Perekonomian Indonesia

12 January 2019

BAB I
PENDAHULUAN
1. LATAR BELAKANG
Di zaman sekarang ini tidak ada Negara yang tidak melakukan suatu kerjasama baik dalam hal perekonomian ataupun juga dalam perdagangan dengan Negara lain. Karena suatu Negara tidak akan mampu memenuhi kebutuhan negaranya sendiri tanpa adanya peran dari perdagangan internasional. Maka dari itu perdagangan internasional sangat di perlukan bagi suatu Negara untuk memenuhi kebutuhan dinegaranya yang belum terpenuhi semuanya oleh produksi dalam negeri. Dengan adanya kerjasama dalam perdagangan internasional ini maka akan terjadi sebuah hubungan ekonomi antar Negara satu dengan Negara lain yang saling berkaitan sehingga dapat mempengaruhi perekonomian Negara yang saliang berkerjasama bahkan perekonomian dunia. Dengan suatu Negara melakukan perdaganan internasional dengan Negara lain maka akan mendapatkan keuntungan dari beberapa Negara yang melakukan kejasama perdagangan internasional sehingga dapat memeberikan kesetabilan perekonomian di Negara tersebut. Salah satu perdagangan internasional yang dilakukan suatu Negara yaitu impor. Impor dilakukan Negara untuk memenuhi permintaan dari masyarakat yang belum sepenuhnya terpenuhi olah produksi dalam negeri.
Setiap negara pasti mengalami gejolak ekonomi yaitu turun naiknya permintaan konumen dalam negeri terhadap barang impor. Tidak stabilnya permintakaan barang impor di dalam negeri yang menybabkan permintaan barang yang ada di dalam negri mengalami kenaikan sehingga menjadikan nilai tukar yang ada menjadi tidak fleksibel sehingga otomatis gejolak permintaan impor terjadi (mata uang dolar). Apabila permintaan yang ada lebih disitu lebih besar dari penawaran yang ada, maka yang akan terjadi sulitnya terpenuhinya permintaan masyarakat akan barang dan jasa dalam kurun waktu yang singkat.
Perdagangan internasional yang dilakukan oleh para negara yang ada di dunia yang biasa dikenal oleh masyarakat ekspor inpor. Pada ekspor impor ini melakukan suatu transaksi perdagangan yang didalamnya menjual atau membeli barang atau jasa yang dilakukan antara para pegusaha-pengusaha yang berada diantar negara yang tidak sama. Negara yang melakukan ekspor akan mendapatkan dampak yang positif yang berupa pemasukan dana taman kepada negara yang melakukan ekspor tersebut disini juga membantu negara lain yang sekiranya membutuhkan barang atau jasa yang belum terpenuhi di negara tersebut.
RUMUSAN MASALAH
1. Apa yang dimaksud dengan impor beserta syarat-syaratnya ?
2. Apa Manfaat Impor ?
3. Bagaimana dampak positif negatif impor ?
TUJUAN PENULISAN
1. Memahami apa yang dimaksud dengan impor beserta syarat-syaratnya
2. Memahami manfaat dari kegiatan dan impor
BAB II
PEMAHASAN
1. Pengertian Impor
Sedangkan pengertian impor adalah kegiatan yang menjual barang dari luar kedalam negeri untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri. Misalnya saja Indonesia tidak memiliki tanaman gandum karena gandum tidak bisa tumbuh di Indonesia, untuk itu pihak Indonesia meminta bantuan negara lain untuk mendatangkan gandum ke Indonesia, nah hal inilah yang disebut dengan kegiatan impor.
2. Manfaat Impor
 Memperoleh bahan baku
Bahan baku sangat penting dalam kegiatan produksi suatu barang. Petersediaan pasokan bahan baku harus terkontrol agar kegiatan produksi berjalan lancar. Nah, biasanya bahan baku yang diproduksi di dalam negeri relatif lebih mahal dibandingkan dengan yang diproduksi di luar negeri bahkan terkadang tidak tersedia di dalam negeri. Oleh karena itu, produsen dalam negeri cenderung mengimpor bahan baku dari luar negeri.
 Memperoleh barang dan jasa yang tidak bisa diproduksi sendiri
Setiap negara kaya akan hasil alam dengan jenis yang berbeda-beda. Sedangkan pemenuhan kebutuhan tidak semerta merta cukup dengan pasokan yang ada di dalam negeri. Oleh karena itu, kegiatan impor dilakukan sehingga barang dan jasa yang tidak ada di dalam negeri dapat tersedia untuk pemenuhan kebutuhan masyarakatnya.
 Memperoleh teknologi modern
Teknologi modern berperan penting terhadap kemudahan produksi material barang terentu. Namun, pada negara berkembang seperti Indonesia ketersediaan teknologi modern masih sangat minim. Untuk mengatasi hal tersebut, maka Indonesia melakukan kegiatan impor teknologi dari luar negeri untuk mendukung kegiatan produksi yang lebih efisien.
 Menambah pemasukan atau pendapatan negara
Pemasukan atau pendapatan negara dapat bertambah dipengaruhi oleh faktor nilai !ual baranglebih mahal dibandingkan nilai yang dibeli dari kegiatan ekspor.
3. Dampak Positif Dan Negatif Impor
• Dampak positif impor
a. Meningkatkan kesejahteraan konsumen
Dengan adanya impor barang – barang konsumsi, masyarakat Indonesia biasa menggunakan barang yang tidak dapat dihasilkan di dalam negeri.
b. Meningkatkan industri dalam negeri
Dengan adanya impor, kita mendapat kesempatan untuk mengimpor barang – barang modal, baik yang berupa mesin industri maupun bahan baku yang memungkinkan kita untuk megembangkan suatu industri.
c. Alih teknologi
Dengan adanya impot memungkinkan terjadinya alih teknologi. Secara bertahap negara kita mencoba mengembangkan teknologi modern untuk mengurangi ketertinggalan kita dengan bangsa yang sudah maju.
• Dampak negatif impor
a. Menciptakan persaingan bagi industri dalam negeri
Selain akan mendapatkan kesempatan untuk mengembangkan industri dalam negeri melalui impor barang – barang modal, namun bisa terjadi sebalikya, industri kita tidak berkembang karena menghadapi pesaing – pesaing di luar negeri.
b. Menciptakan pengangguran
Dengan mengimpor barang dari luar negeri berarti kita tidak mempunyai kesempatan untuk memproduksi barang – barang tersebut. Sama artinya kita telah kehilangan kesempatan untuk membuka lapangan pekerjaan yang tercipta dari proses memproduksi barang tersebut.
c. Konsumerisme
Konsumsi berlebihan terutama untuk barang – barang mewah merupakan salah satu dampak yang dapat diciptakan dari adanya kegiatan impor barang.

DAFTAR PUSTAKA :
https://www.academia.edu/31330088/MAKALAH_EKSPOR_IMPOR_INDONESIA
http://batangmatasapo.blogspot.com/2016/11/makalah-ekspor-impor.html
http://belajar-fun.blogspot.com/2012/06/dampak-positif-negatif-kegiatan-impor.html

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar