Hari Pertama PIMNAS 25

Posted by sakinah 0 Comment

Hari ini peserta PIMNAS ke-25 sudah mulai banyak yang berdatangan. Hingga siang hari tadi saja, sepanjang jalan dari lobi gedung Ar. Fakhruddin A, sekitar lapangan bintang baik diatas maupun dibawah, dipenuhi oleh mahasiswa dan mahasiswi dengan berbagai macam almamater. Merah hati, kuning, biru muda, biru tua, dongker, putih, putih ke abu-abuan, merah dan banyak warna lainnya yang menghiasi pemandangan sekeliling UMY. UMY mendadak menjadi sangat ramai.

Untuk kedua kalinya saya melihat pemandangan UMY seperti itu. Tapi masih jauh lebih ramai saat muktamar ke-46 kemarin yang berlangsung di UMY juga. Dan yang menarik dair PIMNAS ke-25 ini, karena tuan rumahnya UMY yang ada di Jogjakarta dan di pulau jawa. Jadi ada beberapa atribut yang dipakai yang memang khas jawa. Kegiatannya juga begitu, bahkan maskotnya pun begitu.

Sejak tadi pagi hingga pukul 21.00 ini saja, penerima peserta atau tim registrasi peserta PIMNAS, mereka memakai pakaian kebaya untuk perempuannya, dan surjan untuk yang laki-laki. Jadi memang sangat terkesan jawanya. Disamping itu, para peserta yang baru datang dan singgah sementara di lapangan bintang, di sana juga sudah disambut dengan tim musik tradisional Jogja.

Sore harinya, saat perwakilan dari masing-masing tim peserta mengikuti pawai dari AMC hingga lapangan Kraton Jogja yang melewati Malioboro, mereka juga menaiki andong yang sudah dihias. Salah satu kendaraan khas Jogja. Selain itu, saat mereka tiba di kraton Jogja nantinya juga akan disambut dengan pasukan kraton atau pasukan Wirabraja yang mengenakan pakaina merah atau yang bisa dikenal juga dengan pasukan Lombok Abang. Karena pakaian dan topi mereka yang berwarna merah.

Maskot PIMNAS 25 yang diusung kali ini juga sama seperti pasukan Lombok Abang. Tapi bedanya, pada maskot PIMNAS ini, pasukan wirabraja memegan bolpen pada tangan kanannya dan perisai PIMNAS pada tangan kirinya, seperti yang tergambar disisi kanan tulisan ini.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Categories: cerita

About sakinah

Berkarya di Universitas Terbaik

PROFIL AKU

sakinah

Berkarya di Universitas Terbaik


Popular Posts

puisi tentang Negeri

Negeri Ku Aku tercengang, aku takjub Dan aku terkagum Eloknya bumi yang menyimpan ...

Penerima Beasiswa Ke

Ini adalah kisah seorang mahasiswi yang mendapatkan beasiswa dari salah ...

Perilaku Komunikasi

A.    Latar Belakang Budaya Suku Madura Madura adalah nama pulau yang ...

Orasi Ilmiah

Akan ada Orasi Ilmiah di gedung Sportorium UMY yang akan ...

Tulisan Beritaku Dim

Nggak nyangka..benar-benar nggak nyangka. Tulisan berita tentang Langgam Jawa yang ...