan. Bisnis yang dijadikan sampingan di luar jam kuliah ternyata ketika dijalankan dengan baik memberikan banyak manfaat. Mayoritas pelakunya baru menyadarinya jauh setelah lulus dari bangku kuliah.

Apa saja manfaat berbisnis di luar jam kuliah? Bagi yang penasaran dengan manfaat yang diberikan dari sengaja menyibukkan diri ini. Maka berikut beberapa manfaat dari bisnis oleh kalangan mahasiswa:

1.    Memenuhi keinginan dari penghasilan sendiri,
Bangku kuliah memungkinkan mahasiswa untuk memilih penampilan sesuai dengan seleranya sendiri, tanpa terkekang oleh seragam. Bertemu dengan banyak karakter aslinya dari berbagai daerah dan kalangan kerap memunculkan rasa iri. Keinginan untuk merasakan bagaimana memegang gadget canggih, membeli baju model A dan B, dan sebagainya. Semakin mudah terpenuhi dengan menjalankan bisnis diluar jam kuliah berlangsung.

2.    Mengasah bakat berbisnis,
Kebanyakan lulusan mahasiswa mendapati dirinya kesulitan mendapatkan pekerjaan, bahkan bisa nganggur sampai tahunan. Berada pada kondisi seperti ini tentu membuat perasaan tidak nyaman sebab susah-susah kuliah. Ketika ijazah dan gelar didapatkan ternyata belum cukup untuk dijadikan modal mendapatkan penghasilan bulanan. Lain halnya jika selama kuliah menjalankan bisnis sampingan maka kemampuannya dalam berbisnis semakin terasah. Jikalaupun tidak segera mendapatkan pekerjaan pasca kelulusan masih bisa berpenghasilan dari bisnisnya sendiri.

3.    Membangun relasi yang luas,
Membangun relasi tidak bisa dilakukan dengan hitungan hari, perlu proses dan memiliki cara menjalin relasi yang tepat. Relasi yang luas memungkinkan seseorang memiliki karir yang cerah baik menjadi karyawan perusahaan besar. Maupun memilih menekuni bisnis sendiri dimana relasi tersebut menjadi modal non-finansial untuk mengembangkan bisnis. Siapa sangka dengan menjalankan bisnis yang semasa kuliah menjadi sampingan, relasi terbentuk dengan sendirinya.

4.    Memiliki banyak pengalaman berharga,
Belajar dunia bisnis sebelum lulus kuliah ternyata juga memberikan manfaat berupa kepemilikan pengalaman yang banyak. Seorang penggiat bisnis semasa kuliah akan tahu persis bagaimana bisnis berjalan, memasarkannya, membuat orang tertarik, dan sebagainya. Semua itu tentu didapati dengan bertemu banyak orang di berbagai kondisi dan situasi. Selain kepekaan dalam menjalankan sebuah bisnis, usaha seperti ini juga membantu menanamkan kemandirian dari pengalaman berbisnis yang diasah sejak masih kuliah.

5.    Cerdas dalam me-managemen uang dan waktu,
Seorang pebisnis tidak hanya harus handal dan cerdas dalam mengelola keuangan pribadi dan bisnisnya saja. Melainkan juga harus cerdas dalam mengatur waktu yang dimiliki, sebab bagi pebisnis waktu adalah emas yang sangat berharga. Semasa kuliah dengan menjalankan usaha bersamaan jam perkuliahan menuntut pelakunya mengatur waktu dengan bijak. Kemudian penghasilan dari bisnis sampingan yang dijalankan juga harus dikelola dengan baik. Akhirnya setelah membuka bisnis besar selepas kuliah mengatur waktu dan keuangan semakin mudah.

Categories: Uncategorized

PROFIL AKU

Profile photo of rhodoy

rhodoy


Popular Posts

Program penanaman 10

Blog UMY - Uttara The Icon lewat divisi CSR-nya mengadakan ...

Download Anime Subti

Blog UMY - Internet  sekarang  ini  sudah menawarkan berbagai fasilitas ...

Memilih Nama Bayi La

Blog UMY - Memberikan nama kepada bayi laki-laki tentu tidak ...

Tips Agar URL Tidak

Blog UMY - Banyak orang menganggap bahwa url shortener sangat ...

Tempat Terbaik Untuk

Blog UMY - Saat ini, mengendarai sebuah mobil bukan hanya ...