Sudah lama saya tidak memposting tulisan lagi. Kali ini saya hanya akan memposting beberapa tulisan hasil liputan saya dilapangan. Lebih gampangnya tulisan dalam bentuk berita,,hehe. Tapi tulisan-tulisan berita yang akan saya posting nantinya, itu adalah tulisan-tulisan yang sudah pernah saya tuliskan untuk Biro Humas UMY. Tapi semoga ini nantinya bisa tetap bermanfaat baik untuk diri saya pribadi atau pun teman-teman yang membaca dan mengunjungi blog saya. Terima Kasih…  😉

Gelar Festival Demi Memajukan Ekonomi Islam

YOGYAKARTA – Dalam rangka membangun silaturrahim demi memajukan ekonomi Islam, Himpunan Mahasiswa Jurusan Ekonomi Perbankankan Syari’ah (HMJ-EPI) Fakultas Agama Islam (FAI) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) menggelar acara Festival Ekonomi Syari’ah. Acara yang dimulai sejak 10 Mei 2012 dengan rangkaian lomba Debat, Ranking 1, Essai, dan Stand Up Comedy (ekonomi) ini berakhir dengan diadakannya Seminar Nasional dengan tema “Pemberdayaan Ekonomi Untuk Siapa?”, Sabtu (12/12).

Seminar Nasional yang bertempat di Ruang Komisi Acara Gedung Asri Medical Centre (AMC)lantai 3 ini, dihadiri oleh Bapak Riyadi Ida Bagus Salyo Subali, Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disperindagkop dan UKM) sebagai perwakilan Keynote Speaker Sri Sultan Hamengku Buwono X. Hadir pula dalam acara seminar ini Drs. HM. Idham Samawi (Bupati Bantul periode 2000-2010), Muhammad Edhie Purnawan MA.PhD (ekonom), Dr. Rifki Ismal (Direktorat Perbankan Syari’ah Bank Indonesia), H.M. Imasastra Mihajad, Lc, PDIBF, MscFin, PhD.c (ekonom), dan Hilman Lathief, MA.PhD (Dosen FAI UMY) sebagai pembicara seminar.

Dalam sambutan pembuka Kepala Biro Kemahasiswaan, Alumni, dan Pengembangan Karir UMY, M.Haris Aulawi, SH. MHum sebagai perwakilan Rektor UMY menyatakan bahwa Ekonomi Syari’ah saat ini bukan lagi hanya sebagai alternatif akan tetapi menjadi solusi untuk membangun bangsa.

Pernyataan Haris ini senada dengan pernyataan Sri Sultan Hamengku Buwono X yang disampaikan oleh Riyadi Ida Bagus Salyo Subali yang mengatakan, “krisis ekonomi di dunia yang menyebabkan timbulnya kemiskinan dapat dicegah dengan satu hal. Dan salah satu yang diyakini sebagai solusi adalah sistem perekonomian Islam.”

Sementara Idham Samawi sebagai pembicara dalam seminar nasional ini mengajak para mahasiswa khususnya untuk menjadi seorang pemimpin yang amanah dan benar yang selalu berpihak pada rakyatnya yang tertindas, teraniaya, dan termarginalkan. “Harapan saya bagi para calon pemimpin ini, adalah bagaimana cara kalian untuk memahami esensi merdeka dan apa yang akan kalian lakukan ketika menjadi pemimpin?” tutur Idham.

Acara seminar nasional ini juga dihadiri oleh mahasiswa UMY dan beberapa mahasiswa dari universitas lain di luar Yogyakarta yang juga menjadi peserta lomba dalam Festival Ekonomi Syari’ah, seperti UIN Malang, UNAIR, STEI SEBI Jakarta, STAIN Purwokerto, STIKES ALMA ATA, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, STEI HAMFARA, STEI Yogyakarta, dan UII.

Mufti, selaku ketua panitia penyelenggara acara Festival Ekonomi Syari’ah yang ditemui saat pertengahan acara menyatakan harapannya untuk perkembangan ekonomi Indonesia ke depan, “kami ingin menyamakan visi dan misi dengan para ekonom-ekonom Rabbani Indonesia, sehingga kami mempunyai satu tujuan yang sama bagaimana membentuk perekonomian Indonesia yang maju dan sejahtera,” katanya.

Karena, lanjutnya lagi, hal itu juga bergantung pada kita sebagai orang-orang yang menegakkan ekonomi khususnya ekonomi Islam.

Para mahasiswa juga menyambut dengan antusias acara seminar nasional ini, “selama tiga hari acara Festival Ekonomi Syari’ah ini, yang paling berkesan buat saya adalah acara seminar nasional ini. Karena pembicaranya mantap-mantap, dan isi pembicaraannya pun mantap,” jelas Eva, salah seorang peserta dari STEI SEBI Jakarta. (sakinah)

Categories: Jurnalistik, News

About sakinah

Berkarya di Universitas Terbaik

PROFIL AKU

sakinah

Berkarya di Universitas Terbaik


Popular Posts

puisi tentang Negeri

Negeri Ku Aku tercengang, aku takjub Dan aku terkagum Eloknya bumi yang menyimpan ...

Penerima Beasiswa Ke

Ini adalah kisah seorang mahasiswi yang mendapatkan beasiswa dari salah ...

Perilaku Komunikasi

A.    Latar Belakang Budaya Suku Madura Madura adalah nama pulau yang ...

Orasi Ilmiah

Akan ada Orasi Ilmiah di gedung Sportorium UMY yang akan ...

Tulisan Beritaku Dim

Nggak nyangka..benar-benar nggak nyangka. Tulisan berita tentang Langgam Jawa yang ...