Dari Saya untuk Anda

Septine Yuspita Widia

PIMNAS UMY 2012

Posted by septine.yuspita.2011 32 Comments

Assalamualaikum Wr.Wb
Selamat Pagi,

Baru kali ini saya ngepost lagi di blog saya ini. Ngomomngin apa ya yang tepat untuk membuat artikel PIMNAS UMY 2012 ini? Ngomongin Tips & Trik ajalah. Oke teman – temanku yang budiman, PIMNAS yang ke-25 ini atau PIMNAS yang ke seperempat abad ini akan diadakan di Kampus kebanggaan kita semua, yaitu Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Suatu kebanggaan bagi UMY untuk menjadi tuan rumah PIMNAS ke-25 pada tahun ini.

Sebelum saya memberikan tips & trik menjadi juara di ajang PIMNAS nanti, alangkah baiknya bila saya menjelaskan apa itu PIMNAS. PIMNAS adalah singkatan dari Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional. Ajang ini merupakan sebuah ajang ke-kreatifan Mahasiswa tingkat nasional yang diadakan oleh Dikti. Nah yang mengikuti PIMNAS ini itu ialah Mahasiswa Diploma dan S1.

Di dalam PIMNAS itu sendiri ada beberapa TEMA atau topik, diantaranya ialah:

  • PKM Artikel Ilmiah (PKM-AI)
  • PKM Penelitian (PKM-P)
  • PKM Pengabdian Masyarakat (PKM-M)
  • PKM Kewirausahaan (PKM-K)
  • PKM Gagasan Tertulis (PKM-GT)
  • PKM Teknologi (PKM-T)

Itulah sekelas PIMNAS, dan kali ini saya akan membahas tips&trik untuk menjuarai PIMNAS itu sendiri bagaiamana sih caranya. Gak ribet kok untuk menjuarai PIMNAS itu, cukup ada 3 langkah. Yaitu:

  1. Lolos Tahap Awal Seleksi DIKTI
  2. Lolos PIMNAS
  3. Juara di PIMNAS

Saya akan coba menjelaskan satu persatu, mari kita simak bersama – sama :

Lolos Tahap Awal Seleksi DIKTI

Anda hanya perlu mengirimkan proposal penelitian untuk syarat lolos maju ke PIMNAS. Yang sedikit sulit itu menemukan ide yang unik dan real. Sebenarnya gak susah, cukup saja anda menentukan ide yang real dan unik dan tidak rumit. Dari catatan tahun lalu bahwa pemenang PIMNAS ialah tim yang mempunyai ide sederhana dengan cara menuliskan secara unik, mudah untuk diimplementasikan dan bermanfaat untuk bangsa.

Lolos PIMNAS

Setelah lolos tahap Awal Seleksi DIKTI, proposal yang anda buat akan diberikan biaya. Tahap selanjutnya biasanya monitoring dan evaluasi terhadap penelitian yang telah dilakukan. Biasanya anda hanya cukup membuat Slide Show, jangan terlalu membuat slide yang rumit. yang penting membuat slide itu yang unik dan penjelasan membawakan presentasi itu sendiri harus bagus dan seimbang.

Juara di PIMNAS

Untuk menjadi juara di PIMNAS, setelah presentasi anda harus berjuang mati – matian untuk memberikan fakta yang kongkrit sesuai proposal dan presentasi yang anda buat tadi. Biasanya juri PIMNAS menyukai gagasan yang unik,kongkrit,dan berbobot. Jika tahap terakhir ini selesai, jangan lupa untuk berdoa agar semuanya bisa menjadi yang terbaik.

Gimana teman – teman, mudahkan? Itulah trip dan trik dari saya mengenai PIMNAS. PIMNAS UMY 2012 ini semoga berjalan sukses sebagaimana mestinya. PIMNAS ke 25 ini harus bisa memberikan kesan yang mendalam bagi Mahasiswa yang mengikuti PIMNAS ini yang berada di seluruh penjuru Indonesia.

Lakukan yang terbaik, dan jadilah yang terbaik untuk kampus kalian masing – masing. Dan yang terakhir, Selamat datang Di Kota Pelajar, slemat datang di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Wassalamualaikum Wr. Wb

 

 

Categories: PIMNAS UMY 2012

PROFIL AKU

septine.yuspita.2011


Popular Posts

PIMNAS UMY 2012

Assalamualaikum Wr.Wb Selamat Pagi, Baru kali ini saya ngepost lagi di blog ...

Polusi bikin aku kes

Selamat sore semuanya, kali ini saya ingin bercerita tentang polusi ...

[Lomba Blog] Sebuah

Assalamualaikum Wr Wb Selamat Pagi semuanya. Perkenalkan nama saya Septine Yuspita ...

Tuker Link disini Yu

Assalamualaikum Wr. Wb Selamat Pagi teman - teman Disini tempat untuk bertukar ...

Hati - Hati nih kala

Hati - hati dengan PROMO EVENT DI ATAS : http://www.facebook.com/events/119870641480399/ Promo ini ...