Pustaka Pintar-Ku

Just another Blog UMY site

Virus HIV memang berbahaya, orang yang sudah terinfeksi HIV akan mendapatkan AIDS. Dan sampai sekarang belum ada obat yang dapat menyembuhkan atau vaksin untuk mencegah AIDS.  Dengan artian bahwa  AIDS MEMBAWA KEMATIAN.

APA ITU HIV DAN AIDS?

HIV atau Human Immunodeficienci Virus menyerang pertahanan tubuh yang terdiri dari berbagai sel, termasuk sel-T yang memerangi kuman dan infeksi.

Sedangkan AIDS adalah singkatan dari Acquired Immune Deficiency Syndrome. AIDS adalah keadaan yang berkembang dlam tubuh orang yang tertular HIV, Virus AIDS.

BAGAIMANA CARA PENULARAN HIV?

HIV terutama ditularkan melalui berbagai cara yaitu:

  • Melalui hubungan seks dengan oran yang sudah terinfeksi HIV, termasuk seks oral.
  • Melalui darah atau produk darah yang sudah terinfeksi.
  • Melaui jarum suntuk yang tidak disuci hama dan dipakai secara bergantian, terutama dikalangan pecandu narkotika.
  • Melalui ibu hamil yang sudah terinfeksi pada bayi yang dikandungnya.

BAGAIMANA BISA MENGETAHUI ORANG ITU TERINFEKSI HIV?

Kita tidak akan bisa mengetahui orang yang sudah terinfeksi HIV hanya dengan melihat penampilannya.  Bisa jadi 10 tahun baru infeksi HIV menampakkan gejalanya. Jadi orang yang terinfeksi bisa tampak sehat. Bahkan mereka yang sudah teringeksi mungkin tidak tahu bahwa mereka sudah mengidap HIV dalam tubuhnya.

Jadi anda harus menghindari perilaku-perilaku yang meningkatkan kemungkinan terinfeksi HIV.

BAGAIMANA GEJALA INFEKSI HIV ITU?

Gejala infeksi HIV adalah:

Pembengkakan kelenjar leher dan/atau ketiak, sering demam atau berkeringat malam, batuk atau mencret berkepanjangan, rasa lelah yang tidak jelas pemyebabnya, lapisan putih pada lidah, atau kehinlangan berat badan secara drastis dan tiba-tiba.  Bila terus berkelanjutan segera kunjungi dokter.

Untuk mengetahui apakan anda terinfeksi HIV, anda harus menjalani tes antibody untuk HIV. Bila tes positif berarti anda sudah terinfeksi HIV.  Tubuh mengkin baru bereaksi setelah 6 bulan, karena itu anda perlu menjalani tes yang kedua 6 bulan kemudian. Sebelum anda menjalani tes, konsultasikan kepada dokter terlebih dulu tentang makna hasil tes bagi diri anda.

APA SAJA YANG TIDAK MENULARKAN HIV?

Banyak orang yang mempunyai pengertian keliru tentang HIV karena itu perlu anda ketahui, bahwa HIV tidak akan menular melalui:

  • Bersin
  • Ciuman pipi
  • Tukang cukur
  • Kolam renang
  • Berbagi makanan dan menggunakan alat makan yang sama
  • Bergandengan tangan
  • Gigitan nyamuk
  • Jamban umum

Jadi, jangan jauhi orang yang terinfeksi HIV.

INFORMASI PENTING!!!!!

AIDS adalah salah satu IMS. IMS adalah singkatan dari Infeksi Menular Seksual, bisa juga disebut penyakit kelamin yaitu penyakit yan ditularkan melalui hubungan seks dan HIV juga terutama ditularkan melalui hubungan seks.

IMS antar lain adalah herpes, kencing nanah, raja singa, dan klamidia. Ada IMS yang bisa disembuhkan dan ada pula yang bisa dicegah.  Tapi jika sudah terinfeksi virus AIDS tidak bisa disembuhkan, pengidap AIDS bisa dipastikan meninggal.

APA TANDA DAN GEJALA IMS?

  • Ada cairan yang keluar dari dalam kelamin, dapat berupa nanah seperti pada kencing nanah, dapat berupa lender dalam jumlah yang lebih dari biasa, berbau, sedikit kental dan berwarna yang terjadi pada perempuan dan sering dianggap sebagai keputihan.
  • Ada bentukan cembung pada kelit, berupa lenting atau lepuhan seperti pada herpes genetalis dapat juga berupa timbunan kutil seperti apda jegger ayam.
  • Ada bentukan cekung pada kulit, berupa tukak/luka seperti pada raja singa (sifilis)
  • Adanay kutu pada bulu kelamin.

Biasanya tanda atau gejala diatas disertai satu atau beberapa gejala tambahan, berupa nyeri pada perut bagian bawah, demam, pewarnaan pada kulit biasanya merah disertai rasa nyeri, gatal atau ngilu. Tetapi terkadang IMS tidak menunjukkan gejala atau hilang dengan sendirinya.

KESIMPULAN!!!

AIDS adalah penyakit yang membawa maut dan diseluruh dunia lebih adari 85%infeksi terjadi melalui hubungan seks.

Anda tidak akan terinfeksi HIV melalui pergaulan sehari-hari dengan orang yang sudah terinfeksi, bergaul saja seperti biasa. JANGAN JAUHI MEREKA!

Orang yang hidup dengan AIDS membutuhkan perhatian dan pengertian.  Mereka sakit seperti penderita penyakit lain. Jangan kucilkan mereka, mereka butuh kebaikan dan perhatian anda sampai akhir hayatnya……….

 

PUSTAKA

Serba-serbi HIV & AIDS oleh Yayasan DKT Indonesia.

Categories: Kesehatan

PROFIL AKU

Siti Rahmahwati


Popular Posts

Hey.....Friends!!!!

Assalamu'alaikum Welcome to my blog........ Ini adalah blog saya yang berisi tentang ...

MENYUSUN SISTEM INFO

Sebuah makalah yang isinya tentang cara menyusun sistem pendidikan untuk ...

Contoh RPP PAI Berka

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)   Nama Sekolah : SMA Muhammadiyah Wonosari Mata pelajaran : Pendidikan Aqidah Kelas / semester : XI ...

MENJAUHI ORANG YANG

Virus HIV memang berbahaya, orang yang sudah terinfeksi HIV akan ...

SEJARAH BATIK DAN FI

Asal Mula Batik Batik merupakan salah satu cabang seni rupa warisan ...