Ketahui Tips Ampuh Untuk Menambah Performa Laptop Dengan Menggunakan SSD

Tak sama seperti perangkat PC pada umumnya, laptop punya keterbatasan saat ingin upgrade hardware.

Jadi, tidak heran memang jika pada akhirnya usia sebuah laptop sering kali terbatas, karena kemampuan hardware yang dimilikinya kadang telah ketinggalan zaman, dan performanya sekain menurun.

Beli laptop baru memang jadi solusi paling gampang, apalagi saat ini Anda sudah bisa beli laptop baru tersebut dengan sangat mudah hanya melewati toko online terpecaya saja. Tapi jika Anda memang tidak mau membeli laptop baru karena berbagai alasan, Anda tetapd apat meningkatkan performa laptop Anda itu dengan menggunakan beberapa tips jitu di bawah ini.

  • Coba ganti komponen ODD dengan SSD

Untuk tips yang pertama ini sangat pas buat Anda yang tidak ingin mengganti HDD bawaan laptop, tapi ingin menambah SSD sebagai tempat sistem operasi serta juga aplikasi.

Umumnya dikarenakan di dalam HDD tersebut ada sistem operasi Windows bawaan, atau bisa pula dikarenakan memang Anda butuh data serta kapasitas yang besar, sehingga Anda tidak ingin melepaskan HDD tersebut.

Anda dapat tetap tambahkan SSD dengan syarat Anda wajib punya laptop dengan slot ODD. Silakan lepaskan ODD di dalam laptopmu, lalu ubah lah komponen itu dengan SSD 2.5 inch.

http://95.111.225.163/

  • Coba menggunakan jenis SSD M.2 NVME

Tips selanjutnya ini adalah dengan menambahkan SSD M.2 NVME. Tipe SSD yang satu ini adalahpengembangan dari SSD M.2. SSD tersebut punya konektor M.2, namun menggunakan interface PCI Express X4. SSD tersebut bahkan punya teknologi yang dikenal dengan NVME atau Non Volatile Memory Express. SSD M.2 NVME ini punya kemampuan lebih smooth dan kencang jika di compare dengan SSD M.2.

  • Coba ganti komponen HDD dengan SSD

Tips yang berikutnya adalah mengganti HDD dengan SSD. HHD adalah sebuah tipe penyimpanan yang di dalamnya ada piringan magnetis yang berputar secara mekanik. HDD punya kapasitas yang besar, mulai dari 500GB sampai pada 8TB. Meskipun demikian, HDD punya kemampuan baca serta tulis data yang terbilang sangat lelet.

Apalagi jika HDD yang ada di dalam laptopmu sering mengeluarkan suara aneh dan berisik, performa baca dan tulis pun akhirnya jadi turun. Maka dari itu, Anda wajib untuk mengganti HDD dengan SSD dengan kapasitas yang lebih kecil namun sangat responsif.

  • Gunakan jenis komponen SSD M.2

Pada dasarnya SSD punya banyak sekali jenis, jenis yang pertama adalah SSD 2.5 inch dengan bentuk kotak layaknya HDD biasa.

Lalu untuk jenis yang kedua yaitu dari seri SSD M.2 yang punya bentuk panjang seperti RAM dengan interface SATA. Terakhir atau yang ketiga yaitu ada SSD M.2 NVME yang tentunya sudah kami bahas di atas tadi.

SSD M.2 ini memerlukanĀ  slot M.2 yang biasanya ada di laptop keluaran terbaru. Hadirnya slot M.2 tersebut jadi solusi agar Anda bisa menambahkan SSD dengan mudah, mengingat masih ada banyak laptop keluaran baru yang masih tetap menggunakan sebuah HDD tapi berikan opsi penambahan SSD via slot M.2 lagi untuk peningkatan performa.

Di atas tadi adalah beberapa tips meningkatkan perfoma laptop dengan menggunakan SSD yang bisa kami bagikan kepada Anda.

Dan untuk membeli SSD di atas, sekarang sudah ada semua jenisnya di berbagai toko online yang ada. Anda bahkan dapat membelinya dengan harga yang sangat terjangkau. Semoga bermanfaat.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


Skip to toolbar