Jumlah Rakaat shalat dhuha

Rakaat shalat dhuha minimal yakni 2 rakaat shalat namun ada hadis hadis yang menyatakan bahwa shalat duha dapat dilaksanakan dengan menggunakan 2 rakaat, 4 rakaat, 8 rakaat, 12 rakaat namun nabi Muhammad telah bersabda bahwa kaum islam harus melaksanakan puasa 3 kali dalam sebulan, shalat duha 2 rakaat, dan melaksanakan shalat witir serta rasullah pernah melaksanakan shalat duha di rumah aisyah binti abu talib dengan menggunakan 2 rakaat saja maka sebagai umat islam yang taat pada agama hendaknya melaksanakan shalat duha seperti apa saja yang sudah diajarkan oleh rasullah SAW agar tidak mendaatkan kesalahan dalam menjalankan ibadah sebab ibadah shalat bersifat sangat sacral.

baca: orang sukses karena shalat dhuha

Shalat duha adalah salah satu shalat yang memiliki hukum sunnah jika dilaksanakan akan mendapatkan pahala namun jika tidak dilaksanakan tidak akan mendapatkan dosa berbeda dengan shalat yang memiliki hukum wajib karena jika ditinggalkan maka secara otomatis akan mendapatkan dosa sangat besar. Shalat duha memiliki waktu pelaksaannya yakni pada waktu pagi hari yakni pada saat 7 jengkal matahari terbit sampai akhirnya pada saat adzan shalat dzuhur selain waktu tersebut maka shalat duha tidak akan dapat dilaksanakan selain dari waktu tersebut. Meskipun shalat duha merupakan hukum sunnah namun pada syariat islam shalat duha harus dilaksanakan rutin setiap hari sebab shalat tersebut adalah untuk meningkatkan keimanan terhadap Allah SWT dan meningkatkan ketakwaan beragama islam.

rakaat shalat dhuha

meskipun banyak hadis yang menyatakan berbeda beda tentang rakaat shalat duha namun shalat duha sebenarnya sah sah saja jika ingin melaksanakannya sesuai keinginan hati berapa saja rakaatnya tetapi harus pada acuhan islam yakni 2 rakaat, 4 rakaat, 8 rakaat, 12 rakaat. Berikut adalah beberapa rakaat shalat dhuha yang ada di dalam agama islam :

  1. salat duha 2 rakaat

Shalat duha 2 rakaat adalah terrmasuk rakaat yang dianjurkan oleh rasullah karena pada saat di rumah aisyah binti abu talib rasullah melaksanakan shalat duha dengan menggunakan 2 rakaat saja. Shalat duha 2 rakaat dapat dilaksanakan pada pagi hari pukul 08.00 sampai 11.00 sebelum shalat dzuhur.

  1. shalat duha 4 rakaat

Shalat duha 4 rakaat rasullah juga sempat melaksanakannya karena itulah aisyah binti abu talib juga mengatakan bahwa rasullah juga pernah melaksanakan shalat duha sebanyak 4 rakaat dan selebihnya beliau tambah sesuai kebutuhan rasullah.

  1. shalat duha 8 rakaat

Ummu hani binti abu thalib pernah melihat rasullah melaksanakan shalat duha sebanyak 8 rakaat ketika rasullah hanya memakai berselimutkan satu potong baju. Oleh karena itulah shalat duha 8 rakaat juga sah untuk dilaksanakan karena rasullah juga pernah melaksanakan shalat duha sebanyak 8 rakaat untuk mendapatkan wahyu untuk ummu hani binti thalib.

  1. shalat duha 12 rakaat

Shalat duha 12 rakaat juga sah untuk dilaksanakan karena nabi Muhammad pernah bersabda barang siapa yang melaksanakan shalat duha sebanyak 12 rakaat maka Allah SWT akan membangunkan istama di dalam surge serta membuka lebar pintu surga untuk para umat umat islam yang secara rutin melaksanakan shalat duha sebanyak 12 rakaat pada pagi hari.

Dengan ulasan ulasan menganai rakaat shalat duha diatas dapat disimpulkan bahwa sebenarnya shalat duha mempunyai banyak bermacam macam rakaat sesuai dengan kebutuhan yang menjalankan shalat ini.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


Skip to toolbar