Tokoh – Tokoh Yang Pernah Berjasa Dalam Perkembangan Ilmu Biologi

31 Desember 2018

Tokoh – Tokoh Yang Pernah Berjasa Dalam Perkembangan Ilmu Biologi. Pengertian dari Ilmu Biologi merupakan suatu ilmu dasar yang juga berperan sebagai meningkatkan perkembangan suatu ilmu pengetahuan dan teknologi. Apabila seseorang memiliki kemampuan dalam bidang ilmu biologi maka orang tersebut akan mampu berfikir secara logis, sistematis dan kreatif dalam menyelesaikan masalah. Belajar ilmu biologi penting bagi hidup seseorang, yang tentunya memiliki makna dan sangat berguna di kehidupan Anda. Ilmu biologi juga memiliki banyak manfaat dalam berbagai macam bidang kehidupan, contohnya bidang kedokteran, perikanan, peternakan, pertanian dan masih banyak lagi.

Ilmu Biologi

Ilmu Biologi

Pada saat ini, Ilmu Biologi bukan hanya sekedar Ilmu yang mempelajari kehidupan saja. Telah banyak berbagai riset yang melakukan berbagai penemuan untuk mengangkat kualitas di kehidupan manusia. Misalnya menuntaskan masalah pemenuhan papan, kebutuhan energi, kesehatan, lingkungan bahkan untuk keamanan dunia juga bergantung pada ilmu biologi. Hal ini yang kemudian mendorong perkembangan segala ranah pengetahuan untuk mencapai kesejahteraan manusia. Lalu taukah Anda siapa saja tokoh-tokoh yang berperan penting dalam meningkatkan ilmu biologi hingga pada saat ini? Untuk informasi terbaru lebih lengkap Anda bisa simak di situs kami.

Beberapa Tokoh Yang Ikut Serta Berjasa Dalam Meningkatkan Ilmu Biologi

Semakin berkembangnya zaman, tentu juga berpengaruh terhadap perkembangan ilmu biologi hingga saat ini Anda bisa simak di https://www.biologi.co.id/. Selain itu, untuk perkembangan dan meningkatkan segala ilmu pasti ada tokoh-tokoh yang berjasa didalamnya. Sama halnya dengan perkembangan ilmu biologi, terdapat beberapa tokoh yang memiliki peran penting untuk perkembangannya. Berikut beberapa tokoh-tokoh yang sudah terkenal dalam bidang ilmu biologi dan termasuk orang yang paling berjasa di dalamnya:

Tokoh ilmu biologi yang pertama adalah Ibnu an-Nafis berkelahiran di Damaskus yang saat ini menjadi wilayah Suriah. Beliau meninggal pada tahun 1210, dan wafat di Kairo yang saat ini menjadi wilayah Mesir. Tepatnya pada 17 Desember 1288 pada umur 77/78 tahun beliau meninggal. Tepat pada tahun 1242, Ibnu An-Nafis merupakan orang yang pertama kali mendeskripsikan peredaran darah dalam tubuh manusia. Hingga pada saat ini yang terus semakin berkembang, beliaulah orang yang pertama kali mengetahui dan mendokumentasi sirkui paru-paru manusia. Tak hanya cukup sampai disini saja Ibnu An-Nafis merupakan orang yang pertama kali mengemukakan suatu teori pembuluh darah kapiler.

Antonie Philips van Leeuwenhoek juga merupakan salah seorang tokoh yang berperan penting dalam perkembangan Ilmu biologi. Beliau berkelahiran di Delf tepatnya di Negara Belanda pada 24 October 1632. Hingga kemudian Beliau meninggal pada usia 90 tahun di kediamannya tepat pada 30 Agustus 1723. Antonie Philips van Leeuwenhoek dikenal dan dijuluki bapak Biologi karena beliau merupakan mikrobiolog yang pertama. Memang Beliau terlahir dari seorang Ayah yang hanya pembuat keranjang, hingga menjadi terkenal karena menjadi pengembang mikroskop dan berkontribusi hingga menjadi mikrobiologi. Beliaulah orang yang berperan pertama kali untuk mengamati dan mendeskripsikan organisme dengan sel satu.

Tokoh ilmu biologi yang selanjutnya adalah Stephen Hales lahir di Beakesbourne, Kent pada 17 September 1677. Stephen Hales menjadi seorang penulis pertama  dalam bukunya yang berjudul Vegetables Staticks tentang psikologi tumbuhan. Gagasan yang dinyatakan oleh beliau adalah suatu persamaan antara tumbuhan, dan hewan pemilik sistem sirkulasi darah. Beliau yang telah menyelidiki seluruh bagian pada tumbuhan, dengan penemuannya di dalam sistem kehidupan yang terkait dengan seluruh bagiannya. Mulai dari bawah yaitu pada bagian akar, batang, bagian daun hingga bunga dan buahnya.

 

Tidak ada Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lewat ke baris perkakas