Sehari menjelang PIMNAS memang sudah banyak segala persiapan yang dilakukan. Seperti hari ini saja sudah sebagian besar devisi-devisi PIMNAS mengadakan gladi resih. Dan untuk kami yang berada di Biro Humas UMY, pekerjaan yang sudah biasa dilakukan hingga tadi sore adalah, menghubungi para narasumber untuk diwawancara dan kemudian langsung membuat tulisan beritanya. Karena deadline yang memang cepat, pendek jangka waktunya, dan selalu ada media yang bekerjasama dengan biro humas UMY untuk mengirimkan 4 berita terkait PIMNAS.

Hari ini saja, kami berada di Biro Humas UMY sampai jam 5 sore. Tapi bahkan hingga saya dan teman-teman saya pulang, masih ada dua orang senior kami yang belum pulang karena masih mengedit berita yang telah kami tulis sebelumnya. Dan memang selama PIMNAS ini kami mendapat tugas untuk membuat dan menyiapkan stok berita sebanyak 10 berita setiap harinya, tapi itu maksimalnya sih..karena dari berita-berita yang kami tulis itu dan yang pastinya sudah diedit juga oleh para senior kita itu..nantinya akan dikirimkan ke berbagai macam media berita baik cetak maupun online nasional.

Nah, itu cerita dari biro humas umy. Sekarang mari kita pindah lagi ke cerita dan kondisi lain yang sudah saya lihat sejak tadi pagi.

Tepat di tengah lantai dasar AR. A tadi pagi sekitar pukul 09.30 diadakan breakfing akhir LO Kontingen peserta. Ada 93 LO yang dikerahkan UMY untuk membantu menjembatani antara panitia dengan peserta, dan antara peserta dengan panitia. Mungkin dengan jumlah peserta PIMNAS yang hampir 2000an orang itu, tidak sebanding jumlahnya ya dengan LO nya. Tapi tadi siang saat wawancara dengan Koorlap LO Kontingen, mereka para LO itu yakin bahwa mereka bisa memberikan yang terbaik untuk para peserta. Baik dari pelayanan, akomodasi, transportasi, dan sebagainya, mereka akan berusaha semaksimal mungkin untuk memberikan yang terbaik.

Kerja cerdas, kerja tangkas dan kerja ikhlas adalah motto yang mereka bawa. Karena mereka juga bisa dikatakan sebagai jantung dari UMY ini. Disamping mereka semua adalah mahasiswa dan mahasiswi UMY, dari mereka juga lah nantinya citra dan image tentang UMY akan dibawa oleh para peserta PIMNAS. Dan tentunya kita juga seharusnya sama-sama berdo’a semoga para LO ini dapat memberikan yang terbaik untuk para peserta. Dan dapat memberikan dan meninggalkan kesan yang baik dan positif dari para peserta PIMNAS.

Dan jika teman-teman tahu, tadi saat saya dan teman saya menunggu waktu untuk bisa wawancara dengan koorlap LO, kami melihat bahwa terlihat jelas bagaimana seorang Koorlap mengatur 93 orang dan memberikan pengarahan pada mereka semua. Semangat memang masih terlihat menyala dalam dirinya, tapi tidak dapat dipungkiri juga bahwa dia sebenarnya juga kelelahan. Hingga kami pun merasa masih belum tega untuk mewawancarainya.

Selain dari LO, siangnya di sportorium UMY juga sudah ada Marching Band UMY yang sudah mulai latihan dan mempersiapkan untuk esok harinya. Begitu juga dengan orang-orang yang membuat panggung di depan Sporto untuk pembukaan PIMNAS pada hari Selasa 10 Juli besok. Sedang di dalam Sporto juga sudah ada bagian penanggung jawab pameran yang sudah mulai bersiap memasang stand untuk pameran poster dan produk PKM.

Mungkin perlu teman-teman ketahui juga, pameran tersebut nantinya yang juga akan memeriahkan acara PIMNAS di UMY ini. Selain ada bazar, lomba-lomba, dan seminar nasional. Pameran ini juga akan terdiri dari ratusan stand pameran. Karena pamerannya terdiri dari pameran poster dan produk PKM yang berjumlah 400 stand (ini hanya untuk tim yang lolos PIMNAS), pameran produk non-PKM yang berjumlah 18 stand yang berisi produk unggulan dari UI, ITS, IPB, UGM, UMY dan beberapa sponsor, serta satu lagi pameran hasil dari lomba fotografi, kaligrafi dan karikatur. Dan pameran ini dibuka untuk umum lho…! Bahkan pelajar SMA yang sedang berkunjung atau liburan di Jogja, bis yang mereka tumpangi nantinya juga akan diarahkan ke Sportorium UMY. Tujuan selain untuk mengenalkan UMY, mereka juga bisa melihat pameran tersebut dan dapat mereka jadikan sebagai wisata ilmiah.

Dan sebelumnya juga, pada pagi hari tadi sekitar jam 09.00 juga devisi konsumsi juga sudah mengadakan breakfing akhir. Sedang sore harinya, devisi registrasi peserta yang mengadakan breakfing akhir.

Nah, mungkin kurang lebihnya begitu sih gambaran dari persiapan semua pihak yang saya ketahui dari tadi pagi. Dan mungkin saja, masih banyak juga persiapan dari devisi lain yang belum saya ketahui. Maklumlah, mata saya kan hanya dua..jadi bisa melihatnya dimana saya berada saja..hehe 🙂

Categories: cerita

About sakinah

Berkarya di Universitas Terbaik

PROFIL AKU

sakinah

Berkarya di Universitas Terbaik


Popular Posts

puisi tentang Negeri

Negeri Ku Aku tercengang, aku takjub Dan aku terkagum Eloknya bumi yang menyimpan ...

Penerima Beasiswa Ke

Ini adalah kisah seorang mahasiswi yang mendapatkan beasiswa dari salah ...

Perilaku Komunikasi

A.    Latar Belakang Budaya Suku Madura Madura adalah nama pulau yang ...

Orasi Ilmiah

Akan ada Orasi Ilmiah di gedung Sportorium UMY yang akan ...

Tulisan Beritaku Dim

Nggak nyangka..benar-benar nggak nyangka. Tulisan berita tentang Langgam Jawa yang ...