5 Perangkat Lunak Open Source untuk Desain Grafis

Desain grafis bisa memakan waktu yang banyak dan dengan harga yang tidak sedikit. Namun dewasa ini banyak perangkat lunak yang digunakan oleh para profesional. Memiliki proyek open source dan merupakan alternatif yang tersedia secara gratis. Berikut adalah beberapa solusi perangkat lunak desain grafis untuk pengembangan web yang Anda butuhkan.

Inkscape

Inkscape adalah advanced editing yang menggunakan format SVG, Scalable Vector Graphics yang memiliki antarmuka intuitif yang ramah dan mudah digunakan. Inkscape sangat mirip dengan CorelDraw dan Illustrator, sehingga bisa melakukan hampir semua rescaling, pelacakan simpul dan campuran alfa yang Anda butuhkan.

Gimp

Perangkat manipulasi gambar yang satu ini terbilang cukup bagus. Tersedia dalam multiplatform untuk Mac OS X, GNU, Sun dan Windows. Antarmuka dapat disesuaikan sepenuhnya untuk setiap preferensi pengguna. Memiliki fitur kloning dan retouching warna yang sangat dibutuhkan untuk semua foto Anda.

Phoenix

Phoenix dari aviary.com adalah editor foto online gratis dengan fitur manipulasi gambar canggih seperti penyaringan lapisan dan filter pencampur gambar. Phoenix memungkinkan Anda membuat gambar dari awal atau mengedit yang sudah ada. Ada banyak tutorial dan tips yang ditawarkan untuk membantu Anda menggunakan alat ini dan meningkatkan kemampuan desain Anda. Antarmuka agak dasar dan cukup mudah digunakan, tidak ada fitur pengeditan lanjutan seperti blending atau gauss blur.

Pixlr

Antarmuka web 2.0 yang sangat modern menyambut Anda saat Anda mengaktifkan editor online ini. Ada beberapa mode yang tersedia termasuk Pixlr-o-matic, grabber, express dan Pixl Editor. Pixlr-o-matic memungkinkan Anda bermain-main dengan blur, efek cair dan efek lapisan gambar instan secara real time. Fitur grabber memungkinkan Anda untuk menangkap langsung dari sumber eksternal seperti webcam. Editor itu sendiri sangat user friendly dan sangat mudah digunakan bahkan untuk desainer grafis pemula. Dengan filter yang telah ditentukan sebelumnya untuk memilih dari ini adalah salah satu editor favorit saya untuk pengeditan cepat dan bahkan memiliki lapisan penglihatan malam yang telah ditentukan sebelumnya.

Blender.org

Sejauh ini, program desain grafis 3D open source yang paling maju dan mumpuni sampai saat

ini. Blender cukup fantastis dan kaya fitur. Ini adalah salah satu alat yang sangat Anda butuhkan untuk animasi 3D, shading, refleksi, simulasi cairan, pengolahan untai rambut dan kinematika skeletal. Antarmuka dilengkapi dengan pilihan manipulasi dan efek yang sangat banyak, skrip python yang dapat disesuaikan dan mendukung. Untuk lebih banyak fitur kunjungi website.

Apa program desain open source favorit anda? Apakah Anda menggunakan semua ini? Bagikan pemikiran Anda dan tinggalkan komentar.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


Skip to toolbar