sarah_nurjanah

Improving Performance

KASUS IKLAN ROKOK

Posted by Sarah_Nurjanah 0 Comment

“Ku beri satu permintaan..”

“Aku mau terkenal di Indonesia, eksis dimana-mana..”

Ckrek..ckrek..ckrek..

 

Teks diatas adalah salah satu cuplikan iklan rokok yang sekarang sering diputar di setiap stasiun televisi. Menurut artikel dari beberapa sumber yang saya baca, sebenarnya iklan rokok di Indonesia tidak membuat para perokok jera. Dengan adanya iklan diatas membuat bahaya dari rokok itu terabaikan.

Memang belakangan ini sudah ada himbauan dari pemerintah untuk memasang gambar dari dampak merokok dibungkus rokok yang akan mereka pasarkan. Hal ini bertujuan untuk mengingatkan bahaya rokok dan akibat dari merokok. Bertolak belakang dengan hal tersebut, ada salah satu produsen rokok yang memasang gambar orang yang sedang merokok lengkap dengan gambar tengkorak di sebelahnya. Sepertinya ini adalah bungkus rokok pertama yang menampilakan orang yang sedang merokok. Tapi menurut saya, maksud dari gambar  orang yang sedang merokok dan muncul tengkorak itu tidak dapat saya pahami maknanya.

Apakah bila merokok, asapnya akan berbentuk seperti tengkorak. Atau bila merokok akan dibayang-bayangi dengan tengkorak. Karena banyaknya pertanyaan yang muncul dalam pemikiran saya, membuat makna yang produsen rokok tersebut sampaikan melalui gambar tersebut tidak dengan tersampaikan dengan baik.

 

 

Saya akan berbagi cerita dari sepupu saya, saat itu dia sedang berbelanja disalah satu mini market di daerah Jakarta. Saat antri membayar, di depannya ada seorang pemuda yang akan membeli rokok. Biasanya mini market meletakkan jejeran rokok di belakang kasir, saat SPG-nya memberikan bungkus rokok yang ada gambar dampak merokok, pemuda itu berkata, “Mbak jangan yang ada gambarnya, serem, ganti yang itu aja.” Sambil menunjuk rokok yang tidak ada gambar dampak dari merokok. SPG-nya pun mengganti dengan rokok itu, dan pemuda itu pergi dengan rokok yang tidak ada gambar dampak merokoknya.

Sebenarnya dengan memasang gambar dampak merokok bisa merubah kebiasaan merokok seseorang, karena dengan adanya gambar tersebut mengingatkan akana pentingnya menjaga kesehatan.  Walaupun disatu sisi bagi seseorang yang sudah perokok berat akan membutuhkan waktu yang lama agar terlepas dari kebiasaan merokok.

Dibawah ini adalah perbandingan antara  bungkus rokok dalam negeri (Kiri) dan luar negeri (Kanan) :

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kalau kita bandingkan dengan bungkus rokok yang ada diluar negeri, sepertinya tidak ada satupun bungkus rokok yang memasang gambar orang yang sedang merokok. Yang ada adalah tulisan peringatan bahaya merokok dan gambar dari efek merokok. Perbedaan lainnyanya hanya ukuran gambar dampak merokok dari bungkus rokok Indonesia, tidak sebesar dibungkus rokok luar negeri.

Mudah-mudahan kedepannya banyak masyarakat Indonesia yang lebih peduli dengan yang tidak merokok, karena selain berbahaya bagi diri sendiri, merokok juga berbahaya bagi orang lain. Jagalah kesehatan diri sendiri, dan sayangi orang-orang terdekat anda.

Categories: Uncategorized

PROFIL AKU

Sarah_Nurjanah


Popular Posts

Hello world!

Selamat datang di Blog UMY. Ini adalah tulisan pertama Anda. ...

SEO (Search Engine O

asslamaualaikum....   hai...hai... hari ini tanggal 19 november 2014, pelajaran literasi komputer online ...

PBJ UMY di UNIRES JO

assalamualaikum ... pada kesempatan saat ini, saya akan menjelaskan tentang PBJ ...

office 365

hai...haiii hari ini tanggal 26/11/2014 kita lagi kuliah di gedung AR B ...

Membuat Email Alias

Berikut ini akan saya sampikan mengenai cara membuat email alias. ...