Freedom Agro B 2014

Just another Blog UMY site

Membangun Personal Brand Melalui Blogging

Posted by 20140210126 Comments Off on Membangun Personal Brand Melalui Blogging

Internet selalu menghasilkan hal baru, dan tentu saja kemungkinan serta peluang baru. Salah satunya adalah terbukanya kemungkinan melakukan Personal Branding dengan cara yang benar-benar berbeda dibandingkan dengan beberapa dekade silam. Blogging mungkin dapat dikatakan sebagai cara termurah dan termudah untuk membangun Personal Brand pada hari ini.

Apakah Blogging itu?

Konon konsep Blog awalnya dibangun untuk memenuhi kebutuhan para eksekutif yang “gaptek”, tetapi ingin menuangkan catatan atau jurnalnya di dunia maya. Oleh karenanya tidak mengherankan jika sampai hari inipun cara menggunakan Blog atau menulis di suatu Blog nyaris tidak diperlukan ketrampilan khusus, cukup ketrampilan dasar, yaitu mengetik, menggerakkan mouse, dan hanya perlu beberapa operasi sederhana. Teknologi Blog memang dirancang untuk mereka yang gemar menulis, menuangkan pikiran, tanpa perlu terkendala oleh teknologi.

Memiliki Blog dapat dianalogikan seperti memiliki penerbitan pribadi, dimana setiap saat kita dapat mencetak berita atau informasi apapun. Melalui Blog kita dapat menyebarkan pemikiran, menjual berbagai ide, tanpa dibatasi lagi oleh wilayah demografis kovensional.

Kegiatan Blogging dapat menjadi sangat luar biasa, jika dilakukan secara sistematis dan persisten. Di era digital ini, sangat banyak cerita sukses yang diawali dari kegiatan Blogging.

Salah satu contoh sukses adalah Blogger Leo Babauta dari Guam, yang mulai melakukan kegiatan Blogging pada tahun 2007, melalui Blog ZenHabits.net, dan pada tahun 2009 ia sudah menjadi Blogger Top 25 di USA menurut majalah Times. ZenHabits.net diperkirakan saat ini memiliki Subscriber sebanyak lebih dari 300.000 orang. Dapat dibayangkan potensi bisnis semacam apa yang dapat dibangun dengan basis Subscriber sebesar ini.

***

Dunia Personal Branding adalah dunia pencitraan, dan citra dibentuk oleh informasi. Blogging adalah tentang penyebaran informasi, dan juga media untuk membentuk Authority. Karena itu di dunia digital dikenal istilah “Authority Blogger”, atau para Blogger yang memiliki lingkar pengaruh yang sangat luar biasa, alias memiliki massa.

Anda ingin meningkatkan Personal Brand anda? Jadilah seorang Blogger! Tuliskan segenap “pesan” dari Brand yang ingin anda bangun, melalui dunia maya.

Di bawah ini adalah langkah-langkah dasar blogging untuk membangun personal brand yang bisa membantu Anda “ditemukan” di dunia online, mendapatkan pekerjaan atau karir baru:

  1. Gunakan domain Anda sendiri dengan nama Anda atau brand yang ingin Anda angkat dan tetap bisa diasosiasikan dengan Anda.
  2. Pilihlah hosting yang baik dalam hal SEO (bisa mulai dengan yang free ataupun ideally yang self-hosted)
  3. Menulis blog-post secara regular sedikitnya seminggu sekali (lebih banyak lebih baik, idealnya sehari sekali)
  4. Selalu gunakan judul/headlines yang bagus dan menarik. Ini adalah faktor yang bisa menarik pengunjung untuk membaca lebih jauh.
  5. Bergaul: Mengunjungi blog-blog lain yang sama fokusnya dan ikutan berkomentar pada posting-posting mereka.
  6. Extend your network: Gunakan social media lainnya untuk memperpanjang jangkauan blog Anda ke jaringan yang lebih luas. Misalnya buka akun di Facebook, Twitter, LinkedIn, YouTube, etc.
  7. Content: Gunakan bullet points daripada menulis blog dengan gaya bercerita. Ini akan memudahkan pembaca untuk mendapatkan poin-poin penting yang ingin Anda sampaikan.
  8. Credibility: Pasang widget/banner yang menunjukkan kredibilitas Anda, misalnya jumlah subscriber, jumlah hits, blog grade atau bahkan awards yang pernah Anda terima.
  9. Minimum pasang Facebook & Twitter share button.
  10. Dari awal mungkinkan bagi pengunjung untuk berlangganan konten blog Anda dengan menyediakan RSS link ataupun email subscription – saya menggunakan Google’s Feedburner karena kemudahannya.
  11. Jika perlu gunakan image untuk memperindah tampilan blog Anda (pastikan Anda menggunakan image yang legal bukan mengambil tanpa ijin dari internet)
  12. Promote blog Anda di social media yang punya banyak pengguna seperti Twitter ataupun Facebook

Kini, bagi Anda yang merasakan kesulitan untuk menentukan pilihan, dengan blogging Anda bisa mulai melatih, belajar dan membangun passion Anda sekaligus menaikkan personal branding Anda di mata dunia.

 

Sumber : http://www.yannurindra.com/membangun-personal-brand-melalui-blogging/

http://bangwinissimo.com/2013/09/15/memulai-personal-branding-dengan-blog/

Categories: Umum

PROFIL AKU

20140210126


Popular Posts

Hello world!

Selamat datang di Blog UMY. Ini adalah tulisan pertama Anda. ...

PENGARUH MACAM BAHAN

Usulan Penelitian   PENGARUH MACAM BAHAN ADITIF TERHADAP PERCEPATAN PROSES PENGOMPOSAN SABUT ...

Menurut saya, UMY ad

Menurut saya UMY adalah kampus yang keren banget. Soalnya, pertama ...

Membangun Personal B

Internet selalu menghasilkan hal baru, dan tentu saja kemungkinan serta ...

Penyelamatan Lingkun

Di era globalisasi ini perkembangan tenknologi berkembang sangat cepat sehingga ...