Konsultan Akustik Jakarta dan Konsultan Akustik Indonesia

19 Februari 2019

Konsultan Akustik Jakarta dan Konsultan Akustik Indonesia! РDalam pembangunan gedung dibutuhkan kehadiran konsultan Akustik dalam sebuah tahap perancangan bangunan atau gedung yang berfungsi untuk memaksimalkan nilai guna suatu ruangan. Nah, sebenarnya apa sih tugas yang dilakukan oleh seorang konsultan akustik? Tugas seorang konsultan akustik yaitu pertama menganalisa keadaan suatu ruangan yang berhubungan dengan perambatan, respon , serta efek suara pada ruangan. Hal itu juga yang dilakukan oleh konsultan akustik Jakarta. Selain itu juga konsultan akuatik yang memastikan apakah ruangan tersebut telah sesuai dengan tujuan penggunaannya.

konsultan akustik Jakarta

konsultan akustik Jakarta

Namun jika belum sesuai, maka konsultan akustik akan mengkoreksi atau memodifikasi ruangan berdasarkan hukum-hukum Fisika Akustik. Sehingga tatanan akustik ruangan yang baik sesuai kebutuhannya akan terwujud. Seorang konsultan akustik baik itu juga harus memiliki dasar pengetahuan yang cukup baik mengenai Ilmu Akustik. Apalagi seorang konsultan akustik Indonesia. Karena mereka harus memiliki dasar ilmu pengetahuan  Akustik? Hal itu perlu dimiliki agar setiap hal yang dilakukan oleh seorang konsultan akustik harus memiliki perhitungan dan analisa yang tepat.

Bukan berdasarkan mitos-mitos yang beredar di kalangan masyarakat tanpa dasar kebenarannya. Sistem tata suara ( Sound System ) yang luar biasa bagus tetapi jika tidak berjalan secara bersamaan dengan tatanan Akustik ruang yang memadai, maka nilai guna ruangan tersebut menjadi nihil atau tidak ada. Baik secara isi dan wadah atau tempat untuk menampung isi pastinya harus seimbang. Oleh karenanya konsultan akustik sangat dibutuhkan. Baik konsultan akustik Jakarta maupun konsultan akustik Indonesia.

Pada penampilan atau pertunjukan seni di abad 19 yang digelar pada gedung seni abad 21 berantakan. Peampilan tersebut hanya membuang-buang waktu dan biaya. Soalnya tidak ada nilai seni yang diperoleh. Bahkan Seorang Pavarotti pun tidak bisa bernyanyi ketika gedung yang dihadirinya memiliki tatanan Akustik ruang yang buruk. Sehingga menggunakan konsultan akustik, entah konsultan akustik Indonesia atau Indonesia memang dibutuhkan.

Jadi di sinilah peranan seorang konsultan akustik Jakarta atau seorang Akustik manapun yang kehadirannya sering kali dilupakan oleh kebanyakan orang. Sebab hal-hal yang dipaparkan di atas hanya sebagian kecil contoh dari kejadian yang sering terjadi di lapangan. Akustisi yaitu sebuah Profesi yang tidak dapat berdiri sendiri sama seperti seorang Arsitek, Designer Interior, Teknik Sipil, Electric Mechanic, dan lain sebagainya. Oleh karena itulah sangat penting sekali kehadiran seorang Akustisi dalam pembangunan sebuah ruang yang berhubungan dengan tatanan suara.

Dalam perancangan akustik ruang terdapat parameter-parameter akustik yang dibutuhkan. Parameter yang sering digunakan antara lain ialah waktu dengung, distribusi tingkat tekanan suara, initial time delay (ITD), clarity (C80), RASTI, dan lain sebagainya. Sebaiknya dalam pemilihan konsultan akustik juga perlu diperhatikan, misal memilih konsultan akustik Indonesia kalian harus memastikan jam terbangnya pula atau refrensi dari orang sekitar.

Parameter-parameter akustik ruang harus bisa diatur dan disesuaikan dengan aktifitas serta tujuan pemakaian ruangan. Untuk mencapai kondisi akustik ruang beserta tata suara yang optimal. Tentunya dengan seluruh parameter yang telah disebutkan di atas, maka diperlukan perhitungan dan simulasi menggunakan perangkat lunak atau software khusus seperti CATT Acoustic atau EASE sebagai peralatan bantu untuk menentukan material tambahan, bentuk ruang, dan sistem tata suara pada ruangan. Di sinilah peran konsultan akustik Jakarta di butuhkan atau konslutan akustik manapun.

Itulah uraian mengenai konsultan akustik Jakarta dan konsultan akustik Indonesia yang mungkin bermanfaat untuk kalian.

Tidak ada Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lewat ke baris perkakas