Program Kesehatan Karyawan ( Immunisasai Hepatitis B )

Program Kesehatan Karyawan ( immunisasai Hepatitis B )

               Program kegiatan pencegah dan Pengendali Infeksi salah satunya adalah melakukan kesehatan karyawan Rumah sakit. Disini saya akan menyampaikan kegiatan kesehatan karyawan pemeriksaan dan immunisasi hepatitis b. program immunisasi ini saya buat Kerangka Aciuan Kerja kemudian saya saya sampaikan ke Direktur Rumah Sakit..

Sasaran pemeriksaan dan Immunisasi Hepatitis B inidi lakukan secara bertahap. Pada tahun 2017 saya melakukan program kesehatan karyawan ini mereka yang bertugas di ruang atau intasalasi resiko tinggi di antaranya adalah Instalasi Bedah Sentral, Instalai Gawat Darurat, Intensiv care Unit, Instalasi Loundry, Kamar Bersalin, Pemulsaraan Jenazah dan Laborat. Tahun 2018 ini saya  programkan untuk petugas yang memberikan layanan langsung terhadap pasien, yaitu rawat inap, smua dokter, rawat jalan, fisio terapie.

Tahapan pelaksanaan kegiatan Immunisasi Hepatitis B.  saya menjadwalkan mulai dari pemeriksaan serologi HBSaG dan Anti HBSaG dan pelaksanaan Immunisasi. Yang pertama adalah pemeriksaan laborat smua, kemudian hasil dari pemeriksaan itu, saya pisahkan yang antinya negative dan positif saya pisahkan. Untuk yang anti HBSaG nya sdh positif kami lakukan booster satu kali, untuk yang hasilnya negative di berikan immunisasai Hepatitis B tiga tahap. Tahap pertama dilakukan immunisasai, tahap kedua adalah satu bulan dari tahap pertama, kemudian tahap ketiga adalah enam bulan setelah tahap yang kedua.Tata laksana  immunisasai hepatitis B adalah sesuai yang sudah dijadwalkan. Pelaksanaan immunisasi di bagi dalam tiga hari 3 hari, setiap harinya kurang lebih ada 80-90 orang. Petugas immunisasai ada 6 orang. Kegiatan ini di sambut oleh karyawan sangat senang dibuktikan dengan antusias mereka mengikuti program kesehatan karyawan ini.

Evaluasi kegiatan immunisasi hepatitis B tahun 2017. Kegiatan berjlan lancar, akan tetapi tidak semua karyawan yang dijadwalkan bisa ikut program ini, dikarenakan ada karyawan yang sedang hamil trimester pertama, sehingga di tunda dan mengikuti program kesehatan tahun 2018. Ada lagi karena sedang tidak brada di tempat. Semua yang belum bias tahun 2018 akan diikutkan pada tahun 2018. Kemudian test serogi anti HBSag setelah melakukan immunisasi Hepatitis B dilaksankan tahun 2018. Hasil dari pemeriksan ini ada beberapa karyawan yang hasil anti HBSaG masih negative. Untuk yang hasil negative dilakukan pengulangan pemberian immunisasi di tahun 2018 ini. Semua anggaran pelksanaan ini di beban oleh Rumah sakit, ini sebagai wujud rumah sakit peduli terhadap kesehatan karyawan yang bekerja di Rumah Sakit. Kegiatan ini akan terus dilaksanakan dan mendapat dukungan dari direktur Rumah Sakit, dan tidak hanya immunisasi Hepatis Bsaja yang akan di setujui oleh Direktur. Untuk tahun 2018 ini selain immunisasi Hepatis b juga akan di laksanakan pemeriksaan radiolgi pada petugas yang bekerja di Instalasi Gizi. Mudah mudahan tahun selanjutnya juga bias mendapat kesempatan pemeriksaan radiologi di semua unit di Rumah Sakit.

 

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


Skip to toolbar