Didalam manajemen media baik cetak ataupun elektronik, ada 4 hal yang penting itu diketahui dan diperhatikan yaitu;

  • Product

Dalam media elektronik yang dimaksud produk tersebut adalah program acara yang dibuat oleh media tersebut, seperti televisi. Sedangkan dalam media cetak, seperti Koran atau surat kabar, produk ini merupakan rubrik-rubrik yang disajikan pada tiap halaman Koran.

Adapun produk ini harus sesuai dengan segmentasi dari media itu sendiri, karena dengan begitu rubric ataupun program yang akan dibuat akan mengikuti segmentasi yang sudah jelas.

Untuk mengetahui segmentasi dari sebuah media seperti televisi, maka dapat dilihat dari program acara yang ditayangkan, bukan dari stasiun televisinya. Hal ini berbeda dengan Koran atau surat kabar yang melakukan segmentasi dari daerah jangkauan atau sebaran Koran.

Dan segmentasi dalam dunia pertelevisian pun harus jelas dan memiliki daya jual yang tinggi. Karena ada program acara yang sering ditonton oleh banyak orang tapi daya jualnya rendah, seperti film-film legenda atau yang berbau mistis yang biasanya ditayangkan di Indosiar, tapi iklan di film ini sedikit. Film ini biasanya ditonton oleh orang yang suka cerita-cerita legenda dan suka dengan hal-hal yang berbau mistis. Dan mereka yang menonton acara ini kebanyakan adalah orang-orang yang menengah kebawah. Sedangkan acara golf yang nonton sedikit tapi memiliki daya jual tinggi, karena mereka yang nonton itu adalah orang-orang yang berduit, hingga iklan-iklan yang ditayangkan pun banyak dan dari produk mahal.

  • Price

Price adalah harga atas produk atau rubrik. Harga atas produk atau rubric ini harus dicatat dan diperhitungkan secara detail, berapa biaya produksi 1 program dalam sebuah episode (di tv).

Misalkan, 1 episode sebuah sinetron biayanya 50-75 juta. Maka akan dijual berapa 1 sinetron itu kepada pengiklan? jika dalam 1 episode menghabiskan waktu 45 menit, maka 1 iklan hanya memiliki waktu tayang sebanyak 15 menit.

  • Place

Place merupakan penyusunan waktu tayang yang tepat pada sebuah program. Dan place ini juga berhubungan dengan segmentasi.

  • Promotion

Sekalipun pemilik media bangga bahwa dia telah memiliki media, tapi tanpa ada promosi yang bagus akan program yang ada dalam media itu, maka media itu tidak akan laku dan tidak akan dikenal oleh orang.

 

Dalam hal segmentasi, ada cara mudah untuk mengidentifikasi program acara dalam televisi itu pada siapa akan disiarkan dan ditontonkan, salah satunya adalah lewat iklan apa saja yang tersedia pada jam-jam itu.

Kalau iklan yang disajikan itu kebanyakan tentang produk rumah tangga, maka segmen acara pada waktu itu adalah untuk ibu-ibu rumah tangga. Dan kalau iklannya tentang makanan anak-anak atau permainan (game) yang ada di Handphone, maka acara pada saat itu adalah untuk anak-anak.

 

Categories: Jurnalistik

About sakinah

Berkarya di Universitas Terbaik

PROFIL AKU

sakinah

Berkarya di Universitas Terbaik


Popular Posts

puisi tentang Negeri

Negeri Ku Aku tercengang, aku takjub Dan aku terkagum Eloknya bumi yang menyimpan ...

Penerima Beasiswa Ke

Ini adalah kisah seorang mahasiswi yang mendapatkan beasiswa dari salah ...

Perilaku Komunikasi

A.    Latar Belakang Budaya Suku Madura Madura adalah nama pulau yang ...

Orasi Ilmiah

Akan ada Orasi Ilmiah di gedung Sportorium UMY yang akan ...

Tulisan Beritaku Dim

Nggak nyangka..benar-benar nggak nyangka. Tulisan berita tentang Langgam Jawa yang ...