Penyebab Tangan Kebas yang Harus Diketahui

31 Maret 2019

Banyak orang yang belum tahu penyebab tangan kebas yang terjadi pada sebagian orang. Tangan kebas atau kesemutan bisa saja terjadi pada setiap orang, namun ada ada yang merasakan dalam jangka waktu yang sebentar dan ada juga yang merasakan dalam jangka waktu yang panjang. Tangan kebas yang terjadi pada waktu sebentar tidak perlu dikhawatirkan.

Namun jika anda mengalami tangan kebas dalam jangka waktu yang panjang maka anda harus waspada. Segera lakukan pemeriksaan ke dokter atau rumah sakit terdekat dari rumah anda. Lakukan beberapa proses untuk mendiagnosa penyakit yang diderita. Adapun proses yang bisa dilakukan antara lain, melakukan Biopsi, ST Scan, MRI Scan, NVC dan EMG. Jika sudah diketahui penyebabnya maka langkah selanjutnya adalah mengobati sesuai dengan penyebabnya. Namun penting diketahui bahwa tangan kebas yang terjadi pada salah satu tangan dan kebas yang terjadi dikedua tangan secara bersamaan bisa saja mengidentifikasi penyakit yang berbeda.

Kebas yang terjadi dua-duanya bisa disebabkan karena adanya kelainan bawaan, bisa juga karena adanya keracunan yang ada didalam tubuhnya. Bisa juga disebabkan oleh penyakit peradangan kronis, kerusakan yang terjadi pada pembuluh darah dan bisa juga akibat penyakit tumor jinak. Adapun orang yang sering mengalami kebas pada tangan kanan dalam jangka waktu yang panjang bisa diakibatkan oleh penyakit jantung yang diderita, memiliki tumor otak, dan bisa juga diakibatkan karena stroke.

Bagi anda yang mengalami kebas pada salah satu tangan dan dalam jangka waktu yang sebentar tidak perlu khawatir, artinya anda hanya mengalami peredaran darah yang tidak lancar. Untuk mengatasi hal tersebut anda bisa menggoyangkannya saja dan tunggu hingga peredaran darah lancar kembali.

Berikut ini adalah cara mengatasi tangan kebas yang bisa anda lakukan, khususnya tangan kebas sementara :

  • Jika tangan anda mengalami kebas maka istirahatkan terlebih dahulu selama 15 menit. Tangan yang kram atau kebas bisa saja terjadi bagi mereka yang bekerja dengan menggunakan tangan dalam jangka waktu yang lama. Contohnya adalah pekerjaan yang berhubungan dengan mengetik, menulis dan mengepak barang.
  • lakukan peregangan sesekali, dengan begitu akan meningkatkan fleksibilitas pada tangan. Anda juga bisa mencoba menekankan tangan ke lantai dan mengangkatnya satu jari ke atas.
  • jangan lupa untuk mengkonsumsi air putih secuukupnya. karena tubuh yang kekurangan cairan akan mengalami kram.
  • Injeksi kortikosteroid, yaitu salah satu cara untuk menurunkan peradangan yang terjadi pada organ. Juga mampu menghilangkan nyeri walaupun sementara.
  • Anda juga bisa mengoleskan pereda jika jari anda mengalami kram dan kesemutan.
  • Kompres juga bisa anda lakukan agar kram atau kesemutan yang diderita ditangan segera mereda.
  • Gunakan splint di pergelangan tangan

Dengan menggunakan splint maka pergerakan tangan akan lebih terjaga. Anda bisa menggunakannya di malam hari. Anda juga bisa menggunakannya di siang hari saat bekerja.

  • Ringankan tangan

Selanjutnya pastikan tangan tidak bekerja berat, ringankan tangan agar kesemutan atau kebas segera terobati. Jika anda masih berusaha melakukan pekerjaan berat pada tangan maka kebas akan semakin parah.

  • Pastikan juga tangan tetap hangat, anda bisa menggunakan sarung tangan agar jari tangan tidak mengalami kebas.

Selain mengatasi kebas pada tangan dengan menggunakan cara di atas, anda juga bisa mengkonsumsi obat untuk mengatasi kebas pada tangan. Adapun obat yang bisa anda gunakan antara lain obat anti inflasi, yaitu obat yang sangat cocok digunakan bagi penderita kebas tangan yang masih ringan. Adapun obat anti inflasi yang banyak dipilih orang adalah aspirin. Banyak juga yang memilih obat antidepresan, yaitu obat yang bisa anda pilih untuk pengobatan kebas tangan yang lebih serius atau parah. Contoh olbat antidepresan adalah amitriptyline.

Obat yang ketiga yang bisa dikonsumsi adalah turunan opium. Obat ini sangat cocok digunakan bagi penderita tangan kebas yang parah. Salah satu obat yang dipilih adalah kodein. Dan yang paling penting adalah konsumsi makanan yang mengandung B kompleks. Makanan yang mengandung B kompleks memiliki banyak sekali manfaat, salah satunya adalah menjaga fungsi saraf. Salah satu obat yang mengandung B kompleks adalah Neurobion.

Merk obat ini sangat terkenal dan popular dalam mengatasi segala hal yang berhubungan dengan kekurangan B komplesk. sangat cocok anda konsumsi untuk pengobatan tangan kebas. Di dalam obat ini terkandung vitamin B1, B6 dan B12 yang sangat berguna bagi kesehatan tubuh. Selain cocok digunakan bagi anda yang mengalami kerusakan pada saraf, obat ini juga sangat dianjurkan dikonsumsi bagi ibu yang sedang hamil dan menyusui.

Namun sangat disarankan untuk dikonsumsi sesuai dengan aturan pakai di dalamnya. Namun Neurobion ini sangat dilarang digunakan bagi orang yang sedang menjalani terapi Leyodopa.

Tidak ada Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lewat ke baris perkakas