Cara Mengajari Anak Berhitung

6 Desember 2018

Cara Mengajari Anak Berhitung! Matematika adalah suatu pelajaran yang tak jarang dibenci oleh kebanyakan anak-anak. Jangankan anak-anak mereka yang sudah remaja hingga yang sudah menginjak dewasapun tak jarang membenci matematika.

Cara Mengajari Anak Berhitung

Cara Mengajari Anak Berhitung

Pelajaran menghitung yang terkadang membuat siapapun yang berniat untuk menyelesaikan atau mengerjakannya menjadi merasa pusing bahkan stress, dan akhirnya menyerah. Namun sayangnya,kenyataan yang harus kita terima adalah bahwa matematika merupakan ilmu pasti yang selalu digunakan dalam kehidupan sehari-hari kita.

Mulai dari menghitung uang belanja, menghitung permen yang baru dibeli, dan masih banyak lagi. Tak jarang pula karena belajar matematika orang tua yang sedang mengajari anaknya menjadi bingung sendiri.

Namun sebenarnya ada beberapa cara mengajari anak berhitung yang bisa dilakukan oleh orang tua. Dengan sedikit kekreativitasan, belajar berhitung bisa menjadi sangat menyenangkan untuk dipelajari.

  1. Belajar berhitung bisa mulai anda terapkan saat anak sudah bisa makan dengan sendirinya, anda bisa mengajarkannya menghitung berapa banyak makanan yang ada di depannya atau yang akan diamakan. Contohnya saja saat dia akan memakan buah anggur, anda bisa menyuruhnya untuk menghitung anggur yang ada didepannya.
  2. Selanjutnya anda bisa melatih dia berhitung dengan menggunakan mainan-mainan yang sedang menjadi kesukaannya. Seperti menghitung motor-motor ana tau boneka yang ia miliki. Ini sangat efektif untuk belajar menghitung karena menggunakan teknik bermain dengan menggunakan barang yang diasukai.
  3. Kemudian ibu juga bisa mengajari anak berhitung dengan melalui lagu dan juga <a href=”https://www.apaarti.com/“>arti kata</a> Sebagian anak suka mendengarkan musik, dengan mendengarkan musik kebanyakan mereka bisa lebih cepat hapal dan juga mengerti.
  4. Kemudian alat atau media yang bisa ibu gunakan untuk mengajari anak belajar berhitung selanjutnya adalah dengan menggunakan baju atau sepatu yang dia miliki. Ini bisa diajarkan ketika mereka selesai mandi dan bersiap-siap mengambil pakaian. Ibu bisa memanfaatkan waktu ganti baju itu dengan baik.
  5. Dijaman yang serba modern ini tidak bisa kita pungkiri kegiatan kita tidak bisa jauh-jauh dengan handphone. Sehingga membuat anak juga menjadi lebih tertarik untuk bermain dengan ponsel ketimbang bermain dengan permainan-permainan yang tampak nyata.

Ibu bisa memanfaatkan handphone untuk mengajari anak berhitung dengan mendownload aplikasi games belajar menghitung. Tak hanya menghitung dengan aplikasi games-games yang tersedia anda juga bisa mengajari anak anda untuk membaca.

  1. Selanjutnya anda bisa mengajari anak anda menghitung dengan melalui film-film edukatif untuk anak anda. jika Anda bingung film mana yang cocok untuk mengajari anak anda berhitung, anda bisa mencarinya di youtube.
  2. Anda bisa membawa anak anda untuk berwisata kekebun binatang. Disana anda bisa mengajarinya untuk menghitung berapa jumlah hewan-hewan yang ada.
  3. Anda juga bisa mengajari anak anda berhitung langsung dengan menggunakan kesepuluh jaritangan dengan suasana yang menyenangkan dan menggembirakan.

Mengajari anak memang tidak semudah yang kita pikirkan. Apalagi dengan fikiran mereka yang masih suka dengan kegiatan bermain dan masih belum mengerti tentang bagaimana belajar yang focus. Untuk itu bagi para orang tua yang menginginkan anak yang pintar bisa dimulai dengan mengajarinya membaca, menulis dan juga menghitung.

Lakukan dengan sabar dan terus memberi aktivitas belajar baru yang menyenangkan bagi mereka. Untuk anda yang masih bingung bagaimana cara mengajari anak membaca, menulis dan juga menghitung dengan cara yang efektif anda bisa kunjungi cco_online@yahoo.com.

Tidak ada Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lewat ke baris perkakas