Apa Bentuk Struktur Permalink Blog WordPress Anda?

On May 9, 2011, in Tutorial Blog, by Arnoldyth Rodes Medo

Bagi pengguna WordPress, tentu sudah tidak asing lagi dengan yang namanya struktur permalink bukan? yup…struktur permalink tepatnya adalah bentuk URL pada halaman blog Anda terutama halaman artikel seperti pada halaman yang sedang anda baca ini.Anda bisa lihat di address bar browser Anda….itulah permalink.

Permalink ini ternyata kepentingan dan manfaatnya tidak bisa diremehkan karena sebenarnya struktur permalink sendiri bisa menjadi informasi bagi pengunjung blog serta erat kaitannya dengan seo selain dari segi performance yang akan saya bahas dibagian akhir.

Untungnya WordPress memberikan kemudahan penggunanya untuk mengatur permalink ini yang bisa dilakukan melalui dashboard yaitu di bagian :

Setting ===> Permalink

Bentuk standar permalink WordPress pada saat di install adalah seperti ini :

http://blog.umy.ac.id/lintasberita/?p=123

Permalink di atas menurut saya adalah bentuk paling jelek karena dengan permalink seperti ini pengunjung maupun dari efek seo sendiri tidak menguntungkan karena tidak menjelaskan apa isi konten dari URL tersebut. Kalau bahasa kerennya ialah “kalimat tanpa makna”.:)

Nah…disini saya akan bahas sedikit beberapa fungsi dari bentuk-bentuk permalink yang saya ambil paling sering digunakannya pada sebuah blog. Semoga bisa menambah wawasan Anda terhadap fungsi dan pentingnya setting permalink yang tepat.

Berikut ini varian struktur permalink yang biasa diadopsi pengguna WordPress :

/%postname%.html atau /%postname%/

Struktur di atas akan menhasilkan URL seperti pada postingan blog ini. Selain paling populer dan banyak digunakan oleh para blogger WordPress, Secara struktur pun permalink bentuk ini sangat seo friendly disamping juga informatif bagi pengunjung karena penempatan keyword artikel ada di permalink. Untuk penambahan ektensi seperti .html bisa diganti dengan lainnya seperti .php, .htm atau, .aspx tergantung selera dan mood Anda. Tanpa ekstensi juga tidak masalah karena ini hanya masalah estetika aja.:)

/%category%/%postname%

Struktur permalink ini sangat tepat untuk digunakan pada blog dengan artikel model gado-gado atau general yang konten artikelnya membahas berbagai topik karena berfungsi untuk menjelaskan kategori dari judul artikelnya bagi pengunjung.

/%author%/%postname%

Struktur permalink jenis ini sangat tepat diaplikasikan pada blog yang memiliki banyak penulis atau author seperti pada direktori artikel berbasis WordPress. Ini akan memberikan informasi siapa penulis artikel tersebut.

/%year%/%monthnum%/%day%/%postname%/

Struktur permalink di atas adalah merupakan struktur yang tepat untuk sebuah blog yang artikelnya merupakan informasi yang valid pada saat tertentu saja seperti pada blog yang memberikan berita-berita terkini karena tidak mungkin berita pada hari ini akan masih update dibaca pada bulan depan. Iya kan?

Disamping itu, dari semua permalink sebelumnya diatas tersebut, ternyata permalink dengan bentuk inilah yang sebenarnya bagus untuk pengunjung, seo maupun performance blog. Jadi permalink ini bagus dari 3 hal tersebut. Untuk performance maksunya apa bro? permalink jenis ini ternyata sangat ramah terhadap resources server di mana blog tersebut dihosting sehingga akan mengurangi kinerja server menjadi ringan dan alhasil pun blog lebih cepat loadingnya. Ini sesuai dengan rekomendasi dari WordPress codex yang mengatakan :

“A note about performance: Permalink structures beginning with %category%, %tag%, %author%, or %postname%, require more server resources to resolve than structures such as, Day and Name, Month and Name, and %post_id%-%postname%”.

Selain itu, Anda bisa baca artikel masalah penggunaan permalink dari mas Poer kreator dari plugin Search Terms Tagging 2 yang populer tersebut yang membahas masalah performance permalink ini. Namun tentu permalink lainnya pun tidak berpengaruh sebenarnya terhadap performance asalkan blog masih belum memiliki jumlah halaman yang sangat banyak serta dari trafik pun masih tidak tinggi.

Nah…jika Anda baru mulai membangun blog, fungsi dari struktur permalink di atas layak dipertimbangkan berdasarkan jenis blog Anda nantinya dan yang sudah terlanjur menggunakan permalink seperti saya tidak perlu diubah karena sebenarnya ini tidak menjadi masalah asal performance blog Anda masih baik dan tidak terpengaruh oleh lonjakan trafik maupun perkembangan artikel blog serta hosting Anda memang tangguh dalam menangani performance blog.

Jika Anda memang ingin mengganti permalink blog Anda yang sudah ada, sebaiknya gunakan juga fitur redirect 301 permanent pada plugin Platinum Seo Pack atau menggunakan plugin redirect permanen lainnya seperti Permalinks Moved Permanently or Dean’s Permalink Migration untuk mencegah error 404 pada permalink lama yang mana ini tidak bagus untuk sisi seo yang justru akan menyebabkan blog tidak seo friendly.

Ok..bagaimana dengan struktur permalink blog Anda? bentuk permalink apa yang Anda gunakan?

Lintas berita

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE