Pustaka Pintar-Ku

Just another Blog UMY site

Anak Genius

Posted by Siti Rahmahwati 0 Comment

Dari segi neurologi (ilmu yang mempelajari otak), kunci genius anak terletak pada orpimalisasi fungsi otak, baik kanan maupun kiri. Tetapi jika ditinjau dari segi psikologi maka kuncinya tidak hanya terletak pada hal tersebut melainkan dari tumbuh kembang anak yang meliputi perkembangan fisik-motorik, kognitif, bahsa, social-emocional, dan perkembangan rasa beragama.

  1. Periode Emas (Golden Age)

Periode emas adalah masa dimana otak bayi mengalami perkembangan paling cepat sepanjang sejarah kehidupannya. Periode ini berlangsug pada masa anak dalam kandungan hingga usia dini tepatnya 0-6 tahun. Pada masa ini, pertumbuhan dan perkembangan anak mencapai 90%.

Tahapan perkembangan otak pada periode emas yaitu:

  1. Proliferasi, artinya penambahan sel. Tahap ini berlangsung sekitar 4-24 minggu selama janin di dalam kandungan
  2. Migrasi adalah proses perpindahan sel-sel saraf hasil pembelahan yang menyebar ke seluruh permukaan otak. Masa ini berlangsung ketika janin berusia kurang lebih 4 bulan.
  3. Diferensiasi adalah perubahan bentuk, struktur, dan fungsi sel saraf. Masa ini berlangsung antara bulan ke-6 hingga bulan ke-7.
  4. Mielinisasi adalan proses isolasi atau pembungkusan sel saraf dengan myelin. Proses ini terjadi menjelang kelahiran bayi hingga mencapai 1 tahun.
  5. Sinaps adalah pembentukan koneksi antar sel saraf seseorang.semakin banyak sel-sel saraf terhubung semakin cerdas otak anak tersebut.
  1. Menyeimbangkan Otak kiri dan Otak Kanan

Berdasarkan dengan fungsi otak, dapat dibedakan berdasarkan kedua belahan otak tersebut, yaitu belahan kiri dan kanan.

FUNGSI OTAK KIRI FUNGSI OTAK KANAN
Berpikir rasional, ilmiah, logis, kritis, linier, analitis, referensial dan konvergen. Berkaitan erat dengan kemampuan membaca, berhitung (matematika), dan bahasa. Berpikir holistic, non-linier, non verbal, intuitif, imajinatif, non-rerensial, dicergen dan bahkan mistik

Dari tabel diatas dapat dipahami bahwa tugas belahan otak kiri adalah lebih menekankan pada intelektual sedangkan tugas otak kanan lebih menekankan aspek emosional.  Pengembangan fungsi kerja kedua belah otak harus dilakukan secara seimbang, dengan cara tersebut anak-anak dimasa depan akan menjadi anak genius.

DAFTAR PUSTAKA

Suyadi, 2009. Ternyata Anakku Bisa Kubuat Genius. Yogyakarta: Power Books.

PROFIL AKU

Siti Rahmahwati


Popular Posts

Hey.....Friends!!!!

Assalamu'alaikum Welcome to my blog........ Ini adalah blog saya yang berisi tentang ...

MENYUSUN SISTEM INFO

Sebuah makalah yang isinya tentang cara menyusun sistem pendidikan untuk ...

Contoh RPP PAI Berka

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)   Nama Sekolah : SMA Muhammadiyah Wonosari Mata pelajaran : Pendidikan Aqidah Kelas / semester : XI ...

MENJAUHI ORANG YANG

Virus HIV memang berbahaya, orang yang sudah terinfeksi HIV akan ...

SEJARAH BATIK DAN FI

Asal Mula Batik Batik merupakan salah satu cabang seni rupa warisan ...