rumahkiat

Berbagi pengalaman tentang sebuah blog

KRISIS multidimensional yang melanda Indonesia membuka mata kita terhadap mutu sumber daya manusia (SDM) kita, dan dengan sendirinya juga terhadap mutu pendidikan universitas terbaik yang menghasilkan SDM itu. Faktor penyebab krisis memang kompleks, tapi penyebab utama adalah SDM kita yang kurang bermutu. SDM kita belum cukup profesional, belum memiliki keterampilan managerial yang andal. Dan yang paling merisaukan SDM kita sering bertindak tanpa moralitas.
Di samping itu, semua kita harus malu karena banyak pusat kajian menggolongkan Indonesia pada kelas amat wahid dalam hal korupsi. Korupsi berkaitan dengan penyalahgunaan kewenangan, dengan kebohongan, ketidakjujuran, bahkan dengan ketidakadilan dan pemerasan. Semua itu tanda-tanda kemerosotan bahkan kebejatan moral.
Tidak adil apabila kita hanya mempersalahkan dunia pendidikan universitas terbaik. Karena kemerosotan turut dipengaruhi oleh faktor lingkungan, khususnya media massa. Namun, tetap benar institusi yang ex officio bertanggung jawab terhadap pembinaan SDM adalah dunia pendidikan universitas terbaik. Oleh sebab itu, penting sekali negara berkembang seperti Indonesia mengikuti nasihat peneliti McDougall: invest in man not in plan.
Supaya investasi dalam pengembangan manusia dapat berhasil, kita harus mengatur kembali dunia pendidikan universitas terbaik kita, bukan secara tambal sulam melainkan secara menyeluruh dan mendasar. Kita membutuhkan satu revolusi di bidang pendidikan universitas terbaik. Kita harus menjungkirbalikan paham dan nilai yang ada, dan menggeser serta mengubah paradigma yang keliru.

Tujuan Pendidikan Universitas Terbaik

Berkaitan dengan tujuan pendidikan universitas terbaik paradigma lama terlalu abstrak dan kurang “operasional”. Ia harus lebih dikonkritkan. Tujuan pendidikan universitas terbaik adalah kepribadian mandiri, yang mampu menata kehidupan dan penghidupannya di dalam sikon hidup konkrit dan kontemporer. Kemampuan menata kehidupan dan penghidupan diperoleh karena murid menguasai satu atau satu jenis pekerjaan sebagai sumber nafkah.

Dengan demikian ia dapat memasuki pasar kerja atau menciptakan lapangan kerjanya sendiri. Menguasai satu/satu jenis pekerjaan merupakan tujuan penting yang tidak boleh diabaikan. Sistem pendidikan universitas terbaik  memang tidak berkewajiban mencari atau memberikan lapangan kerja kepada murid.  Akan tetapi ia berkewajiban mempersiapkan murid untuk memasuki lapangan kerja tertentu atau menciptakan lapangan kerjanya sendiri.

Kemampuan menata kehidupan dan penghidupan diterapkan bukan di wilayah tak bertuan, melainkan di dalam sikon konkret di Indonesia. Sikon itu tidak sama dan tidak seragam dari Sabang sampai Merauke. Ada keanekaan tantangan situasi hidup konkrit di wilayah Indonesia yang begitu luas dan bervariasi. Tiap wilayah/daerah memiliki ciri khas. Ciri itu dapat dikaitkan dengan keadaan geografis dan kekayaan alam yang terkandung di dalamnya. Ada wilayah agraris lahan kering, ada wilayah agraris lahan basah; ada wilayah maritim dengan berbagai kekayaannya; ada wilayah industri ringan/berat, industri pariwisata dan lain-lain.

Categories: Uncategorized

PROFIL AKU

Dianing Al-Mathin


Popular Posts

MAHASISWA KREATIF DA

UNIVERSITAS TERBAIK – Pernahkah Kamu berfikir untuk memajukan Universitas Kamu ...

Cara mudah ter index

Ter index di google Bagaimana agar artikel/blog cepat ter index di ...

Tips mendapat 5 buah

5 buah backlink gratis dari google merupakan sebuah anugrah tersendiri ...

Menjadi seorang blog

Menjadi seorang blogger berpendapatan tinggi yang full earning merupakan sebuah ...

Cara cepat terindex

Terindex yahoo search terkadang gampang-gampang susah, why? Karena yahoo berbeda ...

Cara ampuh melaporka

Mengapa sampai harus melaporkan situs copy paste ke google? Kreativitas ...