Home and Techno News Update

Update news about Home and Techno

Pemakai smartphone Android pasti dimanjakan dgn beragam aplikasi menarik yg tersedia secara gratis maupun berbayar di google play store. Jika Engkau salah satu pengguna pasti telah mengunduh salah satu dari jutaan aplikasi yg telah tersedia itu. Namun sayangnya kebutuhan aplikasi pada smartphone Android terkadang menjadi kendala yg disebabkan aplikasi yg di unduh & di instal akn tersimpan secara default kedalam internal memory. & ini tentu akn membuat kinerja memori internal semakin berat & sistem operasi akan lambat lantaran semua mesti bekerja pada internal memory, apalagi bila kapasitas memori yang terbilang kecil. Hal ini tentu akn menguras tenaga beterai & tentunya pengoperasian jadi lemot atau bahkan hang.

Dalam kasus ini banyak yang telah mencoba berbagai cara salah satunya yakni dengan memanfaatkan memori eksternal atau MicroSD sebagai penyimpanan file data yang seharusnya ditulis pada memori internal sehingga device Android tetap memiliki slot yang aman.

 

Namu perlu diketahui utk mengerjakan hal ini, ada beberapa tahap yg perlu anda lakukan terlebih dahulu sebelum mengetahui Cara memindahkan aplikasi Android ke SD Card diantaranya ialah:

Root Handphone Android

Partisi MicroSD Handphone Android

Memindahkan Aplikasi ke MicroSD Menggunakan Link2SD

Ketiga tahap diatas tersebut diperlukan, dmn proses root handphone android kegunaannya agar anda dapat menggunakan aplikasi Link2SD, partisi MicroSD dibutuhkan utk menampung aplikasi Android yang terinstall, serta yg terakhir yakni menggunakan Link2SD sebagai alat untuk memindahkan aplikasi Android ke memory eksternal. Ok, untuk lengkapnya silahkan saja lihat step-stepnya dibawah ini.

Root Handphone Android

Proses rooting dibutuhkan agar nantinya anda dapat menginstal Link2SD (syarat menggunakan Link2SD, HP mesti telah di root) ke handphone Android yg dimana fungsinya dibutuhkan utk memindahkan Aplikasi ke MicroSD.

Khusus utk rooting, disini saya tidak akan berpanjang lebar karena beberapa handphone hampir semuanya mempunyai cara & tahap root yang berbeda. Tapi khusus untuk pemakai Samsung Galaxy Fame, kamu dpt melihat cara root nya pada artikel Cara Root Samsung Galaxy Fame.

Partisi MicroSD Handphone Android

Disini kami akn mempartisi MicroSD dengan tiga bagian, dmn tersebut diantaranya ialah:

Partisi 1: Type FAT32 (memory external)

Partisi 2: Type EXT2 (memory tambahan internal)

Partisi 3: Type Linux Swap (memory untuk membantu kinerja RAM)

Penulis melakukan contoh ini dgn menggunakan MicroSD berukuran 16 GB. Sementara utk pembagian partisinya, gw membaginya dengan komposisi 7.52 Gb (untuk partisi 1), 7.04 GB (untuk partisi 2), dan 502 MB (untuk Partisi 3).

Ket: Utk MicroSD ukuran lain, silahkan ditentukan sesuka hati, namun yang jelas ukuran partisi 2 jangan sampai lebih dari 8 Gb, & cukup beri ukuran kecil pada partisi 3 (tidak lebih dari 1GB).

Karena pada proses partisi ini hanya dapat dilakukan melalui komputer, maka utk itu siapkan satu buah PC atau Laptop serta jg card rider sebagai penghubungnya. selain itu jangan lupa backup dulu data Anda yang ada di MicroSD.

Unduh aplikasi Minitool Partition Wizard, lalu install aplikasinya di PC/Laptop anda

Cabut MicroSD dari hp lalu sambungkan ke komputer menggunakan Card Rider.

Jalankan aplikasi Minitool Partition Wizard serta akan muncul sebuah window baru. Pilih saja menu MiniTool Partition Wizard untuk memulai mempartisi MicroSD

Akan tampak satu buah driver MicroSD pada bagian Disk 2, silahkan pilih driver itu lalu klik menu Delete.

.

Setelah partisi di delete, maka akn tampak seperti gambar dibawah. Silahkan pilih lagi driver tersebut, lalu klik menu Create.

Disini kita akn membuat Partisi 1 (FAT32). Ingat partisi ini berfungsi utk menyimpan beragam file data seperti video, photo, musik, dll. Jadi silahkan atur seperti gambar dibawah.

Disini abdi menentukan Partisi 1 dgn file sistem FAT32, sementara ukurannya gw beri 7.52 Gb atau dengan kata lain kurang lebih 50% dari kapasitas memory MicroSD 16 GB. Klik Ok jika semuanya telah diatur dengan benar

Berikutnya pilih lagi driver yang berstatus unallocated, lalu klik Create.

Bila ada keterangan warning, pilih saja Yes untuk melanjutkan.

Tentukan kapasitas memori untuk Partisi 2 (EXT2) . Ini merupakan partisi untuk memberi tambahan memory internal, atau dgn kata lain sebagai tempat aplikasi Android yg terinstall.

Contoh disini aku menentukan file system EXT2 dgn kapasitas sebesar 7.04 GB untuk Partisi 1, dan menyisahkan 502 MB utk digunakan pada partisi yang ketiga. Klik tombol Ok untuk melanjutkan.

Berikutnya sisa dari memory yg ada yaitu kurang lebih 502 MB akan dijadikan lagi sebagai partisi ketiga dengna cara memilih driver itu lalu klik tombol Create.

Ingat partisi ini gak perlu besar karena akn mubazir (tidak semuanya semua terpakai oleh system Android).

Proses ini adalah utk membuat Partisi 3 yg fungsinya untuk membantu kinerja RAM, jadi silahkan pilih pengaturan file system Linux Swap lalu klik Ok untuk melanjutkan.

Terakhir, utk mengeksekusi ketiga partisi yang telah sampean buat diatas., silahkan klik menu Aply. Jika muncul sebuah peringanta pilih saja Yes.

Tunggu hingga prosesnya selesai.

Setelah memory eksternal MicroSD berhasil di partisi, silahkan masukkan kembali ke handphone Android anda, untuk persiapan memindahkan Aplikasi Android dmn caranya merupakan sebagai berikut

Download serta Install Aplikasi Link2SD melalui Google Play Store.

Pada handphone Android, jalankan aplikasi Link2SD.

Akan muncul notifikasi seperti gambar dibawah. Pilih ext2 (sesuai dgn partisi kedua yang ada di MicroSD). Sampean akan disuruh utuk Restart, silahkan saja Restart ponsel.

Setelah restart, utk memindahkan aplikasi ke memory eksternal MicroSD maka silahkan buka kembali Link2SD lalu pilih salah aplikasi yang diinginkan dipindahkan contohnya Onet Fruit > Membuat Website Link > Beri Centang semua pilihan yang ada > Ok.

Aplikasi yg telah dipindahkan ke memory eksternal

Utk melihat informasi memory, pilih icon menu tiga titik disudut kanan atas > Info Penyimpanan.

Sampai disini jika semua tahap diatas sudah dilakukan maka dipastikan memori internal handphone Android nte telah bisa dilegahkan, cara terlebih memindahkan beberapa aplikasi yg terinstal didalamnya ke memori eksternal MicroSD.

Categories: Info

PROFIL AKU

sanusichandra


Popular Posts

Apple Macbook Pro Md

Apple Computer has been doing some serious work this season ...

Tips For Gardening

Many consider gardening to be a relaxing and stress relieving ...

Get The Best Deals O

It can be so much fun to go furniture shopping. ...

Interior Design Made

The way you design your home truly sets the mood ...

Bathroom Vanities An

Modern bathroom vanitys and medicine cabinets come in a huge ...