Inilah Cara Membuat Cerpen Yang Paling Mudah Untuk Pemula

Untuk kamu yang baru mengenal cerpen pasti sedikit bingung bagaimana cara membuatnya. Karena untuk membuat cerpen tak sekedar memiliki kamampuan mengarang namun juaga diperlukan suatu pengetahuan tentang karya sastra yang akan di buat. Seperti contohnya cerpen seperti apa yang akan dibuat. Tak perlu kuatir bila kamu ingin membuat cerpen,  karena saya akan memberikan tips ampuh untuk membuat cerpen yang bagus nan indah. Yuk kita simak pembahasan singkat mengenai cerpen dibawah ini:

  • Pengertian Cerpen

Cerpen adalah suatu karya sastra yang berisi cerita atau kisah seorang toko atau kejadian atau suatu kisah atau peristiwa tertentu untuk diceritakan kembali kepada orang atau hanya sekedar untuk disimpan di kalangan pribadi. Selain itu cerpen juga tak boleh lebih dari 10, 000 kata dalam satu judul. Karena kalau lebih dari 10.000 kata itu bukan cerpen namanya,  namun cerita panjang atau novel. Dalam cerpen memiliki syarat syarat yang harus kita tau sebelum kita menentukan judul dan jenis cerpen yang akan kita buat.

  • Strukture Cerpen Yang Indah

Setiap cerpen harus memiliki stuktur seperti contohnya abstrak,  orientasi, komplikasi, evaluasi,  revolusi dan koda. Abstrak merupakan ringkasan atau inti dari cerpen dan merupakan gambaran awal suatu cerita. Unsur abstrak sifatnya opsional, dengan kata lain suatu cerpen boleh saja tidak menggunakan abstrak. Orientasi merupakan hal-hal yang berhubungan dengan waktu, suasana, dan tempat yang ada di dalam cerita pendek.

Komplikasi merupakan urutan berbagai kejadian yang dihubungkan berdasarkan sebab-akibat. Kita dapat melihat watak atau karakter suatu toko dalam cerpen pada struktur ini. Evaluasi merupakan struktur konflik yang terjadi dan mengarah pada klimaks, serta mulai menemukan solusi atau penyelesaian atas konflik tersebut. Pada bagian ini sang penulis cerpen akan menjelaskan solusi atau penyelesaian atas masalah yang dialami oleh tokoh di dalam cerpen. Koda merupakan nilai moril atau pelajaran yang bisa didapatkan oleh pembaca cerpen.

  • Unsur Unsur Cerpen

Dalam cerpen memiliki dua buah unsur yang terkandung untuk menyampaikan pesan yang akan disampaikan,  kedua unsur itu adalah unsur intrinsik dan unsur ekstrinsik. Unsur intrinsik adalah unsur pembentuk cerpen yang berasal dari dalam cerpen itu sendiri. Seperti, Tema, adalah gagasan utama di dalam suatu cerpen. Alur atau  Plot, adalah jalan cerita di dalam cerpen. Latar atau Setting, merupakan berhubungan dengan dengan tempat, waktu, dan suasana di dalam cerpen. Tokoh, merupakan pelaku di dalam cerpen.

artikel lain: ayat kursi mp3

Penokohan, merupakan pemberian sifat dan watak tokoh dalam cerpen. Sudut Pandang, merupakan cara padang penulis cerpen dalam melihat peristiwa di dalam cerpen. Gaya Bahasa, merupakan  cara penulis menyampaikan cerita di dalam cerpen. Misalnya menggunakan diksi dan majas. Amanat atau Pesan, merupakan pesan moral yang ingin disampaikan penulis cerpen kepada pembaca atau pendengar.Sedangkan unsur ekstrinsik adalah unsur pembentuk cerpen yang berasal dari luar. Seperti latar belakang penulis, latar belakang masyarakat, latar belakang nilai yang terkandung dalam cerita.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


Skip to toolbar