RSS
 

KUliah Fiqih Ibadah (Resensi)

08 Oct

Judul Buku : Kuliah FIQIH Ibadah
Penulis : Syakir Jamaluddin, MA.
Penerbit : LPPI UMY
Tahun Terbit : Cetakan ke-1 2010, ISBN : 978-979-3708-17-1
Halaman : 318 halaman
Dimensi : 14 x 21 cm

Buku ini diterbitkan oleh Syakir Jamaluddin, MA tahun 2010 yang isinya menjelaskan dan menekan tentang persoalan ibadah. Ibadah adalah salah satu dari empat aspek ajaran Islam, tiga aspek yang lain adalah Aqidah, Akhlak dan Muamallah. Ibadah yang di maksud di sini adalah ibadah dalam pengertian khusus (ibadah khashshah), juga disebut ibadah mahdlah yaitu mendekatkan diri kepada Allah SWT dengan cara atau sesuai yang telah ditetapkan oleh as-Syari’, seperti: shalat, puasa, zakat, haji dan sebagainya. Yang di maksud dengan asy-Syrai’ dalam definisi di atas adalah Allah SWT dan Rasul-Nya, Nabi Muhammad SAW, sedangkan secara tekhnis asy-Syrai’ adalah Al-Qur’an dan as-Sunnah. Dalam buku ini, di awali dengan pendahuluan yaitu pengantar Fiqih dan Ushul Fiqih dengan tujuan agar umat Islam dapat memahami dan melaksanakan Ibadah Mahdlah dengan baik dan benar berdasarkan Al-Qur’an dan As-Sunnah Al Maqbullah (hadis yang shahih), sebagai pedoman dan prinsip agar ibada seseorang di terima di sisi Allah SWT.
Kelebihan dari buku ini, adalah bahwa buku ini menjelaskan dengan detail dan mengupas seluruh persoalan yang kontroversial sekitar ibadah mahdlah khususnnya seputar shalat menurut madhab dan Rasulullah SAW yang banyak dipermasalahkan dalam masyarakat, seperti apakah jari telunjuk di gerak-gerakkan saat tasyahul ataukah tidak, dalam buku ini juga menjelaskan secara menyeluruh tentang Ilmu Fiqih dan Ushul Fiqih dalam memahami dan menggali hukum Islam secara benar, membahas juga secara menyulur tentang puasa dan hal-hal yang berkaitan dengan puasa rersebut, dan juga membahas tentang zakat dan aturan-aturannya. Karena sangat kompleksnya isi dalam buku ini dan sangat penting untuk dipelajari bagi mahasiswa di UMY dan umunya bagi umat Islam di manapun berada, untuk menambah Iman/keyakinan kita kepada Allah SWT, buku ini sangat bermanfaat karena dalam buku ini selain menjelaskan hal-hal tersebut di atas, dalam buku ini juga membahas dengan detail tentang umrah, haji dan macam-macam najis dan cara pensuciannya atau thaharah, dari hadas besar dan kecil dan tayamun lengkap dengan seluk-beluk aturannya. Keseluruahan hal yang disebutkan di atas, dilengkapi dengan dalil-dalil dan hadis-hadis yang sesuai dengan Al-Qur’an dan as-Sunnah, sehingga menjawab kebingungan para awam yang tidak paham agama secara keseluruhan, sehingga akhirnya mereka sadar dan mencoba untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT, dan setelah itu mereka akan terus berusaha menjalankan kewajiban mereka dan tidak tidak menutup kemungkinan mereka akan menjalan Sunnah-sunnah Rasulullah SAW.
Sebagaimana dijelaskan di atas bahwa buku ini membahas tentang kontroversional sekitar ibadah madhlah secara mendetail berdasarkan paham Muhammadiyah, tidak menutup kemungkinan pula akan banyak terjadi pro dan kontra antara paham yang sedikit berbeda ini. Bagi orang-orang yang terlalu fanatik terhadap paham Muhammadiyah, maka saya rasa dalam buku ini masih terdapat kekurangan-kekurangan tentang adanya perbandingan/gambaran dari paham lain, semisal NU dan juga mengenai isi dari buku ini, seperti disebutkan di atas, paham Muhammadiyah yang memicu adanya konflik batin bagi orang-orang yang kontra (fanatik), dan lama kelamaan dari konflik batin tersebut akan menimbulkan perbedaan pendapat dan bahkan pertentangan, dan bahkan bagi orang-orang yang tidak memahami agama atau ibadah mereka akan bingung untuk memilihnya dan akhirnya malah tidak mengikutinya ajaran agama sama sekali/acuh tak acuh, hal seperti ini yang sangat disayangkan dan semoga menjadi bahan koreksi untuk selanjutnya.

 

Leave a Reply

 
 
 
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE