Cara Mudah Membuat Akun Zoom

Selama pandemi Covid-19, penggunaan aplikasi video conference melonjak karena menjadi solusi untuk mengganti kegiatan tatap muka secara langsung. Aplikasi tersebut digunakan untuk menggelar pertemuan virtual, baik untuk bekerja maupun belajar. Di antara beragam aplikasi video conference, Zoom merupakan salah satu aplikasi konferensi video yang populer digunakan.

Salah satu benefit yang ditawarkan oleh Zoom adalah pengguna bisa mendaftar dan menggunakan secara gratis, meskipun durasi panggilan videonya dibatasi. Apabila ingin durasi panggilan video yang tidak terbatas, pengguna harus membayar biaya langganan.

Untuk mulai menggelar pertemuan virtual lewat Zoom pengguna perlu mendaftarkan diri untuk membuat akun. Nah, proses mendaftar atau membuat akun di Zoom juga terbilang mudah. Untuk mengetahui cara lengkapnya, berikut ini adalah cara membuat akun Zoom di laptop dan HP berikut ini.

Membuat Akun Zoom di PC atau Laptop

Untuk membuat akun Zoom melalui PC atau laptop, langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan mengunjungi laman resmi Zoom yang dapat diakses melalui tautan berikut ini.

Selanjutnya, pilih tombol “Sign up, it’s free” berwaran oranye yang terdapat pada pojok kanan halaman Zoom.

Di halaman berikutnya, isi informasi tanggal kelahiran Anda pada kolom yang sudah tersedia. Data tersebut digunakan untuk melakukan verifikasi, dan Zoom mengklaim tidak akan menyimpan informasi tersebut.

Setelah itu, masukkan alamat e-mail pribadi Anda dan tekan tombol Sign up. Kemudian Anda akan diminta untuk mengakses link aktivasi akun yang dikirimkan ke alamat e-mail tadi.

Di halaman berikutnya, pengguna bisa memasukkan nama dan password yang dikehendaki.

Zoom akan merekomendasikan Anda untuk mengundang teman bergabung dengan Zoom. Apabila tidak tertarik, Anda bisa melewati langkah ini.

Selain mendaftar melalui e-mail secara manuak, pengguna juga bisa memilih opsi pendaftaran melalui Google, atau Facebook untuk langsung menghubungkan akun tersebut ke akun Zoom Anda.

Setelah akun berhasil dibuat, Anda dapat membuat atau masuk ke dalam sebuah sesi Zoom secara gratis.

Zoom juga dapat diakses di PC atau laptop melalui sebuah platform aplikasi yang dapat diunduh melalui tautan berikut.

Jika sudah mengunduh aplikasi Zoom di PC atau laptop, pengguna bisa mengatur profil akun sesuai keinginan, seperti mengganti foto, bahasa, pengaturan waktu, dll.

Anda hanya perlu masuk (log-in) dengan memasukkan alamat e-mail atau password yang tadi telah dibuat. Dapatkan update teknologi terbaru di amazingindonesia.id

Membuat Akun Zoom di HP

Untuk membuat akun Zoom di ponsel, langkah-langkahnya serupa dengan membuat akun baru di PC atau laptop.

Pengguna cukup mengunduh aplikasi Zoom melalui Google Play Store dan Apps Store.

Setelah aplikasi diunduh, buka aplikasi dan klik tombol sign up. Setelah itu, masukkan keterangan tanggal lahir untuk verifikasi.

Kemudian, masukkan alamat e-mail dan nama lengkap Anda. Kemudian Anda akan diminta untuk mengakses link aktivasi akun yang dikirimkan ke alamat e-mail yang didaftarkan.

Di halaman berikutnya, Anda dapat memasukkan password untuk membuat akun Zoom baru.

Setelah langkah-langkah di atas berhasil dilakukan, Anda dapat langsung bergabung ke sebuah sesi Zoom meeting dengan menekan tombol “join a meeting”.

Tentang Rizal Qashid 3 Articles
Rizal Qashid merupakan penulis aktif pada situs http://blog.umy.ac.id/rizalqashid/. Blog ini merupakan portal situs berita atau media online tentang berbagai informasi dan tutorial tentang teknologi serta aplikasi.
Lewat ke baris perkakas