Rhodoy R. Ediyansyah

Catatan seorang yang ingin hidup SEDERHANA

Blog UMY – Cetak baju kini sudah menjadi salah satu tren fashion tersendiri di kalangan anak muda. Tak hanya unik dan menarik, baju yang dibuat dengan proses yang satu ini juga cenderung lebih eksklusif. Mengapa? Pasalnya desain yang digunakan tidak pasaran. Bahkan Anda juga bisa menggunakan desain sendiri. Berikut beberapa teknik printing yang patut untuk Anda coba.

Cetak Koas

Cetak Koas custom.my | Foto: Ist.

1. Cetak Koas dengan Transfer Paper
Teknik printing baju menggunakan cara yang satu ini terdiri dari 2 tipe yaitu transfer paper dark dan transfer paper standar. Pada umumnya teknik transfer paper dark dilakukan pada media baju yang berwarna gelap seperti warna hitam. Sedangkan untuk transfer paper standar cenderung digunakan pada media kaos berwarna putih dan berbagai warna-warna jelas lainnya.

Hal paling utama yang perlu Anda persiapkan ketika hendak menggunakan teknik yang satu ini adalah membuat desain terlebih dahulu menggunakan software Photoshop atau CorelDraw. Jika desain sudah disiapkan, hal selanjutnya adalah melakukan transfer paper dengan bantuan printer inkjet.

2. Cetak Kaos dengan Cara Sublimasi
Teknik printing baju yang satu ini hampir sama dengan memakai sistem transfer print. Hasil cetak kaos dengan menggunakan teknik yang satu ini cenderung akan menghasilkan desain yang lebih maksimal jika dikerjakan di atas bahan poliester. Perlu untuk diingat bahwa teknik cetak kaos yang satu ini tidak tepat untuk diaplikasikan pada bahan kaos katun. Jangan sampai salah ya.

3. Cetak Kaos dengan Cara Cutting
Teknik cetak yang satu ini merupakan salah satu jenis teknik cetak yang mampu menghasilkan gambar muncul. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu menutup bagian pori kaos. Sedangkan untuk pemakaiannya tidak menggunakan mesin printer melainkan menggunakan mesin potong. Mesin yang biasa digunakan seperti mesin plotter atau mesin cutting stiker.

Jadi langkah pembuatannya cenderung berbeda dengan teknik cetak kaos pada umumnya ya. Teknik yang satu ini dilakukan dengan cara memotong desain gambar yang diinginkan baru kemudian meletakkan desain tersebut di atas media kaos. Langkah selanjutnya adalah melakukan pengepresan agar bagian baju dan desain gambar dapat merekat sempurna.

4. Cetak Kaos dengan Menggunakan Cara DTG
Teknik cetak kaos yang satu ini merupakan jenis cerak kaos yang paling populer. Prosesnya juga terbilang cukup mudah karena menggunakan bantuan mesin printer. Sama halnya dengan mesin printer lain pada umumnya. Proses pembuatannya juga cukup mudah. Anda hanya perlu desain gambar yang diinginkan melalui komputer yang akan segera di cetak di atas media kaos.

Nah di atas merupakan beberapa teknik cetak baju populer dan wajib Anda coba. Semua teknik di atas tentunya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Jadi teknik mana nih yang akan Anda coba kali ini? Sedang ingin buat baju dengan desain sendiri? Yuk buat sekarang juga untuk menunjang penampilan agar lebih oke.

Categories: CMIIW

PROFIL AKU

rhodoy


Popular Posts

Sindo, Media Informa

Blog UMY - Berita memang sudah menjadi salah satu kebutuhan ...

Tips Agar URL Tidak

Blog UMY - Banyak orang menganggap bahwa url shortener sangat ...

Tempat Terbaik Untuk

Blog UMY - Saat ini, mengendarai sebuah mobil bukan hanya ...

Distributor Handuk S

Blog UMY - Mungkin saat ini anda sedang mencari ide ...

AIA, Asuransi Terbai

Blog UMY - Setiap orang tentu memiliki rancangan dan impiannya ...