umyblog's Profile on Ping.sg  Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Pentingnya Sarapan Pagi

  Coret - Coret   January 9, 2012
Banyak orang tidak menyadari arti pentingnya sarapan pagi untuk tubuhnya. Banyak orang yang justru mengangap hal itu kurang penting atau mengabaikannya karena sejumlah alasan. Dengan kesibukan yang dimilikinya, banyak orang justru cenderung tidak bisa menyempatkan dirinya untuk sarapan. Bahkan lebih buruknya, karena sering tidak sarapan pagi karena disibukkan oleh kegiatan sehari – hari, hal ini menjadi kebiasaan buruk setiap hari. Sebagian orang menganggap bahwa sarapan itu merepotkan dan menyita waktu, sehingga aktivitasnya di pagi hari bisa terganggu bila ia sarapan. Misalnya saja, orang yang bekerja di tempat yang cukup jauh dari rumahnya. Mereka sampai tidak sarapan karena tidak memiliki waktu dan takut terlambat. Padahal hal ini tidak baik bagi kesehatannya.
Seharusnya seperti apapun kesibukkan kita, kita harus tetap menjaga kondisi tubuh dengan mengkonsumsi sarapan pagi yang menyehatkan. Sarapan memiliki arti yang penting sekali bagi tubuh kita. Jika dilihat sekilas,arti penting sarapan sering sekali diabaikan. Namun, sarapan itu penting untuk menjaga stamina tubuh kita.
Selama kita tidur, tubuh tidak makan selama ber jam – jam. Hal ini mengakibatkan kita kelaparan saat bangun tidur. Oleh karena itu, sebisa mungkin dalam keadaan apapun kita harus mengisi perut kita dengan sarapan yang bergizi. Jika kita menahan rasa lapar tersebut dengan tidak sarapan, maka kita cenderung akan ngemil terus atau bahkan kita melampiaskan rasa lapar kita di makan siang, sehingga kita cenderung mengkonsumsi makanan yang berlebihan saat makan siang. Hal ini tentu tidak baik bagi tubuh. Pola makan kita menjadi tak terkontrol.
Sarapan juga memberikan energy yang peting bagi tubuh untuk beraktivitas sepanjang hari. Tubuh kita harus diisi bahan bakar dulu di pagi hari sebelum memulai aktivitas, sehingga kita memiliki energy yang cukup untuk beraktivitas. Tubuh pun tidak lemas dan kita pun menjadi bersemangat dalam menjalani aktivitas sehari penuh.
Sarapan juga membuat tubuh menjadi lebih sehat. Karena dengan sarapan, tubuh kita bisa terhindar dari penyakit maag. Banyak orang yang menghindari sarapan dengan alasan untuk diet. Namun anggapan itu salah. Sarapan justru akan membantu mengurangi berat badan kita, karena dengan sarapa, tubuh kita mampu membakar kalori selama beraktivitas sehari – hari sehingga mencegah kita untuk ngemil berlebihan ataupun makan siang berlebihan
Selain itu sarapan juga penting untuk memberikan energy kepada otak kita untuk berpikir. Jika perut dibiarkan dalam keadaan lapar, tentu aktivitas yang kita jalani dalam hari itu tidak berjalan baik karena kita kekurangan konsentrasi. Konsentrasi terganggu karena perut yang kelaparan. Jadi selama kita beraktivitas, bisa jadi yang dipikirkan bukanlah aktivitas kita sekarang, melainkan menu makanan untuk makan siang karena sudah terlampau lapar. Rasa lapar akan membuat kita tidak berkonsentrasi menjalani aktivitas.
Sebenarnya sarapan itu mudah dan praktis, sama sekali tidak merepotkan. Jika Anda menyayangi diri Anda, pasti sesibuk apapun Anda hari itu, Anda akan tetap menyempatkan diri untuk sarapan. Sebisa mungkin siapkan waktu kosong untuk sarapan di pagi hari sebelum beraktivitas ke kantor, ke kampus ataupun tempat lainnya. Tentunya Anda harus bangun tidur lebih awal, sehingga Anda tidak kesiangan dan masih punya waktu untuk sarapan. Karena, hal inilah yang sering dijadikan alasan mengapa tidak sempat sarapan, yaitu karena kurangnya waktu kosong di pagi hari.
Anda bisa saja sarapan dengan semangkuk sereal. Semangkuk sereal dirasa cukup untuk memberi bahan bakar di pagi hari. Atau, Anda bisa menyelinginya dengan roti atau makanan apapun yang memiliki kandungan gizi yang cukup yang diperlukan oleh tubuh Anda. Bisa juga sarapan dengan menggunakan telur. Jika kita menyadari arti pentingnya sarapan dan kita menyayangi diri kita sendiri, tentu kita tidak akan meninggalkan sarapan
Sumber : http://wyw1d.wordpress.com/2011/12/06/pentingnya-sarapan-pagi/
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE