disinisadat

an article collection from al sadad rudi

Pemberontakan di Mesir dan Tunisia tidak akan efektif tanpa Facebook, Twitter dan YouTube. Bukan tanpa alasan pemerintah Mesir ‘membunuh’ internet dengan satu libasan. 

Amerika Serikat mendukung penuh akses global internet tanpa sensor, kata Hillary Clinton. Sementara di negerinya sendiri masih banyak kritik akan kebijakan tersebut dan Amerika sedang menggodok peraturan sendiri untuk bisa menutup internet, demikian laporan Willemien Groot dari Radio Nederland.

Sejak menjabat, Menteri Luar Negeri Hillary Clinton selalu menekankan pentingnya kebebasan internet. Bagi Amerika, ini merupakan bagian dari politik luar negeri dan bahkan HAM. Clinton pernah menyebut sensor internet sebagai ‘contoh Tembok Berlin jaman sekarang’.

Kontras

Seluruh negara harus memeluk ‘kebebasan berkoneksi’, demikian Clinton. Diplomasi Amerika sejak saat itu dihubungkan dengan teknologi, jaringan distribusi yang aman dan dukungan penuh akan ‘mereka yang berada di garis depan’. Washington ingin melindungi kebebasan sipil dan HAM di dunia cyber.

Namun pernyataan tegas ini sangat kontras dengan kenyataan di Amerika. Kemarahan politik tentang publikasi dokumen rahasia pemerintah oleh WikiLeaks cuma satu contoh saja.

WikiLeaks dipandang sebagai ancaman nasional. Dan dalam praktek, berlawanan dengan kebijakan resmi, Amerika tidak banyak berbuat untuk kebebasan internet.

Akhir minggu ini saja bocor sebuah laporan pemerintah yang bertentangan dengan usaha Amerika membasmi sensor internet di China (The Great Firewall) dan negara lain.

Di tahun 2008, Kongres mengucurkan dana 50 juta dolar kepada Kementerian Luar Negeri untuk sebuah program yang melawan sensor internet. Program ini disebut Internet Censorship Circumvention Technology (ICCT). Tapi 30 juta dari yang dianggarkan belum cair dan yang sudah dibelanjakan, hampir tidak ditujukan untuk program ICCT sama sekali.

Kode Terpecahkan

Warga Amerika sepertinya juga hampir tidak menyadari bahaya yang dihadapi para pembangkang. Software pemecah kode yang dikenal dengan nama ‘Haystack‘ seharusnya membuat pemerintah tidak bisa melacak kegiatan para dissiden Iran. Tapi dalam kenyataannya, kode bisa dipecahkan dalam waktu 6 jam saja, dan lebih parah lagi, identitas pengguna juga langsung ketahuan.

Ahli keamanan dan WikiLeaks hacker Jacob Appelbaum menyebut Haystack ‘software terburuk yang dengan enggan dia hancurkan’. Appelbaum memperingatkan, software tersebut bisa membahayakan hidup seseorang. Pimpinan proyek Haystack mengundurkan diri. Tidak jelas berapa banyak pemberontak Iran yang pernah menggunakan software tersebut.

Blokade Total

Pemblokiran internet Mesir bukan satu-satunya di dunia. Aksi yang dikenal dengan nama ‘internet kill switch‘ ini juga merupakan mimpi mantan presiden George W Bush. Sewaktu menjabat, Bush mendapat kuasa untuk mengumumkan keadaan darurat cyber, di mana hubungan dengan dunia luar akan terputus. Usulan ini tidak sampai memutus seluruh hubungan internet, hanya jaringan yang berada di tangan sektor swasta. Proposal yang dengan dukungan politisi Republiken maupun Demokrat, dibicarakan kembali tahun ini.

Cara efisien pemerintah Mesir memblokir dunia luar, mengejutkan masyarakat internasional. Sebelumnya orang tidak pernah berpikir sambungan internet bisa sedemikan cepat dan efektif diputus. Ini dimungkinkan karena Mesir hanya punya 5 penyedia jasa internet dan hubungan terbatas dengan luar negeri. Dan ini semua berada di tangah pemerintah.

Benci

Di negara Arab lain, keadaannya kurang lebih sama. Di Suriah, Iran atau Yordania, blokade total internet bukan suatu hal yang mustahil. Hingga saat ini, hal tersebut bisa dilakukan tanpa konsekuensi internasional.

Pemerintah, organisasi HAM dan PBB tidak bisa berbuat banyak selain mengungkapkan kebencian akan sensor internet. Revolusi Mesir setidaknya sudah menyebabkan kebebasan internet internasional lebih banyak masuk dalam agenda perundingan.

sumber : Hidayatullah

Categories: Politik

PROFIL AKU

Al Sadad Rudi


Popular Posts

REGRET

Mamzelle Aurélie possessed a good strong figure, ruddy cheeks, hair ...

At London Airport :

At London airports, 2 genial guys organized the following "incredible" ...

The Effects Of Holly

Abstract. Hollywood Movies be trendsetter all industrial movie in the ...

NEW MEGAPRO VS

Bagi yang ingin berencana membeli motor sport 150cc, ane yakin ...

CHARLIE AND CHOCOLAT

Charlie Bucket is a poor but good-hearted boy living with ...