Malam penutupan PIMNAS ke-25 kali ini memang sangat mewah dan spektakuler. Terlebih tempat pelaksanaan malam penutupan ini di Sportorium UMY yang memang sangat megah sekali. Selain itu malam penutupan yang diselenggarakan pada hari Kamis (12/7) malam, ada penampilan dan persembahan kolaborasi dari Orchestra dan Paduan Suara UMY serta gamelan anak yang saya akui memang sangat keren dan luar biasa sekali.

Dalam penutupan PIMNAS kali ini, wakil rektor 3 UMY, bapak Sri Atmaja juga menyampaikan bahwa tema PIMNAS ke-25 mengambil tema “Budaya Inovasi Membangun karakter Bangsa Mandiri” tidak lain adalah dengan harapan bahwa para mahasiswa dapat terus terdorong dalam budaya inovasi dan kreativitas. Karena hal ini juga merupakan upaya dalam rangka memperkokoh karakter bangsa, kompetensi bangsa dan martabat bangsa Indonesia.

Penutupan PIMNAS pada malam itu juga disiarkan secara langsung melalui Live Streaming di stream.umy.ac.id, selain itu pada malam itu juga penutupan PIMNAS ke-25 sudah ditonton oleh 500 orang melalui layanan Live Streaming yang disediakan oleh UMY. Namun sebenarnya layanan Live Streaming ini juga sudah mulai ditayangkan dan bisa diakses ketika penilaian presentasi tim PKM peserta PIMNAS dilakukan, yakni pada hari selasa dan rabu (10-11/7). Layanan Live Streaming ini tidak hanya dapat dilihat oleh kalangan nasional Indonesia sendiri, tapi juga bisa dilihat oleh orang-orang yang berada diluar teritorial Indonesia atau sudah bisa dilihat secara internasional. Hal ini dilakukan oleh UMY semata-mata adalah untuk membuktikan bahwa Indonesia adalah bangsa yang besar dan mampu bersaing dengan negara maju lainnya. Adapun Live Streaming ini dapat diakases di www.stream.umy.ac.id

Setelah pak Sri Atmaja menyampaikan sambutan, lanjut lagi ke sambutan Rektor kita, Rektor UMY Bapak Dasron Hamid. Dalam sambutannya ada beberapa hal yang disampaikan oleh beliau, seperti bahwa pada malam penutupan PIMNAS kali itu akan diumumkan juga pemenang dari para peserta lomba Non-PKM, Poster PKM dan Presentasi PKM. Kemudian juga pada malam itu akan diserahkan piala Adhikarta Kertawidya kepada sang juara umum nantinya. Pak Rektor juga menyampaikan bahwa bagi peserta PIMNAS yang belum menang agar tidak berkecil hati, karena kesempatan masih lebar dan beliau juga berpesan agar terus berkarya untuk PIMNAS ke-26 berikutnya. Hal ini sepertinya juga tidk luput bagi mahasiswa-mahasiswinya sendiri di UMY. Karena kita juga tahu bahwa pada PIMNAS ke-25 di UMY kali ini, mahasiswa UMY yang lolos ke PIMNAS hanya dari 4 tim dari sekian banyak tim PKM yang lolos didanai (121 tim).

Sambutan ketiga juga disampaikan oleh Direktur Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (DP2M) Prof. Agus Subekti, M.Sc, Ph. D. Dalam sambutannya beliau menuturkan bahwa PIMNAS 25 di UMY kali ini sudah berjalan dengan sangat baik. Dan hal ini tentunya juga tidak akan berjalan secara baik jika tidak ada pengorganisasian yang baik dan sehat pula. Selain itu, yang membahagiakan juga beliau mengatakan bahwa UMY menjadi standarisasi untuk pelaksanaan PIMNAS pada tahun-tahun berikutnya. Dan yang menyenangkan juga bagi para peserta, bahwa karya-karya mereka akan segera dipatenkan pada bulan Agustus mendatang. Dan proses patennya juga akan dibiayai oleh DP2M.

Dari hasil kuisioner yang dibagikan pada para juri dan peserta PIMNAS mengenai pelaksanaan PIMNAS 25 di UMY juga sudah banyak sekali yang mengatakan bahwa PIMNAS tahun ini baik dan sudah sukses. Meski mungkin ada sedikit kekurangan pada satu dua hal, namun kedepannya hal itu juga bisa diperbaiki.

Dalam penutupan ini yang ditunggu-tunggu pun tiba..pengumuman pemenang produk Non-PKM, poster PKM dan Presentasi PKM.

Categories: cerita, News

About sakinah

Berkarya di Universitas Terbaik

PROFIL AKU

sakinah

Berkarya di Universitas Terbaik


Popular Posts

puisi tentang Negeri

Negeri Ku Aku tercengang, aku takjub Dan aku terkagum Eloknya bumi yang menyimpan ...

Penerima Beasiswa Ke

Ini adalah kisah seorang mahasiswi yang mendapatkan beasiswa dari salah ...

Perilaku Komunikasi

A.    Latar Belakang Budaya Suku Madura Madura adalah nama pulau yang ...

Orasi Ilmiah

Akan ada Orasi Ilmiah di gedung Sportorium UMY yang akan ...

Tulisan Beritaku Dim

Nggak nyangka..benar-benar nggak nyangka. Tulisan berita tentang Langgam Jawa yang ...