Sunshine Voice

Paduan Suara Mahasiswa (PSM) Sunshine Voice (SSV) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) berhasil membawa pulang medali emas dan medali perak dalam Festival Paduan Suara Internasional8th Grand Prix Pattaya di Thailand.

Ketua PSM SSV UMY, Marilda Azka Azzahra menjelaskan tim yang terdiri dari 33 singers tersebut mendapatkan medali emas untuk kategori Folklore Acapella dan medali perak untuk kategori mixed choir.

“Ini kali pertama paduan suara kami mengikuti ajang internasional, setelah sebelumnya hanya bertanding untuk festival paduan suara tingkat nasional,” jelas dia dalam pesan singkatnya, Minggu (26/7).

Mahasiswi Program Studi (Prodi) Hubungan Internasional tersebut membeberkan peserta Grand Prix Pattaya tahun ini berasal dari berbagai Negara di Asia Pasifik seperti Filipina, Thailand, Macau, dan juga peserta lain dari Indonesia.

Lebih lanjut perempuan yang akrab disapa Azka ini menyebutkan PSM SSV UMY membawakan lagu berjudulMatahari karya Erros Djarot yang diaransemen ulang oleh  Poedji Soesila dan I Remember yang dipopulerkan oleh grup band Mocca yang di aransemen oleh Ig. Wisnu Cahyadi untuk kategori Mixed Choir.

Kategori Folklore sendiri kami membawakan lagu dari Sunda yaitu Tokecang yang di aransemen oleh Yason Christy Pranowo dan lagu asal Banyuwangi, Luk Luk Lumbu aransemen Budi Susanto Yohanes,” ujarnya.

Sementara itu, Manager PSM SSV UMY, Amel mengatakan kerja keras tim paduan suara serta dukungan dari pihak universitas membuat kami yakin dan berusaha untuk memberikan yang terbaik untuk Indonesia.

“Kami berlatih enam jam setiap hari dan menggunakan enam hari dalam seminggu untuk latihan. Meskipun demikian kami juga membangun komitmen bersama agar rasa jenuh tidak muncul ditengah-tengah latihan,” imbuhnya.

Dengan pencapaian tersebut, terang Amel, kedepan PSM SSV UMY harus bisa mengikuti ajang internasional lainnya yang tidak hanya diikuti oleh berbagai Negara di kawasan Asia Pasifik saja.

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *