Bulan Ramadhan menjadi satu-satunya bulan di bulan Hijriyah yang selalu dirindukan kedatangannya oleh umat Muslim seluruh dunia. Mengapa? Tentunya karena di bulan ini, pahala ibadah dan amal kebaikan kita dilipatgandakan oleh Allah. Pada bulan ini juga yang Allah SWT banyak menurunkan rahmat-Nya. Dan satu lagi, bulan ini juga merupakan bulan yang penuh ampunan dari Allah SWT. Itulah kenapa bukan menjadi sesuatu yang asing lagi, kalau pada bulan ini, umat Islam saling berlomba-lomba melakukan ibadah dan amal kebaikan. Amal kebaikan yang biasanya sangat terlihat pada bulan Ramadhan ini adalah meningkatnya jumlah umat Islam yang memberikan sedekah.

Tapi mungkin, untuk hal yang bernama sedekah ini, kita juga perlu hati-hati. Karena khawatir kalau ternyata ada sedikit rasa riya’ atau ingin dilihat oleh orang lain bahwa kita dermawan, lalu kita berlomba-lomba memperbanyak sedekah. Kedua, yang patut menjadi pertanyaan bagi kita sendiri adalah, apakah kita hanya akan memperbanyak sedekah saat bulan Ramadhan saja? Karena tahu bahwa pahalanya juga akan berlipat ganda? Hm..semoga saja kita masih mampu memberikan sedekah pada bulan-bulan lain, di luar bulan Ramadhan. Tentunya juga bukan karena mengharapkan imbalan yang lebih dari sedekah yang kita berikan.

Beramal di bulan Ramadhan ini tidak melulu harus dengan sedekah. Masih banyak hal lain yang bisa kita lakukan di bulan ini. Coba saja kita tengok ke masjid-masjid di sekitar kampung atau desa kita. Saat sore hari, masjid selalu ramai dengan tawa riang anak-anak usia Playgroup, TK, SD, bahkan ada juga yang sudah memasuki usia SMP. Mereka bukan hanya bermain di masjid sambil menunggu waktu berbuka puasa. Tapi saat itu, mereka juga belajar hal lain, baik itu tentang Islam, Ibadah, amal-amal kebaikan, jiwa kompetitif dan sportivitas. Namun, pembeljaran pada mereka dibalut melalui permainan, sehingga mereka merasa senang dan tidak merasa keberatan dengan pelajaran yang disampaikan. Nah, hal semacam ini tentunya juga bisa kita lakukan. Sembari menularkan ilmu yang kita miliki pada adik-adik itu, dari situ kita juga bisa belajar cara berkomunikasi yang baik dengan anak kecil. Meskipun ada juga sih yang kadang tingkahnya over active,,,  dan menghadapi anak yang punya tingkah seperti itu, ternyata ada caranya sendiri.

Selain dua hal di atas tadi, di bulan Ramadhan ini menjadi saat-saat bagi kita untuk belajar mengkhatamkan bacaan Al-Quran dalam waktu 1 bulan. Dari sini, ternyata kita juga bisa belajar memanfaatkan waktu dengan baik. Kita bisa mengambil waktu di sela-sela kesibukan kita untuk tetap berkomunikasi dengan pencipta kita melalui membaca al-Quran itu. Misalkan saja, saat tengah menunggu waktu shalat atau seusai melaksanakan shalat, kita bisa membaca al-Quran sembari mentadabburi ayat-ayat yang kita baca. Meskipun tidak semuanya, tapi sedikit-sedikit mentadabburi ayat yang kita baca ternyata dapat membuka pikiran kita tentang kekuasaan dan kasih sayang Allah SWT kepada kita. Salah satu dari kita mungkin pernah mengalami masa-masa sulit, entah dalam bentuk apapun itu, kemudian kita berdoa kepada Allah dalam shalat dan sujud kita, dan seusai shalat serta berdoa pada Allah kita mencoba untuk membaca al-Quran, dan ternyata saat kita membaca ada satu atau dua ayat yang seolah menjadi jawaban atas apa yang kita adukan pada Allah. Disitulah kemudian kita akan tersadar bahwa hal itu adalah petunjuk dari Allah SWT.

So, dengan kata lain…masih banyak amal kebaikan lainnya yang bisa kita lakukan di bulan Ramadhan ini. Yuk sama-sama kita jadikan bulan ini menjadi bulan yang benar-benar penuh barokah bagi sesama, lingkungan, dan diri kita sendiri.

😉

 

 

Categories: Artikel Bebas

About sakinah

Berkarya di Universitas Terbaik

PROFIL AKU

sakinah

Berkarya di Universitas Terbaik


Popular Posts

puisi tentang Negeri

Negeri Ku Aku tercengang, aku takjub Dan aku terkagum Eloknya bumi yang menyimpan ...

Penerima Beasiswa Ke

Ini adalah kisah seorang mahasiswi yang mendapatkan beasiswa dari salah ...

Perilaku Komunikasi

A.    Latar Belakang Budaya Suku Madura Madura adalah nama pulau yang ...

Orasi Ilmiah

Akan ada Orasi Ilmiah di gedung Sportorium UMY yang akan ...

Tulisan Beritaku Dim

Nggak nyangka..benar-benar nggak nyangka. Tulisan berita tentang Langgam Jawa yang ...