Inilah Penyebab Rambut Rontok pada Wanita!!

14 September 2018

Inilah Penyebab Rambut Rontok pada Wanita!!! Saat rambut rontok menjadi masalah, semua orang kehilangan rambut. Itu terjadi selama mandi pagi Anda, ketika Anda meniupnya kering, atau ketika Anda memberinya sikat cepat  dan itu normal. “Rata-rata, kita kehilangan lima puluh hingga seratus helai rambut per hari. Itu hanya rambut yang melewati siklusnya, dan akan ada yang baru untuk menggantikannya.

Rambut Rontok

Rambut Rontok

Tapi rambut rontok mungkin merupakan tanda kondisi medis yang lebih serius yang perlu evaluasi oleh dokter kulit dan kemungkinan perawatan. Berikut ini 10 penyebab kerontokan rambut dan cara mengatasinya.

Telogen Effluvium

Telogen effluvium adalah fenomena yang terjadi setelah kehamilan, operasi besar, penurunan berat badan yang drastis, atau stres ekstrem, di mana Anda mengeluarkan banyak rambut setiap hari, biasanya ketika keramas, styling, atau menyikat. Ini juga bisa menjadi efek samping dari obat-obatan tertentu, seperti antidepresan, beta-blocker, dan obat anti-inflamasi nonsteroid. Selama telogen effluvium, rambut bergeser lebih cepat dari biasanya dari fase pertumbuhannya ke fase “istirahat” sebelum bergerak cepat ke fase shedding, atau telogen,.

Gejala: Wanita dengan telogen effluvium biasanya melihat rambut rontok enam minggu sampai tiga bulan setelah peristiwa yang menegangkan. Pada puncaknya, Anda mungkin kehilangan segenggam rambut.

Tes-tes: Tidak ada tes untuk telogen effluvium, tetapi dokter Anda mungkin bertanya kepada Anda tentang peristiwa kehidupan baru-baru ini dan mencari bola kecil berbentuk “klub” di akar rambut yang jatuh. Umbi berarti rambut telah melalui siklus pertumbuhan lengkap, menunjukkan bahwa siklus mungkin telah dipercepat karena stres.

Apa yang dapat Anda lakukan: Dalam beberapa kasus, seperti setelah kehamilan atau operasi besar, Anda mungkin harus menunggu waktu hingga rambut rontok melambat. Jika obat adalah pelakunya, bicarakan dengan dokter Anda tentang menurunkan dosis Anda atau mengganti obat. Jika itu terkait dengan stres, lakukan yang terbaik untuk mengurangi kecemasan. Kiat sederhana untuk menghilangkan stres ini dapat membantu seperti halnya latihan dalam video di bawah ini.

Apa Penyebab Rambut Rontok pada wanita?

Rambut Rontok Herediter

Rambut rontok yang bersifat genetik dikenal sebagai alopecia androgenetic dan, menurut American Academy of Dermatology, adalah penyebab paling umum kerontokan rambut. Gen dapat diwariskan dari sisi keluarga ibu atau ayah Anda, meskipun Anda lebih mungkin memilikinya jika kedua orang tua Anda mengalami kerontokan rambut.

Gejala: Wanita dengan sifat ini cenderung mengalami penipisan di garis rambut di belakang poni. Kondisi ini berkembang perlahan dan mungkin mulai sedini 20-an Anda. Anda mungkin rentan jika ibu Anda juga memiliki pola penipisan ini. Dalam beberapa kasus, rambut rontok mungkin menyebar, artinya menyebar ke seluruh kulit kepala.

Tes: Dokter kulit Anda akan memeriksa pola kerontokan rambut untuk menentukan apakah itu turun temurun dan dapat memerintahkan kerja darah untuk menyingkirkan penyebab lain, kata Dr. Jakubowicz. Biopsi kulit kepala Anda kadang dilakukan untuk melihat apakah folikel rambut telah diganti dengan folikel miniatur, tanda pasti dari kerontokan rambut keturunan.

Baca Juga : http://blog.umy.ac.id/sandaaginza/2018/09/14/tips-mencegah-rambut-rontok/

Apa yang dapat Anda lakukan: Meskipun tidak ada cara untuk benar-benar mencegah rambut rontok Anda dapat memperlambat kerontokan rambut dengan menerapkan minoxidil ( Rogaine ) ke kulit kepala dua kali sehari. Obat ini bekerja pada perempuan dan laki-laki, meskipun perempuan harus menggunakan formula dengan kekuatan lebih rendah untuk mencegah efek samping yang tidak perlu. Wanita seharusnya tidak menggunakan minoxidil jika mereka hamil atau menyusui. Laki-laki dapat diobati dengan finasteride (Propecia), obat oral.

 

Tidak ada Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lewat ke baris perkakas