Beton Cor Ready Mix

19 Desember 2018

Beton cor ready mix adalah beton cair segar yang baru diproses pencampurannya sehingga belum mengalami proses perkerasan dan pembentukan. Beton cor Ready-mix biasa diproduksi di batching plant ditambahkan dengan bahan kimia {admixture).

Beton cor Ready mix

Beton cor Ready mix

Beton cor Ready mix kemudian dikirim ke lokasi proyek pembangunan dengan jenis kualitas beton yang dipesan menggunakan truk mixer atau di Indonesia biasa disebut dengan truk molen.

Diproduksi dipabrik dengan pengawasan yang detail menggunakan sistem operasi komputer, agar memastikan beton cor ready mix sampai di lokasi proyek pembangunan masih dalam keadaan segar dan terhindar dari penyusutan kualitas agregat.

Banyak digunakan untuk proyek pembangunan, beton cor ready mix mempermudah proses pengerjaan kontruksi dengan keuntunggannya , antara lain:

  1. Beton bias dikirim langsung ke lokasi proyek dengan jangkauan yang luas
  2. Dapat membantu dengan kapasitas proyek besar maupun retail sekalipun.
  3. Kualitas yang lebih tinggi dibandingkan beton konvensional (molen portable).
  4. Menghemat waktu proses pengecoran.
  5. Tidak perlu lagi menyediakan tempat pencampuran beton di lokasi proyek.
  6. Mengurangi polusi dari suara dan bahan material beton yang mengganggu lingkungan sekitar lokasi proyek

Mampu memberikan keuntungan-keuntungan teknis, beton cor ready mix juga memberikan harga yang reliatif lebih murah dibandingkan beton konvensional (molen portable) karena pencampurannya yang lebih efisien.

Disamping itu beton cor ready mix sangat di manjakan oleh para suplier material yang menawarkan harga jauh lebih murah, volume kebutuhan yang lebih besar menjadi alas an mengapa harga lebih murah.

Lebih murahnya harga beton ready mix dibandingkan harga beton konvensional baru terlihat apabila kebutuhan volume beton lebih dari 15 m3. Sebaliknya harga beton cor ready mix lebih mahal apabila pesanan kurang dari 15 m3. Semua hal ini karena biaya tetap produksi dan sewa alat yang dibebankan sangat tinggi. Tetapi pemesan akan mendapatkan keuntungan-keuntungan teknis seperti yang sudah disebutkan diatas.

Secara teknis beton cor ready mix sangat unggul dan bisa diandalkan. Akan tetapi, ada beberapa faktor pengiriman yang bisa menyebabkan beton cor ready mix dapat merugikan, antara lain :

  1. Karena pencampuran material dilakukan di batching plant, proyek yang berada sangat jauh dari batching plant membutuhkan waktu pengiriman yang lebih lama. Sulit untuk memprediksi waktu pengiriman karena tergantung dari kondisi jalan, kemacetan lalu lintas dan bagus buruknya medan jalan menuju lokasi. Akibatnya, akan menyulitkan untuk mempertahankan beton segar tiba di proyek dalam keadaan kualitas yang di pesan.
  2. Waktu batasan beton dari pencampuran hingga pengecoran kurang lebih 2 jam. Ketika perkiraan waktu pengiriman melebihi batasan, bisa di tambahkan dengan obat atau zat additive salah satunya seperti retarder. Hal ini akan berdampak pada Harga beton cor yang naik dikarenakan zat additive yang sangat mahal.
  3. Sering pemesanan retail membatalkan pemesanan dikarenakan kondisi jalan dari pabrik menuju proyek tidak mampu menahan beban truk dan muatan yang sangat besar, karena hampir rata-rata pemesanan di daerah perumahan atau komplek. Sebab karena beton memiliki berat sekitar 2,4 ton/m3.

Tidak ada Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lewat ke baris perkakas