Berbagai Genre dan Game E-sport yang Sering Ditandingkan

18 Juni 2020

Berbagai Genre dan Game E-sport yang Sering Ditandingkan. Ada banyak sekali jenis game yang bisa dengan mudah ditemukan dalam playstore atau appstore. Berbagai game tersebut memiliki jenis yang berbeda-beda, sehingga memang sangat disukai banyak kalangan. Menariknya, sudah hadir berbagai macam game yang bisa dimainkan bersama-sama.

Berbagai macam game bisa dibedakan dari genre, alat bermain atau paltform, grafis dan cara bayar. Kebanyakan orang tentunya lebih memili game free to play sebagai media hiburannya. Berkembang pesatnya berbagai macam game, membuat hadirnya olahraga elektronik atau biasa disebut dengan nama e-sport. Olahraga yang satu ini sangatlah terkenal. Bahkan, pernah juga ditandingkan dalam SEA GAMES tahun lalu.

Ada banyak sekali game e-sport yang mudah ditemukan dalam sebuah pertandingan. Beberapa diantaranya dibedakan berdasarkan genre, Adapun beberapa genre yang dimaksud adalah sebagai berikut:

Beberapa Genre Game E-sport

Real time strategy

Genre yang satu ini merupakan subgenre dari game strategy. Dalam permainan ini, pemain bisa mengarahkan dan mempromosikan struktur ke dalam kendalinya. Di mana dengan hal itu, pemain bisa mengamankan area di map tertentu. Karakteristik game ini berpusat pada mekanisme sumberdaya, pengendalian unit, membangun markas, sampai melakukan pertempuran. Dalam pertandingannya, bisa dilakukan secara individu atau kelompok. Salah satu contohnya adalah game warcraft III.

Multiplayer online battle area

Genre game e-sport yang satu ini merupakan genre paling populer dan disukai banyak kalangan. Genre game ini hampir mirip dengan RTS, perbedaannya terletak pada pengendalian unit. Dalam multiplayer online battle area sendiri biasanya lebih berfokus pada team play. Contoh game yang biasa ditandingkan adalah clash royale.

First person shooters

Selanjutnya, pemain juga bisa menemukan genre first person shooter pada e-sport. Ternyata, genre yang lebih sering disebut dengan FPS ini menyaingi game MOBA. Game FPS sendiri cenderung berada dalam game action. Dalam game ini ada beberapa senjata yang bisa digunakan. Mulai dari senapan, granat, senjata tajam, pistol dan lain sebagainya. Biasanya, dalam pertandingan e-sport sendiri, game ini bisa dimainkan secara perorangan atau tim. Salah satu contohnya adalah game call of dutty.

Fighting

Genre selanjutnya dalam game e-sport adalah fighting. Jenis game ini merupakan pelopor adanya turnamen e-sport. Menariknya, game ini pertama kali diadakan turnamen pada tahun 1999 dengan nama evolution championship series. Pada saat itu, banyak sekali peserta yang berasal dari seluruh dunia. Adapun salah satu game yang ditandingkan adalah mortal combat.

Sports

Genre sports pun juga sering ditemukan pada turnamen e-sport. Genre yang satu ini paling banyak dimainkan dan tentunya setiap pemain pasti pernah mencobanya. Kepopuleran dari game ini dikarenakan sangat kompetitif layaknya sebuah olahraga sungguhan. Selain dilakukan perorangan, game ini juga bisa dimainkan per tim. Salah satu contohnya adalah rocket league.

Racing

Terakhir ada genre racing. Game e-sport bergenre racing ini bisa dimainkan di darat, udara atau laut. Sebelumnya, genre game ini masuk ke dalam sub-genre sports. Hanya saja, kini sudah berdiri sendiri. Hal tersebut dikarenakan banyak sekali penggemar dari genre game ini. Salah satu contoh game-nya adalah iRacing.

Beberapa Game E-sport yang Sangat Populer

Saat ini, e-sport merupakan turnamen yang sangat disukai oleh berbagai kalangan. Menariknya, mereka memiliki tim masing-masing. Jumlah pemain pun tidak pernah mengalami kemerosotan. Adapun beberapa contoh gameyang sangat populer dalam e-sport adalah sebagai berikut:

Mobile legend

Game e-sport pertama dan pastinya sudah tidak asing lagi adalah moblie legend. Game keluaran Moonton ini sangatlah terkenal dan sudah dimainkan oleh banyak orang. Hal tersebut membuatnya menjadi game nomor 1 di Asia Tenggara. Game yang dirilis pada tahun 2016 ini bisa dimainkan menggunakan ponsel pintar. Di mana, baik ponsel pintar sistem operasi iOS atau android bisa menggunakannya.

Meskipun tidak dikompetisikan di Asian Games 2018, game ini ternyata dikompetisikan pada SEA GAMES 2019, di Filipina. Sebelumnya, tim asal Indonesia berhasil menjuarai turnamen mobile legend bang bang east asia cup (MSC) 2019. Tim tersebut adalah ONIC Esports.

Pro evolution soccer

Game e-sport selanjutnya adalah pro evolution soccer atau biasa disebut PES. Game yang satu ini merupakan seri dari permainan video sepak bola yang dikembangkan oleh Konami. Biasanya, di setiap tahun permainan ini selalu dirilis pada akhir September atau Oktober. Menariknya, game ini merupakan adaptasi dari pertandingan bola dan menjadi salah satu games yang di eksibisi pada Asian Games 2 tahun yang lalu. Selain itu, setiap tahunnya permainan ini selalu dikompetisikan di Jepang.

PES League merupakan salah satu ajang turnamen yang sering diadakan setiap tahun. Permainan PES sendiri bisa dimainkan melalui beberapa platform, seperti Xbox, nintendo, android, bahkan PS4. Jadi, jangan heran jika game yang satu ini sangat banyak jumlah pemainnya.

DOTA 2

Game e-sport selanjutnya yang bisa ditemukan dan sering ditandingkan adalah DOTA 2. Gameini ternyata dikembangkan oleh developer gameValve Corporation. Di dalamnya, akan ada lebih dari 100 karakter yang bisa dimainkan. Selain itu terdapat juga berbagai senjata, perangkat tambahan, power up dan lain sebagainya. Sehingga, memang sangat populer.

Ada banyak sekali turnamen yang melibatkan game ini, mulai dari turnamen ESL One, DOTA 2 the international, Asia pacific predator league sampai Asian Games 2018 pun mempertandingkan game ini.

PUBG

PUBG merupakan game e-sport selanjutnya yang serung ditandingkan. Game termasuk ke dalam game battle royale. Di mana, di dalam game-nya akan ada 100 pemain sekaligus. Pemain bisa memainkannya secara perorangan atau bersama dengan tim. Selain bisa dimainkan secara mobile melalui ponsel pintar, pemain juga bisa memainkannya menggunakan PC.

Versi PC ini termasuk ke dalam game dengan penjualan teratas dan banyak dimainkan oleh orang-orang. Menariknya, game ini sudah memiliki jumlah pemain lebih dari 200 juta orang. Game PUBG juga sangat terkenal di Indonesia. Bahkan, pada tahun 2019 ada turnamen yang digelar di 13 kota. Total hadiah yang diperebutkan di turnamen tersebut adalah senilai Rp. 1 milyar.

Arena of Valor

Terakhir ada arena of valor atau AOV. Game yang satu ini merupakan game multiplayer yang dikembangkan oleh Timi Studio Group. Dalam game ini, akan ada dua tim, yaitu light dan dark. Kedua tim tersebut akan bertarung sampai selesai pada arena 5 vs 5, atau 3 vs 3. Pada tahun 2018, sudah ada lebih dari 5 juta pengguna yang mengunduh game ini. Selain itu, game ini juga pernah ditandingkan pada Asian games dua tahun lalu.

Dapatkan game online lebih banyak lagi selain game yang di sebutkan di atas di situs http://194.156.98.51.

Itulah beberapa genre dan game e-sport yang sering ditandingkan. Menariknya, ada beberapa game yang memang selalu ditemukan pada turnamen dunia.

Tidak ada Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lewat ke baris perkakas