YOGYAKARTA  – Dunia pertelevisian kini kian menjadi obyek komoditas ekonomis yang hanya mengejar rating. Sedangkan tayangan pendidikan sangat minim, sehingga acara televisi tak lagi mendidik.

Itulah benang merah hasil survey terhadap sejumlah mahasiswa UMY tentang acara televisi. “Acara-acara di televisi itu seharusnya lebih menekankan dan memperbanyak tayangan yang bernuansa edukatif  jangan hanya mengejar rating. Jauhkan tayangan itu dari kepentingan pemilik modal (independen),”  kata salah seorang mahasiswa Ilmu Pemerintahan UMY, Wirdan Fanani, di Yogyakarta, Selasa (4/10).

Hal serupa juga disampaikan seorang mahasiswa Teknik Mesin, Liyu Pawono Utomo saat ditemui di lobi Fakultas Teknik. Ia menyarankan kurangi acara yang kurang bermutu dan sebelum acara itu ditayangkan harus diseleksi terlebih dahulu.

“Karena banyak acara yang segmennya untuk orang dewasa tapi bisa dilihat oleh anak-anak. Padahal acara itu sebenarnya tidak memberikan pendidikan bagi anak. Tayangan-tayangan yang punya unsur mendidik seharusnya memiliki porsi yang lebih banyak dibandingkan dengan tayangan-tayangan lainnya,” kata Liyu Pawono Utomo.

Pernyataan lain juga disampaikan oleh seorang mahasiswi fakultas Agama Islam, Nida Nasuha.  Ia mengusulkan untuk berita, kalau bisa berita itu diberi variasi pemberitaan. Jangan hanya memfokuskan pemberitaan pada masalah-masalah tertentu dalam jangka waktu yang cukup lama.

“Misalkan seperti pemberitaan tentang pelaku korupsi, bom, atau teroris. Karena jika hanya hal itu saja yang diberitakan, akan memberikan kesan negatif pada masyarakat tentang orang yang diberitakan tersebut. Sehingga citra orang yang diberitakan itupun akan menjadi buruk,” kata Nida.

Sementara, mahasiswa Ilmu Pemerintahan, Wirdan Fanani menambahkan acara-acara di televisi ini seharusnya bisa mencerdaskan bangsa.  “ Acara televisi ini kami harap kedepannya bisa lebih faktual, cerdas, terpercaya, berimbang dan mendidik,” katanya.

(tulisan diatas adalah hasil dari latihan penulisan berita yang sudah direvisi oleh dosen)

Categories: komunikasi islam, News

About sakinah

Berkarya di Universitas Terbaik

PROFIL AKU

sakinah

Berkarya di Universitas Terbaik


Popular Posts

puisi tentang Negeri

Negeri Ku Aku tercengang, aku takjub Dan aku terkagum Eloknya bumi yang menyimpan ...

Penerima Beasiswa Ke

Ini adalah kisah seorang mahasiswi yang mendapatkan beasiswa dari salah ...

Perilaku Komunikasi

A.    Latar Belakang Budaya Suku Madura Madura adalah nama pulau yang ...

Orasi Ilmiah

Akan ada Orasi Ilmiah di gedung Sportorium UMY yang akan ...

Tulisan Beritaku Dim

Nggak nyangka..benar-benar nggak nyangka. Tulisan berita tentang Langgam Jawa yang ...