Mas Pri

Mari Berekspresi dan Berbagi

Gainclone agaknya menjadi buah bibir di kalangan AUDIO DIY (do it yourself) termasuk saya. Bagaimana tidak? Hanya dengan sebuah IC chipamp dan sedikit komponen tambahan maka sudah didapatkan sebuah power amplifier dengan suara yang cukup luar biasa. Dengan sifat ini pula, gainclone relatif mudah dibuat dengan cara point to point (p2p) alias tanpa PCB (dikenal juga dengan sebutan hardwire).

Point to point dianggap punya kelemahan di sisi upgrade komponen atau pun penggantian komponen. Namun dalam konteks LM1875, justru saya melihat sistem point to point ini relatif lebih mudah untuk upgrade komponen, karena konstruksinya memang simple.

Untuk penampakannya bisa dilihat pada gambar dibawah ini:

lm1875 hardwire p2p

lm1875 hardwire p2p

 

lm1875-2

 

Komponen yang saya pake:

Panasonic HFQ 330 uF/35 V (C6, C7), Panasonic FC 47 uF/35 V dipasang back-to-back (C2), OTKĀ  K73-11 2,2 uF (C1), Takman 680 ohm (R3), Takman 22K (R2, R4). Saya menggunakan heatsink bekas prosesor AMD Socket A.

Hasilnya menurut telinga saya sangat bagus. Suara jernih dan cenderung flat, sangat cocok untuk mendengarkan musik-musik jazz, mulai Fourplay hingga Pat Metheny. Gainclone seri LM1875 ini juga cocok untuk mendengarkan musik-musik bergenre progressive rock, namun kurang cocok untuk mendengar musik-musik metal yang cenderung mengandalkan double bass drum.

Categories: Elektronika

PROFIL AKU

Soeprijadi


Popular Posts

Sedikit tentang foob

  Foobar2000 adalah salah satu media player terbaik sampai saat ini. ...

TDA8560Q dalam casin

Idenya sederhana. Memanfaatkan bekas casing power supply yang kebetulan terbuat ...

Mencoba kekuatan TDA

Masih dari seri IC jenis chipamp dari Phillips (NXP). Kodenya ...

Sugeng Rawuh

Assalamu'alaikum Wr. Wb. Perkenalkan, nama saya Soeprijadi. Blog ini adalah sarana ...

Pat Metheny Unity Ba

Sebenarnya saya sudah cukup lama menantikan Pat Metheny dalam formasi ...