MATERI PENDIDIKAN

Wednesday, 25 Jan 2012 By: samsul

MATERI PENDIDIKAN

 

 

A.Pendahuluan

Didalam suatu pendidikan materi pendidikan itu sangat penting sesudah tujuan pendidikan di tentukan maka dengan otomatis materilah yang harus diperhatikan lagi .berbicara tentang materi pendidikan sama dengan kita membicarakan kurikulum karena kurikulum berasal dari bahasa Latin curriculum yang artinya bahan pengajaran

Seorang pendidikan Tidak cukup untuk hanya mempunyai kemampuan untuk membuat rumusan tujuan pengajaran ,ia juga harus menguasai bahan pengajaran.Bahkan rumusan tujuan itu sebenarnya diilhami antara lain oleh bahan pengajaran.[1]

Sesungguhnya mengajar bukan perbuatan yang sederhana ,bila mengajar ingin menerapkan konsep prinsip cepat dan tepat harus menguasai materi pendidikan karena kusulitan akan muncul apabila seorang guru dalam mengajarkan ilmu kepada murid kalau dia tidak menguasai bahan pengajaran atau materi pendidikan

Adapun tujuan dari kurikulum sebagai berikut:harus mencerminkan dan mengambarkan tujuan institusional dan tujuan pendidikan nasional.Namun tujuan akhir dari pendidikan islam terletek pada terealisasikannya penyerahan dan pengabdian penuh kepada Allah oleh masing-masing individu,lingkungan masyarakat dan seluruh kemanusian.[2]

 

 

B.Pembahasan.

Materi pendidikan itu sangat penting sekali dalam mentransfer ilmu dari gurmenunpada sejumlah mata pelajaran yang harus di temouh untuk mencapai suatu gelar atau izajah.[3]

Materi pendidikan harus sesuai dengan umur atau tingkatan satuan pendidikan itu sendiri contoh materi pendidikan untuk anak sekolah dasr (SD)berbeda dengan materi untuk anak Sekolah menegah pertama (SMP),Dan sebaliknya.

Materi pendidikan selain dilihat dari tingkatan umur atau satuan pendidikan itu juga dilihat dari beberapa jenis diantaranya:

1.Materi pendidikan Agama Islam

Sesuai dengan pengertian kurikulum (secara umum) seperia diuraikan diatas dapat disimpulkan bahwa pengertian kurikulum pendidikan Agama adalah:

Bahan – bahan pendidikan Agama berupa kegiatan ,pengetahuan dan pengalaman yang dengan sengaja dan sistimatis di berikan kepada anak didik dalam rangka mencapai tujuan pendidikan Agama.[4]

Sesuai dengan pengertian tersebut maka dapat diambil suatu kesimpula bahwa kurikulum atau materi sangat penting ,untuk menentukan kurikulum pendidikan Agama ada beberapa Faktoryang harus diperhatikan ,diantarnya:

a.Persesuainnya dengan tujuan pendidikan Agama Islam(perumusan tujuan

secara tegas)

b. Perumusannya dengan tingkat usia,tingkat perkembangan kejiwaan anak   dan

kemampuan anak didik.[5]

Materi pokok dalam pendidikan agama Islam adalah:

Sebagaimana diketahui bahwa inti ajaran pokok Islam meliputi maslah keimanan (‘akidah ),masalah keislaman (syari’ah ),maalah Ikhsan (akhlak).Maslah yang tiga ini menjadi sangat penting dalam pendidikan agama Islam adapun makusd dan uraian nya sebagai berikut:

1.Akidah :adalah bersifat I’tidal batin ,mengajarkan keesaan Allah , Esa sebagai  Tuhan yang menciptaka,mengatur dan meniadakan alam ini.

2.Syari’ah : adalah berhubungan dengan amal lahir dalam rangka menta’ati semua

peraturan dan hukum Tuhan, guna mengatur hubungan antara manusia dengan

Tuhan,dan mengatur pergaulan hidup dan kehidupan manusia.

3.Akhlak :adlah suatu amalan yang bersifat pelengkap penyempurna bagi kedua amal di atas dan yang mengajarkan tentang tata cara pergaulan hidup manusia.

Tiga inti ajaran pokok ini kemudian di jabarkan dalam bentuk Rukun Iman ,Rukun Islam dan Akhlak ;dan dari ketiga lahirlah beberapa keilmuan Agama,yaitu :Ilmu Tauhid,Ilmu fiqih dan Ilmu Akhlak.

Ketiga kelompok ilmu agama ini kemudian dilengkapi dengan pembahasan dasar hokum islam yaitu Alqur’an dan AL Hadits,serta di tambah lagi dengan sejarah Islam (Tarikh);sehingga secara berurutan:

A.Ilmu Tauhid/keimanan

b.Ilmi fiqih

c.Al-Qur’an

d. Al-Hadits

e. Akhlak

 

f.Tarikh Islam

Itulah materi pokok pendidikan agama islam dalam buku karangan Drs.H Zuhairini,Dkk.[6]

2.Materi pendidikan  kontemporel (umum)

Materi pendidikan umum atau kurikulum pendidikan umum sanagat berbeda dengan materi pendidikan agama Karena materi pendidikan umum hanya mengajarkan/mentransfer ilmu kepada anak didik bukan mengajarkan akidah .ahklak ,atau anak disuruh mengamalkam apa yang diajarkan di sekolah.Karena meteri umum hanya belajar tentang ilmu pasti aiatu nyata yang berhubungan dengan dunia maka guru lebih gampang mengajarkan kerana hasilnya dapat dilihat langsung atau dinikmati hasilnya. Adapun metri pendidikan umum itu antara lain :

a. Imu pengetahuan social

b.Ilmu pengetahuan alam

c.BahasaIndonesia

d.Matematika

e.Keterampilan atau keahlihan

Materi/bahan kurikulum pendidikan agama sebagian besar adalah bersifat abstrak philosophis yang sulit diadakan pendekatan secara scientific.Oleh karena itu diharapkan kemampuan dan keterampilan pendidik berusaha sedapat mungkin untuk mengkonkritisir bahan-bahan tersebut.[7]

3. Materi pendidikan menurut Al-Qur’an

Materi pendidikan menurut Al-qur’an adalah lanjutan penjelasan dari materi pendidikan agama karena materi pendidikan gama itu sebenarnya telah dicontohkan oleh lukman ketika mendidikan putranya sebagaimana digambarkan dalam Al-quransuratLuqman ayat 13, 14, 17, 18, dan 19 sebagai berikut :

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Artinya :”Dan ingat ketika Luqman berkata kepada anaknya di waktu ia memberi

pelajaran kepadanya.’Hai anakku , janganlah kamu mempersekutukan

Allh,sesunguhnya mempersekutukan Allh adalah benar-benar kedzalim yang

besar.”(Qs.Luqman:13)

Artinya:’Dan kami perintahkan kepada manusia terhadap kedua orang tuanya 9ibu

bapanya0,ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang

bertambah lemah dan menyapihnya dalam dua tuhan.Bersyukurlah kepadaku

dan kepada dua orang ibu bapakmu,hanya kepadakulah

kembalimu.”(Qs.Luqman:14)

Artinya:”Hai anakku ,dirikanlah sholat dan suruhlah manusia mengerjakan yang baik

dan cegahlah mereka dari perbuatan yang mungkar dan bersabarlah terhadap

apa yang menimpa kamu.Sesungguhnya yang demikian itu termasuk hal-hal

yang diwajibkan oleh Allah.”(Qs.Luqman:17)

Artinya:”Dan janganlah kamu memalingkan mukamu dari manusia karena sombong

dan janganlah kamu berjalan dimuka bumi dengan angkuh.sesungguhnya

Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong lagi membanggakan diri

(Qs.Luqman:18).

Artinya:”Dan sederhanakanlah kamu dalam berjalan dan lunakanlah

suaramu.Sesungguhnya seburuk-buruk suaru ialah suara

keledai.”(Qs.Lukman:19)

Darisuratlukman ayat 13,14,17,18 dan 19 terkandunglah materi-materi  pendidikan yaitu :

  1. akhidah
  2. .akhlak ,juga dibagi beberapa kategori yaitu :-hormat kepada orang tua,hubungan baik sesame saudara,etika ketika berjalan dimuka bumi ini.
  3. fiqih

kesimpulan materi ini sesuai dengan buku METODIK KHUSUS PENDIDIKAN AGAMA.[8]

4. Materi pendidikan menurut para ahli

Kurikulum menurut para ahli bermacam – macam pendapat diantaranya:

a.Menurut Harold B.Alberrty & Elisie J.Alberty,dalam bukunya :”Reorganizing the hing school curriculum”,memberikan depinisi sebagai berikut:”all of the activites that are provided for students by the school constitute its curriculum.”Artinya:semua aktifitas /kegiatan yang dilakukan murid sesuai dengan peratran-peraturan sekolah ,di sebut dengan kurikulum.[9]

b.menurut Crow and Crow yang mengatakan bahwa kurikulum adalah rancangan pengajaran yang isinya sejumlah mata pelajaran yang di susun secara sistimatis yang diperlukan sebagai syarat untuk menyelasaikan suatu program pendidikan tertentu.[10]

c.Menurut Omar mohammad al-Toumy al-Syaibani mengatakan bahwa kurikulum adalah sebagai alat untuk mendidik generasi muda dengan baik dan menolong mereka untuk membuka dan mengembangkan kesedian-kesedian, bakat-bakat,kekuatan-kekuatan,dan keterampilan mereka yang bermacam-macam dan menyiapkan mereka dengan baik untuk melaksanakan fungsinya sebagai khalifah di muka bumi.[11]

Dan beliau menyebutkanlimacirri kurikulum pendidikan Islam,yaitu sebagai berikut:

  1. Menonjolkan tujuan agama dan akhlak pada berbagai tujuan-tujuannya dan kandungan-kandungan,metode,alat-alat,dan tekhniknya bercorak agama.
  2. Meluas cakupannya dan menyeluruh kandungannya.Yaitu kurikulum yang betul-betul mencerminkan semangat,pemikiran dan peran yang menyeluruh.Disamping itu juga luas dalam perhatiannya.Ia memperhatikan pengembangan dan bimbingan terhadap segala aspek pribadi pelajar dari segi intelektual,psikologis,social,dan spiritual.
  3. Bersikap seimbsng diantara berbagai ilmu yang dikandung dalam kurikulum yang akan digunakan.Selain itu juga seimbang antara pengetahuan yang berguana bagi pengembangan individual dan pengembangan social.
  4. Bersikap menyeluruh dalam menata seluruh mata pelajaran yang diperlukan oleh anak didik.
  5. kurikulum yang disusun selalu disesusikan dengan minat dan bakat anak didik.

C. Penutup

Materi pendidikan atau kurikulum itu harus di sesuaikan dengan tingkat umur ,atau tingkat satuan pendidikan.Materi pendidikan itu juga harus di susun secara tepat dan benar karena seorang guru kalau ingin mentransfer ilmu nya harus menguasai materi yang akan diajarkan.

Materi pendidikan umum dengan materi pendidikan agama sangat berbeda,beberapa ahli mengatakan mengajar kanAgama itu lebih susah dari mengajar ilmu umum karena Agama berhubungan dengan kenyakin an dan kepercayaan yang dianut.,sering kali terjadi seorang guru diprotes oleh orang tua karena mengajarkan agama yang salah.[12]

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

DAFTAR PUSTAKA

 

Zuhairini,H.Drs,Dkk,Metodik khusus pendidikan Agama,Surabaya:Usaha Nasional

 

Sadali,H.A,Drs,Dkk,Islam Untuk Disiplin Ilmu Pendidikan,Jakarta:PTU.

 

Nata,Abudin,Haji,Filsafat pendidikan Islam,Jakarta:Logos Wacana Ilmu,1997,cet.1

 

Tafsir,Ahmad,Dr,Metodologi Pengajaran Agama Islam Bandung Rosdakarya,

1995.cet.1

Bakry,Oemar,H,Tafsir Rahmat,Jakarta:1981


[1] Lihat ,Dr.Ahmad Tafsir,Metodologi pengajaran Agama Islam,(Bandung:Remaja Rosdakarya,1995)Cet-1

[2] Lihat Drs.H.A.Sadali Dkk,Islam untuk disiplin ilmu pendidikan,(buku daras pendidikan agama islam pada PTU)

[3] Lihat,Drs.H.Abudin Nata,M.A,Filsafat Pendidikan Islam,(Jakarta:Logos Wacana Ilmu,1997)CET.1

[4] Lihat .Drs. H.Zuhairini .Dkk,Metodik Khusus pendidikan Agama,(Surabaya:Usaha Nasional)

[5] Ibid

[6] Ibid

[7] Ibid

[8] iBID

[9] Ibid

[10] Lihat Drs.H.Abudin Nata,M,A,Filsafat pendidikan Islam,(Jakarta:Logos Wacana Ilmu,1997),cet.1

[11] Ibid

[12] Lihat Dr.Ahmad Tafsir,Metodologi pengajaran Agama Isalam,(Bandung:Remaja Rosdakarya Offset,1995),cet.1

 

Oleh ;

Nama :MARDIATI

NPM : 2005517241

FAKULTAS  AGAMA ISLAM

UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JAKARTASLAM

2008

 

«

»


Leave a Reply