Agroteknologi 2014

Just another Blog UMY site

Teknologi Informasi Dalam Bidang Pertanian

Posted by rifky setiawan Comments Off on Teknologi Informasi Dalam Bidang Pertanian

agriculture-computer-case4-300x211Kemajuan yang telah dicapai manusia dalam bidang Teknologi informasi dan komunikasi (TIK) merupakan sesuatu yang perlu kita syukuri karena dengan kemajuan tersebut akan memudahkan manusia dalam mengerjakan pekerjaan dan tugas yang harus dikerjakannya.

Namun, tidak semua kemajuan yang telah dicapai tersebut membawa dampak positif. Diantara kemajuan yang telah dicapai tersebut ternyata dapat membawa dampak negatif bagi manusia. Teknologi informasi itu suatu hal yang berhubungan dengan pengetahuan yang didapat manusia untuk memahami dan memberikan informasi dengan menggunakan teknologi yang ada, sehingga prosesnya menjadi lebih cepat, luas, dll. Selain itu teknologi informasi merupakan suatu teknologi yang berhubungan dengan pengolahan data menjadi informasi dan proses penyaluran data atau informasi tersebut dalam batas-batas ruang dan waktu.
Teknologi informasi dan komunikasi (TIK) akan semakin penting peranannya dalam mendukung pembangunan pertanian yang berkelanjutan. Meskipun biaya yang dibutuhkan untuk membangun infrastuktur Nasional TIK besar, tetapi kerugian bila tidak melakukannya akan jauh lebih besar lagi.
Selain memberikan informasi, teknologi informasi juga dapat membantu jalannya penyuluhan pertanian. Karena pada zaman sekarang tidak ada kegiatan yang tidak menggunakan teknologi walaupun teknologi hanya sekedar mencari informasi untuk diri sendiri ataupun mencari informasi yang akan disampaikan kepada masyarakat.
Sejak menggunakan teknologi sebagai media informasi bagi petani, aktivitas penyuluhan pertanian menjadi berubah. Selain dari informasi yang disampaikan menarik yang dapat menumbuhkan motivasi juga kegiatan banyak dilakukan langsung oleh petani itu sendiri sehingga menimbulkan kedisiplinan terhadap diri petani itu sendiri.
Kita perlu menentukan prioritas penerapan TIK di bidang pertanian agar memberikan hasil yang maksimal. Kita juga perlu membangun kemampuan untuk mengadaptasi, memelihara, melakukan penyesuaian dan mengkonfigurasi ulang solusi TIK yang ada agar menjawab kebutuhan di bidang pertanian.

Categories: Uncategorized

PROFIL AKU

rifky setiawan


Popular Posts

Hello world!

Selamat datang di Blog UMY. Ini adalah tulisan pertama Anda. ...

Penyelamatan Lingkun

Kita sebagai manusia tentu sangat bergantung sekali terhadap alam. Lalu ...

Pemanfaatan Blog Unt

  Definisi brand atau merek adalah “A name, term, design, symbol, ...

Peran Generasi Muda

   Salah satu potensi yang memiliki peran penting adalah sumber ...

Kesan, Komentar, Opi

UMY merupakan universitas yang mempunyai peringkat universitas swasta terbaik no-2 ...