Bouble nih ceritanya..karena kemarin malam gak sempat nulis karena laptponya lagi dibawa teman..

Kemarin tepatnya selasa 10 Juli 2012 jam 08.00-10.00 adalah pembukaan Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke-25 di Sportorium, eh tepatnya di halaman depan Sportorium dink, hehe. Gubernur DIY Sri Sultan Hameng Kubuwono X memang gak datang, tapi sudah diwakili oleh sekretaris daerah, Drs. Ichanuri . Nah sedangkan yang rencananya mau dibuka sama menteri pendidikan dan kebudayaan..ternyata pak menterinya gak bisa datang juga karena ada acara lain. Dan akhirnya diwakili oleh wakilnya sendiri di Bidang Pendidikan, Musliar Kasim . Yang unik dalam pembukaan PIMNAS XXV kali ini adalah pembukaannya ditandai dengan pemukulan Lesung secara bersama-sama oleh Rektor UMY (Dasron Hamid), Wakil Menteri (WaMen) bidang Pendidikan (Musliar Kasim), dan Sekretaris Daerah (Drs. Ichanuri) mewakili Sri Sultan HB X. Setelah pemukulan lesung ini langsung ada penyerahan gunungan wayang dari Rektor UMY.

Setelah itu ada penampilan dari Paduan Suara UMY ‘Sun Shine Voice’ yang menyanyikan lagu “Yogyakarta” yang juga dinyanyikan oleh Pasha ‘Ungu’ dan Kla Project. Kemudian langsung disambut lagi dengan penampilan Drum Corps UMY yang diiringi lagunya Cokelat ‘Bendera’, serta potongan irama lagu Sang Surya, dan Laskar Pelangi.

Dalam pembukaan PIMNAS ke-25 ini juga ada pengenalan maskot PIMNAS 25 yang diperagakan oleh orang asli dengan mengenakan kostum maskot PIMNAS (pasukan Wirabraja). Stelah pengenalan maskot ini dilanjutkan dengan penyerahan piala ‘Adhikarta Kertawidya’ atau piala bergilir Menteri Pendidikan Nasional untuk juara umum PIMNAS. Piala ini bergilir diberikan dari Rektor UGM kepada Direktur DP2M Dirjen Dikti RI, lalu diserahkan kepada Rektor UMY selaku tuan rumah. Dan setelah itu, pada siapa piala itu diberikan? Tunggu besok hari kamis malam jum’at (12/7) tepatnya pada malam penutupan PIMNAS 25.

Setelah pembukaan PIMNAS 25 usai, selanjutnya langsung disambut oleh tarian gebyar nusantara yang dibawakan oleh 50 penari dari berbagai perguruan tinggi di Yogyakarta. Dan tarian itu mencerminkan bahwa Jogjakarta sebagai Indonesia mini. Karena di akhir penampilan, semua penari menyanyikan lagu “Padamu Negeri” disertai bendera merah putih yang dikibarkan oleh beberapa penari yang berada di belakang atau tepatnya di belakang monumen 1 abad Muhammadiyah.

Penampilan tarian berakhir, pembukaan pameran produk PKM dan Non-PKM pun akhirnya juga dibuka. Sedangkan untuk bazarnya sendiri sudah mulai dibuka beberapa jam sebelumnya. Dan setelah itu juga presentasi PKM yang lolos PIMNAS sudah dimulai untuk sesi pertama pada hari kedua.

Ada 18 kelas yang digunakan untuk presentasi ini. Di kampus selatan UMY atau di Fisipol dan hukum ada 5 kelas. Sedangkan di kampus utara atau di fakultas Teknik,  Kedokteran, ada 15 kelas. Melihat dan menyaksikan para mahasiswa yang mempresentasikan hasil PKM nya saya merasa sangat senang sekali. Meskipun tahun ini belum bisa menjadi peserta dan mengikuti PIMNAS sebagai peserta, tapi ikut masuk ke ruang presentasi dan menyaksikan mereka presentasi sudah cukup mengobati kesedihan hati. Karena memang yang lolos ke PIMNAS ini adalah orang-orang yang punya ide kreatif dan mereka benar-benar melakukan dan mengaplikasikan kekreatifan mereka secara maksimal hingga akhirnya mereka dapat membuat sebuah produk baru yang mungkin bahkan untuk kita itu tidak mungkin.

Tapi itulah sebenarnya pemuda-pemuda Indonesia, seharusnya memang mampu dan bisa memiliki ide-ide kreatif untuk membantu kemajuan negara ini. Karena dengan begitu, siapa tahu kita dapat bersaing dengan negara-negara maju lainnya.

Presentasi ini berlangsung selama 2 hari, hari selasa dan rabu. Dan rabu (11/7) tadi pagi sejak jam 8 pagi presentasi sudah dimulai lagi. Tapi untuk akhir presentasi ini tidak sama. Karena ada satu kelas yang kemungkinan sudah selesai pada  jam 1 siang tanpa jeda istirahat seperti tadi yang terjadi di kelas presentasi PKMP yang berada di ruang teknik F4 lantai 1 ruang 8.

Meski waktu berakhirnya tidak sama, namun yang pasti hari ini atau sore tadi adalah waktu terakhir presentasi. Dan keesokan harinya, kamis (12/7) pagi sampai siang adalah waktu untuk penjurian poster produk PKM yang sudah dipamerkan sejak hari selasa kemarin di dalam gedung Sportorium UMY. Dan yang trlihat jelas pada malam ini adalah…para peserta PIMNAS 25 yang tinggal di Unires Selatan atau Unires Putri menjadi sepi,,,mungkin karena presentasi mereka sudah selesai dan mereka mulai bisa pergi jalan-jalan kemana mereka mau. Tapi itu masih mungkin sih ya…karena tadi saya hanya mendengar perkataan beberapa mahasiswi yang sedang bertanya jalur di Jogja pada satpam Unires.

Akhirnya, tinggal hari besok dah ni… jam 9 pagi ada studium general ke 2. Dan malam harinya penutupan PIMNAS 25..gak terasa udah selesai ya…dan..saya besok juga harus siap-siap untuk meliput beberapa kegiatan yang sudah ditugaskan..

So, Fighting..! and.. Gambatte Kudasai…!

Categories: cerita

About sakinah

Berkarya di Universitas Terbaik

PROFIL AKU

sakinah

Berkarya di Universitas Terbaik


Popular Posts

puisi tentang Negeri

Negeri Ku Aku tercengang, aku takjub Dan aku terkagum Eloknya bumi yang menyimpan ...

Penerima Beasiswa Ke

Ini adalah kisah seorang mahasiswi yang mendapatkan beasiswa dari salah ...

Perilaku Komunikasi

A.    Latar Belakang Budaya Suku Madura Madura adalah nama pulau yang ...

Orasi Ilmiah

Akan ada Orasi Ilmiah di gedung Sportorium UMY yang akan ...

Tulisan Beritaku Dim

Nggak nyangka..benar-benar nggak nyangka. Tulisan berita tentang Langgam Jawa yang ...