About Me

Hanya Blog UMY situs lain

Pengalaman Bridging Course dan Study Tour

            Tepat di hari senin, tanggal 9 Maret 2017, bridging course PBJ tahun 2017-2018 di mulai. Bridging course dilakukan 2 hari. Kegiatan ini dilakukan untuk mempererat hubungan antar angkatan dari ichi-nensei sampai san-nensei. Hari pertama ini bridging course kami melakukan kegiatan dengan sensei di dalam kelas. Sebelum ke kelas, kami berkumpul di Amphi Teather di lantai 5, gedung E6. Disana kami melkukan pembukaan acara, sekaligus diarahkan oleh senpai kemana kita harus masuk kelas sesuai kelompok yang sudah dibagi sebelumnya. Setelah acara di Amphi Teather selai, kami menuju kelas yang sudah ditentukan sebelumhnya. Di dalam kelas  tersebut berisi mahasiswa dari ichi-nensei sampai san-nensei. Pada kegiatan pertama, kami melakukan kegiatan yang bernama “Cari Jodoh”. Kegiatan ini dilakukan dengan mencari pasangan kita dengan cara menyesuaikan potongan dari pribahasa yang sudah diberikan oleh senpai. Setelah menyocokan potongan pribahasa tadi, kami dengan pasangan kami memperkenalkan diri kedepan dengan cara diacak.

Setelah itu, kami bermain ­game yang pertama secara berkelompok. Permainan pertama ini di pimpin oleh Arsyl Sensei. Peraturan dari game ini adalah anggota dalam kelompok ada 5 orang, dan setiap orang di dalamnya haru mengatakan “siap, kappa, ceklek, dor, (menyebutkan nama kelompok lain)” secara berurutan. Permainannya sangat menyenangkan dan membingungkan. Setelah permainan tersebut selesai, kami melakukan game jual-beli di “Toko PBJ” namanya. Game ini di pimpin oleh Sonda Sensei. Kami diberi uang dengan cara berbaris secara acak dan diberi uang dengan nominal yang berbeda-beda. Ada yang mendapatkan uang ratusan ribu dan ada juga yang mendapatkan uang hanya puluhan ribu saja (termasuk Saya). Barang yang ditawarkan oleh Sensei ditampilkan di ppt. Di layar ditampilkan ada 4 barang yang dijual yaitu, lemari, helm, hp, dan sepeda.

Harga dari barang-barang tersebut lumayan mahal dan kami harus membeli barang tersebut. Uang yang kami pegang juga harus habis untuk membeli barang tersebut. Kami akhirnya dapat membeli helm dan lemari. Setelah kegiatan tersebut berakhir, kami ishoma. Lalu, kami menuju ke Amphi Teather untuk penutupan bridging course hari pertama.

Keesokkannya, hari selasa, tanggal 10 Maret 2018 kami melakukan kegiatan bridging course hari ke-2. Pada kegiatan ini, kami full melakukan kegiatan di Amphi Teather B. Kegiatan pertama yang kami lakukan adalah mendengarkan ceramah dari motivator dengan tema “Rantai Kaki Gajah”. Disini kami diajak untuk berpikir “out of box” dan itu sangat membantu Saya. Setelah kegiatan pertama selesai, acara ke-2 adalah Talk Show dengan Yuriko Sensei dan Wistri Sensei. Topik yang dibicarakan adalah tentang perbedaan kehidupan orang Jepang dengan orang Indonesia. Kemudian, acara terakhir yang kami lakukan adalah pensi dari masing-masing kelompok.

Pada tanggal 11-13 Maret 2018, kami melakukan Study Tour ke Jakarta. Universitas  yang kami kunjungi yaitu, UNJ dan UHAMKA. Pada tanggal 11 Maret 2018, kami melakukan perjalanan dari UMY jam 16.00 dan sampai di Jakarta pada tanggal 12 Maret 2019, jam 05.00 pagi. Sesampainya kami di Jakarta, kami berhenti di Rest Area untuk makan dan mandi. Setelah itu, kami langsung menuju ke UHAMKA. Di UHAMKA kami kami melakukan studi banding dan pensi. Kemudian, setelah acara di UHAMKA selesai, kami langsung menuju UNJ. Di UNJ kami juga melakukan hal yang sama. Pada saat di UNJ, Saya tampil menyanyi. Saya membawakan lagu “Ruang Rindu” yang sebagian liriknya diterjemahkan ke dalam bahasa Jepang. Saya tampil bersama teman Saya, yaitu Roby. Setelah acara di UNJ selesai, kami langsung menuju Hotel untuk istirahat. Hotel kami berada di daerah Mangga Besar yang dekat dengan Ancol. Keesokkan harinya, jam 12.00 siang kami melanjutkan perjalanan untuk kembali ke UMY. Kami sampai di UMY keesokkan harinya jam 05.00 pagi. Akhirnya kegiatan selesai dan Saya pun pulang ke kosan dan istirahat.

 

-Fin-

Categories: Tak Berkategori

PROFIL AKU

20170830066


Popular Posts

Halo dunia!

About Me Assalamualikum Wr.Wb. Perkenalkan nama Saya Shahnaz Naura Yusuf. Mungkin beberapa ...

Bridging Course dan

Pengalaman Bridging Course dan Study Tour             Tepat di hari senin, ...

Pengalaman Pribadi y

Disini saya akan bercerita tentang pengalaman yang menurut saya mengesankan ...

Laporan Akhir Perkul

Kesan Pesan dan Materi yang Paling Menarik   Kesan Pesan Mata kuliah ...