disinisadat

an article collection from al sadad rudi

NEW MEGAPRO VS BYSON

Posted by Al Sadad Rudi 6 Comments

Bagi yang ingin berencana membeli motor sport 150cc, ane yakin ente pasti bingung soalnya belum lama ini kita ketahui bersama kalo baik AHM maupun YMKI sama2 ngeluncurin varian terbaru dalam rentang waktu yang relatif berdekatan………terlebih lagi kedua-duanya 150cc pula. Yupz….Honda New MegaPro dan Yamaha Byson adalah produk andalan terbaru dari pabrikan sayap tunggal dan garpu tala yang mereka luncurin.

Jika dilihat, NMP bener2 beda ama MegaPro lawas. mulai dari cover body yang full beda abis dari yang lama, shock belakang udah pake Monoshock, cakram belakang, speedometer digital, tambah lagi ini mesin yg baru juga gak 160 cc seperti yg lawas..namun 150 cc..dan soal performa sama kok dengan mesin yg lawas.

Sedangkan  Byson, cc-nya juga 150. Nich motor basisnya dari Fazer 250 yang diproduksi di India.

Untuk itulah di kesempatan kali ini, ane datang untuk sedikit membantu . yah…sedikit pengetahuan tentang fitur2 apa2 aja yang menjadi kelebihan dan kekurangan dari masing2 tuch motor. Siapa tau bisa jadi panduan buat ente dalam memilih produk yang sesuai selera.

Basic Mesin

Soal mesin sih sebenarnya kedua nich motor gak ada yang istimewa ( kaitan ama teknologi terbaru )dan teknologi yang dipake tergolong jadoel dan itu2 aja. Meskipun varian terbaru, keduanya masih sama2 mengaplikasi mesin konvensional ( ga ada radiator, gak DOHC, gak injeksi ).

NEW MEGAPRO
Kapasitas Mesin            149,2 cc
Tipe mesin            4 langkah, SOHC 2 klep, pendinginan udara, Karburator
Perbandingan kompresi        9,5 : 1
Daya maksimum            10,1 kW / 8.500 rpm
Torsi maksimum            12,8 Nm / 6.500 rpm
Diameter x langkah        57,3 x 57,8 mm
Tranmisi            Manual  5 speed
Starter                Kick starter & Elektrik starter

Ukuran ban depan        80/100 – 17 M/C 46P – Tubeless utk CW
Ukuran ban belakang        100/80 – 17 M/C 55P – Tubeless utk CW
Rem depan            Cakram hidrolik, dengan piston ganda
Rem belakang            Cakram hidrolik dengan piston tunggal (Tromol utk SW)
Tipe suspensi depan        Teleskopik
Tipe suspensi belakang        Tunggal (monoshock) dapat di setel keras dan lembut
Tipe rangka            Pola Berlian (diamond steel)

Panjang X lebar X tinggi    2.050 mm x 757 mm x 1.075 mm
Jarak sumbu roda        1.313 mm
Jarak terendah ke tanah        152 mm
Berat kosong            136 Kg
Kapasitas tangki bahan bakar    12 Liter
Speedometer-Tachometer        Digital-Analog

BYSON
Kapasitas Mesin            153 cc
Tipe mesin             4 langkah, SOHC 2 klep, berpendingin udara, Karburator
Perbandingan kompresi          9,50:1
Daya maksimum              10,1 PS / 7.500 rpm
Torsi maksimum          10,5 Nm / 5.500 rpm
Diameter x langkah         58,0 x 57,9
Tranmisi            Manual 5 speed
Starter                Kick dan Electric

Ban depan             Tubeless 100/80-17M/C 52P
Ban belakang              Tubeless 120/70-17M/C 58P
Rem depan              Cakram
Rem belakang              Tromol
Suspensi depan          Teleskopik
Suspensi belakang          Suspensi Monocross
Tipe rangka             Diamond

PxLxT                 2.075 mm x 780 mm x 1.045 mm
Jarak sumbu roda         1.334 mm
Jarak terendah ke tanah     160 mm
Berat kososng            135 kg
Kapasitas tangki bensin     12 liter
Speedometer/Tachometer        Digital-Digital

Speedometer & Tachometer

Soal panel penunjuk kecepatan,  baik Byson dan NMP sudah menggunakan penunjuk kecepatan model digital, termasuk penunjuk bensinnya.

Tapi untuk pemantau putaran mesin, cuma Byson yang pake Digital……Mega Pro masih mengandalkan jenis analog…

Kunci Kontak

Kalo soal kunci kontak, kayak kebanyakan motor2 Honda yang lain….udah jelas NMP yang menang soalnya udah pake kunci kontak jenis Shutter Key….fitur ini terbukti cukup ampuh menghambat aksi pencurian sepeda motor yang kian mengganas. Sedang di Byson masih menganut kunci kontak model biasa..

Rem, Swing Arm, Knalpot

Soal pengereman belakang, NMP boleh unggul…sebab udah pake piringan cakram,sementara Byson masih pake tromol.

Tapi kalo diperhatiin, soal swing-arm+knalpot…maka Byson yang menang…loe liat aja sendiri. Arm+Knalpot Byson lebih terlihat kekar+bertenaga dibanding punya NMP yang terlihat biasa2 aja.

Velg & Ban

Soal velg, kedua motor sama2 pake ring 17.

Soal ban, sama2 pake tubeless. Tapi ban Byson lebih gede, ban depan Byson 100/80 dan yang belakang 120/70……..lebih kelihatan kekar tapi ini juga faktor yang buat nich motor sedikit kurang tenaga dibanding NMP, soalnya ban NMP lebih kecil. Yang depan 80/90 dan yang belakang 100/80.

Nah itu mungkin sebagian kelebihan dan kekurangan yg ane ambil dari NMP dan Byson. Tulisan ini cuma masukan dan gak ada maksud membela salah satu merk……. kalo ada yg salah ya maaf dan mohon masukannya…lagipula gak ada motor yg sempurna di dunia ini ( hehehe, kayak pepatah aje )…..

Oya, sejujurnya ane masih bingung milih mana antara 2 nich motor.

jadi ane simpulkan gini aja: kalo yg mau tampilan gaya dan gak mementingkan mesin..pilih Byson soalnya kayaknya Byson emang ditujukan kepada yang doyan Show of Force…..tapi kalo mo cepet, irit, elegan+kalem  dan gak meduliin tampilan motor……pilih NMP aja!

Categories: Otomotif

PROFIL AKU

Al Sadad Rudi


Popular Posts

REGRET

Mamzelle Aurélie possessed a good strong figure, ruddy cheeks, hair ...

At London Airport :

At London airports, 2 genial guys organized the following "incredible" ...

The Effects Of Holly

Abstract. Hollywood Movies be trendsetter all industrial movie in the ...

NEW MEGAPRO VS

Bagi yang ingin berencana membeli motor sport 150cc, ane yakin ...

CHARLIE AND CHOCOLAT

Charlie Bucket is a poor but good-hearted boy living with ...