Berita PIMNAS 25 UMY

Posted by sakinah 0 Comment

selanjutnya…tulisan berita yang berkenaan dengan Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke-25 di UMY.

 

Bioetanol Sebagai Bahan Bakar Alternatif

Tumbuh-tumbuhan umumnya hanya dijadikan hiasan baik ditaman atau di dalam ruangan. Kulit buah dan batang sayuran, umumnya juga akan dibuang setelah buah dan sayurnya sudah kita makan dan kita olah. Tapi sedikit yang tahu bahwa ternyata yang umumnya kita anggap sampah dapat menghasilkan sebuah bahan bakar alternatif pengganti bensin atau Bahan Bakar Minyak (BBM).

Sebuah inovasi baru yang ditemukan oleh sekelompok Mahasiswa Universitas Airlangga (UNAIR) Surabaya berupa alat Biosteam Converter mampu mengubah bahan-bahan sampah menjadi sebuah bahan bakar kendaraan. Alat inilah yang berguna mengubah bioetanol atau yang lazim dikenal dengan alkohol cair menjadi uap agar bisa digunakan pada kendaraan.

Biosteam Converter yang kini telah dipasangkan pada becak motor oleh Moch. Umar Safari, Muh. Wildan Yahya, Ardhy Purwo Nugroho, dan Moch. Badowi itu kini juga tengah dikompetisikan di ajang Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke-25 yang diselenggarakan di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) hingga Sabtu (14/7) besok.

Program Kreativitas Mahasiswa bidang Teknologi (PKM-T) dengan judul PKM “Becak Bio Steam: Inovasi Becak Motor Berbahan Bakar Bioetanol Dengan Menggunakan Kombinasi Mesin Motor 2-Tak Dan ketel Uap” yang diketuai oleh Moch. Umar Safari ini menggunakan aplikasi kendaraan berupa becak, karena becak menurutnya adalah sarana kendaraan yang khas Indonesia. “Saat ini juga ada fenomena baru berupa becak motor, dan kami menyimpulkan bahwa ini sebenarnya wujud dari Biosteam tadi, yang mana Biosteam tadi menjadikan Bioetanol sebagai bahan bakarnya,” tutur Safari saat ditemui disela-sela waktu istirahat untuk presentasi karya PKM yang lolos ke PIMNAS, Selasa (10/7). Selain itu, becak yang dipasangi alat Biosteam ini juga dapat berjalan hingga 60 km perjam.

Selain sebagai bahan pengganti alternatif dari bensin dan BBM yang persediaannya terbatas, Bioetanol ini juga memiiliki keunggulan lain seperti bahan bakunya yang terbuat dari tumbuh-tumbuhan dan sampah organik. Sehingga bahan bakar dari Bioetanol ini dapat diperbaharui serta ramah lingkungan karena memiliki gas buang atau emisi yang rendah.

Ide pembuatan alat Biosteam untuk menjadikan Bioetanol sebagai bahan bakar kendaraan ini pun bermula dari terbatasnya produsen Bioetanol dalam mendistribusikan Bioetanolnya pada konsumen. “Mitra kami ingin memproduksi Bioetanol dalam jumlah banyak tapi terbatas, karena permintaan yang masih kurang dan masyarakat yang umumnya masih belum tahu kegunaan Bioetanol ini. Padahal Bioetanol ini sangat bermanfaat,” tutur R. Arif Wibowo selaku dosen pendamping mahasiswa UNAIR dalam PIMNAS 25 ini untuk bidang PKMT.

Kendaraan bermotor, kata Arif lagi, pada dasarnya dapat dijalankan menggunakan Bioetanol dengan kadar 99 persen dengan campuran etanol 15 persen dan bensin 85 persen sesuai anjuran pemerintah. Namun kendaraan yang menggunakan Bioetanol 96 persen dengan campuran etanol dan bensin yang masing-masing 50 persen, sudah bisa dijalankan. Bahkan dengan Bioetanol 100 persen murni tanpa campuran bensin, kendaraan juga sudah bisa dijalankan meskipun kurang maksimal.

Pada saat yang sama, Wildan, anggota PKMT ini juga menjelaskan bahwa Bioetanol yang digunakan sebagai bahan bakar alternatif oleh mereka direncanakan pula untuk diproduksi massal. “Untuk kedepannya, Bioetanol ini ingin kami produksi secara massal dan dipakai pada berbagai macam kendaraan bermotor. Dan kemungkinan besar juga akan kami pasarkan pada masyarakat umum,” jelas Wildan.

Categories: Jurnalistik, News

About sakinah

Berkarya di Universitas Terbaik

PROFIL AKU

sakinah

Berkarya di Universitas Terbaik


Popular Posts

puisi tentang Negeri

Negeri Ku Aku tercengang, aku takjub Dan aku terkagum Eloknya bumi yang menyimpan ...

Penerima Beasiswa Ke

Ini adalah kisah seorang mahasiswi yang mendapatkan beasiswa dari salah ...

Perilaku Komunikasi

A.    Latar Belakang Budaya Suku Madura Madura adalah nama pulau yang ...

Orasi Ilmiah

Akan ada Orasi Ilmiah di gedung Sportorium UMY yang akan ...

Tulisan Beritaku Dim

Nggak nyangka..benar-benar nggak nyangka. Tulisan berita tentang Langgam Jawa yang ...