rumahkiat

Berbagi pengalaman tentang sebuah blog

10 file dasar wordpress

Posted by Dianing Al-Mathin 32 Comments

PantaiMengenal file dasar tema wordpress merupakan suatu hal lumrah yang perlu dilakukan oleh seorang pengguna wordpress, mengapa? Karena dengan mengetahui struktur dasar file tersebut Kamu dapat mengenal dan melihat bagaimana sebuah website wordpress tersusun, tanpa banyak intro langsung kita cek ke TKP.

10 file dasar tema wordpress

  1. header.php adalah sebuah file untuk mendefinisikan data – data pada header, yang biasanya berisikan judul blog, diskripsi singkat blog dan META data dan informasi HEAD
  2. footer.php adalah sebuah file untuk mendefinisikan nilai pada bagian footer untuk setiap halaman website.
  3. Style.css adalah sebuah file css(cascading style sheet) yang berfungsi untuk mendefinisikan tampilan(desain web) pada website WordPress Kamu. File css sendiri berfungsi untuk menyimpan informasi mengenai tema website seperti nama tema, kode versi, deskripsi tema, pembuat tema, alamat pembuat tema, dll dengan menggunakan tag yang telah distandarkan.
  4. Index.php adalah sebuah file utama yang berfungsi untuk menampilkan isi atau content dari sebuah blog.
  5. home.php adalah sebuah file yang mendefinisikan tampilan utama sebuah blog(tampilan home)
  6. page.php adalah sebuah file yang mendefiniskan tampil pada sebuah “halaman/page”. page sendiri adalah halaman statis dari blog wordpress. Contohnya dalah halaman About Us, Privacy dll pada menu diatas.
  7. single.php adalah sebuah file yang mendefinisikan apa saja yang akan ditampilkan pada “halaman post”. Halaman post adalah sebuah halaman yang menampilkan postingan Kamu secara lengkap, lengkap dengan bagian komentarnya. Contoh halaman post adalah halaman yang sedang Kamu baca ini.
  8. comment.php adalah sebuah file yang mendefinisikan kerangka komentar pada bagian komentar dan form pada sebuah halaman.
  9. search.php adalah sebuah file yang mendefinisikan item apa saja yang akan ditampilkan dalam halaman pencarian.
  10. archive.php adalah sebuah file yang mendefinisikan item apa saja yang akan ditampilkan dalam halaman katagori, tag dan arsip(Archive).

Saya tambahin deh 4 file opsional.

  1. 404.php adalah sebuah file yang mendefinisikan item apa saja yang akan ditampilkan pada sebuah halaman yang salah atau sering juga disebut sebagai error page.
  2. function.php adalah sebuah file yang digunakan untuk mendefinisikan fungsi wordpress tertentu.
  3. Screenshot.png adalah sebuah file image berukuran 300 x 225 pixel. File image ini digunakan untuk menampilkan screenshot website Kamu pada menu Design Dashboard WordPress .
  4. Sidebar.php adalah sebuah file yang berisi kumpulan link widget seperti arsip, category, meta data, blogroll dan lain-lain.

Namun sejatinya ke 14 item diatas tidak mutlak digunakan semuanya untuk dapat menjalankan sebuah tema wordpress dengan baik dan benar, karena sejujurnya hanya dengan file index, header, style saja sudah cukup untuk menjalankan tema dari wordpress sendiri, mengapa? Karena ke tiga file tersebut merupakan file inti/file wajib, ibarat manusia yang mempunyai kekurangan macam-macam (cacat) namun tetap bisa hidup dan dikatakan sebagai seorang manusia.

Demikianlah penjelasan tentang pengenalan file dasar tema wordpress ini, semoga bermanfaat dan dapat membantu kalian yang sedang mencari tahu file dasar apa saja yang terdapat dalam tema wordpress tersebut.

PROFIL AKU

Dianing Al-Mathin


Popular Posts

MAHASISWA KREATIF DA

UNIVERSITAS TERBAIK – Pernahkah Kamu berfikir untuk memajukan Universitas Kamu ...

Cara mudah ter index

Ter index di google Bagaimana agar artikel/blog cepat ter index di ...

Tips mendapat 5 buah

5 buah backlink gratis dari google merupakan sebuah anugrah tersendiri ...

Menjadi seorang blog

Menjadi seorang blogger berpendapatan tinggi yang full earning merupakan sebuah ...

Cara cepat terindex

Terindex yahoo search terkadang gampang-gampang susah, why? Karena yahoo berbeda ...

Cara ampuh melaporka

Mengapa sampai harus melaporkan situs copy paste ke google? Kreativitas ...