Cari Tahu Teknologi Quantum Teleporter, Yuk

20 Juli 2019

Cari Tahu Teknologi Quantum Teleporter, Yuk! Kamu pernah dengar istilah Quantum Teleporter? Pernah menonton film atau membaca buku tentang seseorang yang bisa berpindah tempat hanya dengan sekejap mata menggunakan benda seperti tabung besar? Jika belum, simak berikut ulasannya.

teknologi Quantum Teleporter

teknologi Quantum Teleporter

Baca juga artikel lain di : http://blog.umy.ac.id/sandaaginza/

Quantum Teleporter merupakan teknologi canggih yang dapat memancarkan suatu benda atau objek dari satu tempat ke tempat yang lain menggunakan partikel yang disebut dengan foton. Juga dengan bantuan komunikasi klasik yang memiliki keterlibatan antara tempat sang pengirim dengan si penerima. Karena bergantung pada komunikasi klasik, maka tidak bisa lebih cepat dari kecepatan cahaya.

Dengan kata lain, teknologi Quantum Teleporter adalah cara untuk memindahkan suatu objek ke tempat lain dengan mengandalkan foton. Sejak tahun 1993, seorang fisikawan bernama Charles Bennett mengungkapkan teknologi memang memungkinkan tetapi objek mesti dihancurkan. Lalu pada tahun 1995, fisikawan dari California Institute of Technology mengubahnya menjadi kenyataan dengan menggunakan foton, sebuah partikel energi dari dalam cahaya.

Namun, Quantum Teleporter ini akan sulit jika kita tidak mengetahui posisi tempat partikelnya. Maka dari itu, agar tidak melanggar prinsip dari Heisenberg, seorang ahli fisika dari Caltech memakai fenomena Entanglement.

Saat ini, teknologi Quantum Teleporter mengirim data menggunakan foton dengan media yang digunakan adalah fiber optic. Meski awalnya teknologi ini disebut dengan Quantum Communications yaitu teknologi komunikasi yang berasal dari prinsip Quantum untuk memindah atau mengirim informasi.

 

Meski alat ini menggunakan nama teleportasi seperti pada film-film maupun cerita-cerita yang fiksi, kenyataannya adalah alat ini tidak seperti itu. Jika pada fiksi dapat memindahkan objek dari suatu tempat ke tempat lainnya, maka teknologi ini membuat replika dari objek yang akan dikirimkan. Kehebatan dari teknologi ini adalah dapat membuat replika objek sampai objek terkecil yang pernah ada dan sulit dijangkau sekalipun.

Teknologi Quantum Teleporter ini menggunakan dermaterialisasi objek pada satu titik, lalu mengirim penjelasan konfigurasi atom ke tempat tujuan yang kemudian akan direkontruksi. Jadi kamu bukan mengirim, melainkan membuat kembaran benda yang akan kamu kirim itu. Keren, ya.

Simak informasi lainnya mengenai permainan game terbaik yang berguna dan menghibur Anda. Dengan berkembangnya teknologi saat ini seperti game pokerqq online.

Nah, itulah sedikit ulasan mengenai teknologi Quantum Teleporter. Memang zaman semakin maju, hal yang dahulu dianggap hampir mustahil pun sedikit demi sedikit akan mungkin terjadi. Semoga artikel ini bermanfaat.

Tidak ada Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lewat ke baris perkakas