Tulisan berita yang ke-4

Program Pasca Sarjana UMY Selenggarakan Bedah Buku “Gerakan Keilmuan Islam Modern di Indonesia”

Merupakan sebuah kebiasaan di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), jika ada salah seorang dosennya yang telah menyelesaikan sebuah buku, maka akan dibedah secara internal. Bedah buku yang diselenggarakan oleh Pasca Sarjana UMY kali ini, mengangkat buku keenam yang telah ditulis oleh Dr. Arif Budi Raharja, M.Si.

Buku keenam Dr. Arif Budi Raharja, M.Si dengan judul “Gerakan Keilmuan Islam Modern Di Indonesia” dibedah dan dibahas oleh Sus Budiharto, M. Psi. Acara ini dilaksanakan di gedung AR. Fakhruddin lantai 5 dan dihadiri oleh beberapa dosen serta mahasiswa S2 dan S3, Sabtu (30/06).

Latar belakang ditulisnya buku ini adalah berdasar pada rasa keingintahuan Dr. Arif Budi Raharja, M.Si tentang kinerja Perguruan Tinggi Islam (PTI) sebagai transformasi dan pengembangan ilmu. Selain itu, polemik keilmuan Islam pada tingkat konseptual dan praksis menjadi topik yang belum pernah selesai dibahas, menjadi daya tarik tersendiri baginya dalam menuntaskan penulisan buku ini.

Buku yang ditulis oleh Dr. Arif Budi Raharja, M.Si ini memiliki tiga keyword penting seperti yang disampaikan dalam acara bedah buku hari ini. “keyword dari buku saya ini adalah “Gerakan Keilmuan” yang merupakan realitas historis keilmuan, sebagai respon atas realitas tersebut dan menjadi sebuah keyakinan. “Worldview” yang merupakan keyword dari intelektual dan menjadi tujuan utama dalam pendidikan Islam. Dan terakhir “Psikologi” yang merupakan bidang keilmuan yang dinamis dan paling strategis dalam wacana keilmuan Islam ,” jelas Arif yang juga merupakan Kepala Prodi MSI UMY.

Dalam buku ini juga membahas tentang Periodisasi sejarah gerakan keilmuan Islam dan pola gerakan keilmuan Islam modern. Dr. Arif Budi Raharja, M.Si membaginya dalam empat periode. Periode pertama adalah Gerakan Keilmuan Islam pada periode awal, periode kedua adalah Gerakan Keilmuan pada periode pertengahan, periode ketiga adalah Gerakan Keilmuan Modern, dan periode keempat adalah Gerakan Keilmuan Modern.

Buku “Gerakan Keilmuan Islam Modern Di Indonesia” yang juga merupakan hasil disertasi ini didasarkan pada penelitian terhadap dua subjek penelitian yakni dosen dan mahasiswa dari PTI dan PTU (Perguruan Tinggi Umum) yang memiliki program studi Psikologi. Perguruan tinggi tersebut diantaranya adalah Universitas Ahmad Dahlan (UAD), Universitas Islam Indonesia (UII), Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga (UIN Yogyakarta) dan Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS). Sedangkan dari PTU adalah Universitas Gadjah Mada (UGM) yag juga sebagai kontrol dari sampel penelitian tersebut.

Dalam acara bedah buku ini, Sus Budiharto, M.Psi selaku Dekan Fakultas Psikologi UII dan pembahas atau pembedah buku “Gerakan Keilmuan Islam Modern Di Indonesia”, mengganti tema dari buku tersebut menjadi “Evaluasi Gerakan Keilmuan Psikologi Islam Di Indonesia.” Karena menurutnya, pembahasan dalam buku karya Dr. Arif Budi Raharja, M.Si ini lebih mengacu pada masalah mengenai psikologi.

Sus Budiharto, M.Psi juga memberikan catatan pada buku karya Kepala Prodi MSI UMY ini. Sus Budiharto, M.Psi mengatakan, “Hasil dan rekomendasi penelitian dari buku atau disertasi ini sangat berguna bagi responden. Selain itu, buku ini juga dapat dijadikan dasar bagi PTI penyelenggara program studi Psikologi untuk melakukanContinous Improvement, sebagai perbaikan dari segi penyelenggaraan pendidikannya,” ungkapnya. (sakinah)

Categories: Jurnalistik, News

About sakinah

Berkarya di Universitas Terbaik

PROFIL AKU

sakinah

Berkarya di Universitas Terbaik


Popular Posts

puisi tentang Negeri

Negeri Ku Aku tercengang, aku takjub Dan aku terkagum Eloknya bumi yang menyimpan ...

Penerima Beasiswa Ke

Ini adalah kisah seorang mahasiswi yang mendapatkan beasiswa dari salah ...

Perilaku Komunikasi

A.    Latar Belakang Budaya Suku Madura Madura adalah nama pulau yang ...

Orasi Ilmiah

Akan ada Orasi Ilmiah di gedung Sportorium UMY yang akan ...

Tulisan Beritaku Dim

Nggak nyangka..benar-benar nggak nyangka. Tulisan berita tentang Langgam Jawa yang ...