Empat Langkah Cara Mudah Menguasai Bahasa Inggris

  Bahasa Inggris   21 December 2011

Tidak dipungkiri lagi bahwa Bahasa Inggris seolah menjadi kunci keberhasilan seseorang terutama dalam hal pendidikan dan mencari pekerjaan. Hal in ditunjukkan dengan adanya syarat score TOEFL sebanyak 400 – 450 bagi para mahasiswa yang akan lulus dari universitas. Fakta lain adalah banyakanya perusahaan baik dalam negeri maupun luar negeri yang mematok Bahasa Inggris sebagai kunci utama dalam penerimaan karyawan baru. Nah… pertanyaanya sekarang adalah bagaiman mengusaia Bahasa Inggris dengan mudah. Berikut akan saya jelaskan empat langkah cara mudah agar dapat menguasai Bahasa Inggris.

Pertama, yakinkan diri teman-teman bahwa kalian berani mengucapkan kata – kata dalam Bahasa Inggris. Ini adalah salah satu sebab mengapa masih banyak orang gagal dalam mengusaia Bahasa Inggris. Bagaimana mungkin berbiacara bahasa inggris jika mengucapkannya saja tidak berani, sehingga hal yang wajib diperlukan disini adalah memunculkan kepercayaan diri yang tinggi yang akan membawa kita pada ruang bebas untuk berbicara atau menucapakan kata – kata Bahasa Inggris.

Kedua, Jangan sekali-kali takut salah dalam berbicara bahasa Inggris. Menurut Mario Teguh bawha keberhasilan adalah hasil koreksi dari sekumpulan kegagalan (kesalahan-kesalahan). Ini berarti semakin banyak kita melakukan kesalan, maka semakin banyak pula prosese pembelajaran kita terhadap Bahasa Inggris. Akan tetapi, kesalahan – kesalah tersebut perlu adanya koreksi sehingga tidak menjadi sebuah gunungan kesalahan yang tidak ada solusinya.

Ketiga, perbanyaklah perbendaharaan kosa kata (Vocabulary). terkadang banyak di antara kita berhenti di tengah-tengah pada saat kita sedang berbicara Bahasa Inggris. Salah satu penyebab hal itu adalah kurangnya perbendaharaan kosa kata (vocabulaty) kita. Maka dai itu, saran saya untuk mengantisipasai hal ini adalah dengan menghafal minimal 3 kosa kata baru yang dihafal setiap harinya.

Terakhir, jangan pernah takut salah grammar, terutama dalam hal TENSE. Mungkin banyak dari kita masih berpikiran bahwa setiap berbicara Bahasa Inggris wajib menggunakan tata bahasa (grammar) yang benar. bagi saya itu adalah nomor ke-22. Pada dasarnya ketika kita berbicara Bahasa Inggris hanya tinggla merangkai kata demi kata. Bagaimana dengan Grammar nya? Saran saya nilailah kemampuan Bahasa Inggris teman – teman. Jika saya punya nilai 1 Sampai 5, dengan nilai satu adalah yang terendah dan nilai 5 adalah yang tertinggi, maka berapakah nilai kemampuan berbicara bahasa inggris teman – teman? Jika nilai itu masih dibawah 3, saya sarankan untuk TIDAK mempelajari Grammar terlebih dahulu, karena hal itu kan membuat teman – teman semakin takut dan beranggapan bahw Bahasa Ingris adalah sulit. Akan tetapi jika nilai teman – teman adalah 3 dan lebih dari 3, maka saya sarankan untuk segera mempelajari grammar, karena saat itulah teman -teman sudah menguasai konsep bagaimana berbica Bahasa Inggris dan mengoreksinya dengan Grammar.

Untuk mengakhiri tulisan ini, empat langkah yang teman -teman harus lalui agar bisa berbicara Bahasa Inggris adalah yakinkan bahwa teman – teman berani mengucapkan kata – kata dalam Bahasa Inggris. Bagaimana caranya? dengan cara memaksa diri kita agar TIDAK takut salah dan mempunyai banyak perbendaharaan kosa kata. Buatlah cara berbicara teman – teman semakin perfect dengan cara mempelajari grammar jika memang sudah saatnya.:)

 

Leave a Reply

Performance Optimization WordPress Plugins by W3 EDGE