Berita PIMNAS (4)

Posted by sakinah 0 Comment

IPB Tetap Syukuri Peringkat Kedua PIMNAS XXV

Hymne Institut Pertanian Bogor (IPB) dinyanyikan seluruh mahasiswa tidak lama setelah mereka dinyatakan sebagai Runner-Up Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke-25 di lobi Sportorium Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY). Ditempat yang sama, mereka juga melakukan sungkeman kepada para dosen pembimbing sebagai ungkapan rasa syukur meski target juara umum tidak dapat mereka raih.

Pihak IPB tetap bersyukur atas peringkat yang diraihnya, walaupun harus rela berada dibawah Universitas Brawijaya (UB) sebagai juara umum. Institusi berharap menjadi juara dalam PIMNAS tahun depan dengan melakukan persiapan yang lebih matang.

Hal tersebut diungkapkan oleh Dr. Rimbawan, Direktur Kemahasiswaan IPB saat sedang menikmati santapan kuliner di depan Sportorium UMY, Kamis malam (12/7). Menurutnya, kontingen IPB telah melakukan yang terbaik dalam PIMNAS tahun ini.

Rimbawan menambahkan bahwa untuk tampil di PIMNAS, pihaknya telah melakukan persiapan sejak dini. Persiapan tersebut antara lain dengan menggelar Pekan Ilmiah Mahasiswa IPB untuk menyeleksi proposal yang akan masuk DIKTI. Selain itu, proses karantina selama 3 hari menjadi persiapan peserta PIMNAS dari perguruan tinggi ini sebelum berlaga di UMY. Hal itu dilakukan untuk meraih target mereka menjadi juara umum.

“Mahasiswa kami sudah baik dalam presentasi yang dibawakan. Mengenai kategori poster kami masih perlu belajar dan melakukan pelatihan tentang kiat membuat Poster. Kami tetap bangga walaupun tidak menjadi juara umum,” tambahnya.

Ketua dari salah satu tim peserta PIMNAS IPB yang mendapatkan emas pada kategori presentasi Program Kreatifitas Mahasiswa Teknologi (PKMT) 3, Asep Andi menyatakan bahwa peringkat tersebut dapat diraih karena usaha keras seluruh kontingen dan dukungan penuh dari IPB.  “Seminggu sebelum PIMNAS kami harus memperbaiki alat dan itu membutuhkan dana. Beruntung kami mendapatkan bantuan dari pihak kampus.” terangnya.

IPB berhasil meraih ketiga mendali penghargaan untuk presentasi Program Kreatifitas Mahasiswa Gagasan Tulisan (PKMGT) 1. “Lima dari sepuluh tim yang lolos PKMGT adalah dari IPB. Meskipun  beda tim kami saling membantu dalam proses persiapan maupun saat bertanding. Itu yang menjadi kunci sukses kami.” terang Mujibur Rahman, peraih emas dalam kategori ini.

IPB yang mengirimkan 31 tim ini mendapatkan 5 penghargaan setara emas, 3 perak, dan 2 perunggu pada penilaian presentasi, sedangkan pada penilaian poster IPB memeperoleh 1 emas, 2 perak, dan 1 perunggu. Dengan begitu total penghargaan yang mereka bawa adalah 6 emas, 5 perak, dan 3 perunggu.

Pada tempat yang berbeda, Ardiansyah Purnama, salah satu mahasiswa IPB yang meraih penghargaan setara emas dibidang PKM Karsa Cipta (PKM-KC) mengungkapkan kegembiraannya mengikuti PIMNAS 25 kali ini. “Alhamdulillah, cukup senang mengikuti PIMNAS tahun ini meskipun belum bisa jadi juara umum. Tapi yang terpenting  dalam mengikuti sebuah kompetisi dibutuhkan mental juara,” tutur Ardi.

Beberapa kontingen dari IPB yang ditemui seusai Closing Ceremony juga mengaku bahwa mereka cukup puas atas peringkat yang diraih institusinya. Namun, menurut mereka masih memiliki banyak kekurangan yang harus diperbaiki seperti dalam hal teknologi dalam presentasi dan pembuatan poster. “Dari universitas lain sudah memakai flash untuk presentasi. Tahun depan perwakilan kami harus lebih memanfaatkan tekhnologi.” pungkas Firda, mewakili teman-temannya.

 

Categories: Jurnalistik, News

About sakinah

Berkarya di Universitas Terbaik

PROFIL AKU

sakinah

Berkarya di Universitas Terbaik


Popular Posts

puisi tentang Negeri

Negeri Ku Aku tercengang, aku takjub Dan aku terkagum Eloknya bumi yang menyimpan ...

Penerima Beasiswa Ke

Ini adalah kisah seorang mahasiswi yang mendapatkan beasiswa dari salah ...

Perilaku Komunikasi

A.    Latar Belakang Budaya Suku Madura Madura adalah nama pulau yang ...

Orasi Ilmiah

Akan ada Orasi Ilmiah di gedung Sportorium UMY yang akan ...

Tulisan Beritaku Dim

Nggak nyangka..benar-benar nggak nyangka. Tulisan berita tentang Langgam Jawa yang ...