Ketahui Tips Mudah Belajar Bahasa Pemograman Komputer Dengan Efektif

Apakah ada di antara Anda yang mau  menjadi developer web atau developer game? Dua pekerjaan itu nampaknya sangat seru sekali, karena hasil akhir yang kita lihat adalah website yang bagus dan game yang menarik serta kesempatan kerja yang terbuka lebar di era digital ini.

Namun, Anda perlu tahu bahwa untuk dapat menjadi orang-orang yang bisa membuat program website dan game itu butuh belajar bahasa komputer. Kalau sudah mendengar istilah bahasa komputer, mungkin yang terbayang di pikiran Anda yaitu banyaknya kode-kode yang panjang dan rumit.

Tapi benarkah bahasa komputer sesuah itu? Supaya kita mendapatkan jawabannya, maka kita perlu tahu apa itu bahasa komputer, mengapa bahasa komputer wajib untuk dipelajari, apa saja jenis bahasa komputer, bahasa komputer apa yang wajib pertama kali kita tau dan bagaimana trik mudahnya untuk belajar bahasa komputer. Semua bahasan itu akan Anda peroleh dalam artikel kali ini.

Sebelum belajar bahasa komputer, alangkah baiknya Anda memahami lebih dulu dengan bahasa komputer. Bahasa komputer sering kali disebut sebagai bahasa pemrograman. Bahasa ini isinya instruksi-instruksi yang akan memberi perintah pada komputer. Jadi, program komputer yang ada di dunia ini didefinisikan oleh himpunan aturan sintaks yang dibuat melalui bahasa komputer.

Seorang programmer yang telah  terlatih memiliki kemampuan menentukan data seperti apa yang bisa diolah komputer, dan bisa menentukan langkah-langkah tertentu pada banyak situasi yang berbeda. Dan untuk menjadi programmer handal, maka Anda butuh belajar dari bahasa komputer yang paling simpel dan mudah terlebih dahulu.

Perlu Anda ketahui bahwa setiap bahasa komputer memiliki level kesusahannya masing-masing. Ini perlu diketahui agar kita dapat memilih bahasa komputer mana yang mudah untuk dipelajari terlebih dahulu. Jika kita belajar langsung dengan tingkat kesulitan yang tinggi, maka kemungkinan besar kita akan putus asa di awal.

Umumnya, ada empat level bahasa komputer berdasarkan tingkat kesulitannya. Pertama ada yang namanya bahasa mesin. Pada bahasa mesin, kode-kode yang digunakan untuk memerintah komputer masih menggunakan basa biner berupa kode angka, misalnya saja 01100101100110.

Bagi para pemula, sebelum mempelajari bahasa komputer Anda harus mencari alasan kuat mengapa Anda ingin belajar bahasa komputer. Untuk membantu Anda mencari alasan, maka Anda harus tahu fungsi dari bahasa komputer itu bagi kehidupan Anda sehari-hari.

Sebenarnya ada banyak sekali jenis-jenis bahasa komputer, namun yang akan kita bahas di artikel ini adalah bahasa komputer yang cocok dipelajari untuk pemula dan banyak dipakai untuk aplikasi-aplikasi pada saat ini.

  • Teknik Pemrograman Java

Tahukah Anda bahwa perangkat lunak ATM dibuat dengan memakai bahasa Java? Begitu juga dengan beberapa aplikasi website dan game yang tersebar di jagat dunia maya. Bahasa Java adalah bahasa pemrograman yang tergolong cukup rumit, namun banyak dipakai dan populer.

  • Teknik Pemrograman HTML

Bagi Anda yang menggeluti dunia website, maka bahasa komputer yang penting untuk dipahami dan dikuasai adalah HTML. Jadi, sebelum belajar bahasa web lainnya, prioritas pertama yang perlu dipelajari adalah bahasa ini. Dengan belajar HTML Anda bisa membuat dan mengembangkan halaman web dan menampilkan informasi. Penulisan kode-kode pada HTML tergolong simpel , sehingga mudah untuk dipahami oleh pemula.

  • Teknik Pemrograman Python

Python adalah bahasa pemrograman atau bahasa komputer yang dibuat oleh Guido van Rossum. Python cocok untuk dipelajari oleh pemula dan termasuk dalam bahasa pemrograman yang cukup hebat. Banyak aplikasi web casino slot indonesia yang menggunakan bahasa python ini, bahkan beberapa game pun memakai bahasa pemrograman ini.

  • Teknik Pemrograman C

Bahasa tingkat tinggi yang usianya sudah sangat tua yaitu C, namun bahasa ini sampai saat ini masih banyak digunakan, bahkan dikembangkan serta diadaptasi oleh beberapa bahasa yang lebih kekinian seperti C++, C# dan Java.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


Skip to toolbar