Ketua Umum Persatuan Pelajar Indonesia di Australia (PPIA) Muhammad Subhan Zein menyatakan bahwa dirinya memang sempat terlibat politik praktis di Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Sementara wakilnya, Dirgayuza Setiawan pernah berafiliasi politik dengan Tunas Indonesia Raya (Tidar), organisasi sayap Partai Gerindra.

“Keaktifan saya sebagai pengurus PKS dimulai tahun 2000 dan diakhiri 2005. Sejak pertengahan 2005 sampai sekarang saya tidak lagi terlibat dengan kegiatan politik praktis apapun dengan PKS atau partai lain. Dirgayuza sudah terhenti (dari Tidar) sejak keberangkatannya ke Australia tahun 2008,” kata Subhan Zein dalam keterangan yang disampaikan kepada detikcom, Jumat (6/5/2011).

Pernyataan tersebut sekaligus meralat pemberitaan detikcom sebelumnya yang menyebut Subhan Zein sebagai kader Partai Gerindra. Saat itu, anggota Komisi VIII DPR, Zulkarnaen Jabbar hanya menyebut Ketua PPI sebagai kader parpol yang punya niatan politis dengan mengolok-olok anggota dewan saat berkunjung ke Australia.

Namun itu dibantah Zubhan Zein. “Hal ini bentuk kepedulian kami terhadap Komisi VIII DPR dalam upaya tulus kami membantu mewujudkan tatanan pemerintahan yang lebih baik,” tepis Zubhan yang mempunyai keanggotaan aktif PPIA mencapai 18.378 pelajar di seantero Australia.

Atas kekeliruan tersebut, redaksi detikcom meminta maaf dan menyatakan terimakasih atas koreksi yang disampaikan.

Lintasberita @ Detik

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE